fbpx

Cocok! 6 Jenis Sukulen Gantung Paling Populer untuk Mempermanis Dekorasi Rumahmu

Tanaman hias sukulen gantung merupakan jenis sukulen yang batangnya mampu tumbuh merambat dan menjuntai. Jenis sukulen gantung ini sangatlah cocok untuk dekorasi outdoor. Selain tampilan bentuk daun yang unik dan beragam, warna dari tanaman jenis sukulen ini juga cantik. Keunikan inilah yang dapat mempermanis tampilan dekorasi rumah kamu.

6 Jenis Sukulen Gantung Paling Populer dan Cocok untuk Dekorasi Rumah

sukulen gantung
sumber: freepik.com

Teruntuk kamu pecinta tanaman hias sukulen, berikut merupakan beberapa jenis sukulen gantung paling populer dan cocok untuk dekorasi rumah, yang telah dihimpun dan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sedum Morganianum

sumber: pinterest.com

Sedum Morganianum atau disebut juga sebagai kaktus anggur merupakan jenis tumbuhan berpembuluh yang dapat menghasilkan biji. Termasuk ke dalam Magnoliopsida atau tumbuhan dengan biji berkeping dua (dikotil).

Tumbuhan jenis ini cocok untuk dijadikan sebagai objek gantung, dengan panjang cabang dapat mencapai kurang lebih 2 meter. Sukulen Sedum morganianum memiliki bunga yang berwarna kuning, merah atau warna putih.

2. Burro’s Tail (Sedum burrito)

sumber: pinterest.com

Sedum burrito atau dikenal dengan Donkey Tail ialah salah satu tanaman hias sukulen yang berasal dari Mexico. Jenis sukulen ini memiliki ciri dengan bentuk daun yang bulat dan kecil. dan diduga merupakan bentuk hybrid dari sedum morganianum.

sukulen jenis ini cocok menjadi salah satu koleksi tanaman hias gantung Anda. Hal ini dikarenakan batang sukulen yang tumbuh membentuk seperti tali yang menjuntai. Sehingga lebih cantik dan menarik bila dibudidayakan dengan cara digantung.

3. Little pickles (Othonna capensis)

sumber: pinterest.com

Tumbuhan jenis ini memiliki bunga berwarna kuning dengan tinggi 3-5 inchi. Tanaman ini menyukai kondisi pencahayaan penuh dari matahari serta mudah tumbuh dari setek batang.

Little pickles adalah salah satu tanaman sukulen yang termasuk famili dari daisy dan memiliki sistem perakaran yang mudah tumbuh.

4. Ceropegia linearis subsp. Woodii (String of hearts)

sumber: pinterest.com

Sukulen jenis ini merupakan tanaman dengan umbi berwarna hijau dan memiliki batang yang menjuntai hingga 1 m atau lebih. Nama lain dari sukulen ini adalah Rosario Vine.

Ciri dari sukulen ini memiliki daun kecil berbentuk hati dengan pola berwarna abu pada bagian bawah daun. Memiliki bunga tubular berwarna merah muda dan ungu seperti bentuk lentera dengan panjang bunga mencapai 2 cm.

5. String of pearls (Curio rowleyanus)

sumber: pinterest.com

Sukulen ini termasuk ke dalam famili dari Asteraceae. Ciri khas dari tanaman sukulen ini ialah daun khusus yang menyerupai bentuk kacang polong kecil berwarna hijau.

Bentuk daunnya yang unik seperti manik-manik ini ialah sebagai bentuk adaptasi terhadap lingkungan kering agar penyimpanan air yang maksimal.

Batangnya dapat menjuntai hingga 2-3 kaki. Memiliki bunga majemuk yang berbentuk terompet, berwarna putih dengan benang sari berwarna-warni. bunganya dapat bertahan kurang lebih satu bulan dengan aroma seperti kayu manis dan rempah.

6. String of Nickles (Dischidia nummularia)

sumber: pinterest.com

Sukulen dengan nama String of Nickles ini merupakan tanaman rambat dengan daun berbentuk bulat tebal seperti untaian nikel. Berasal dari negara wilayah Asia Timur. Di alam liar tanaman ini dapat ditemukan merambat pada batang pepohonan .

Daun sukulen jenis ini berwarna hijau pucat atau berwarna perunggu kekuninga. Spesies ini menyukai lingkungan tumbuh panas dan lembab. Menyukai pencahayaan terang dan tidak langsung.

Ragam jenis tanaman sukulen gantung di atas memiliki penampilan yang sangatlah indah dan cocok untuk menambah koleksi tanaman hias gantung di rumahmu. Bagi kamu pecinta sukulen, bisa menambahkan jenis sukulen gantung ini untuk koleksi sukulen unik dan menarikmu.

Leave a Reply

0
Scroll to Top