Mudah! Cara Menanam Sukulen dengan Setek Daun dan Batang

Setek atau propagasi ialah salah satu cara perbanyakan tanaman pada sukulen. Metode propagasi atau setek ini dilakukan dengan cara memotong bagian daun atau batang tanaman untuk ditanam kembali, tanpa menunggu tanaman berbunga dan menghasilkan biji. Hal ini menjadi menguntungkan bagi tanman sukulen, karena daun yang telah gugur dapat digunakan sebagai bahan tanam untuk perbanyakan.

Cara Mudah Menanam Sukulen

Cara menanam sukulen melalui metode propagasi ini hampir mirip dengan cara perbanyakan tanman cocor bebek. Akan tetapi, proses perbanyakan dengan setek daun dan batang pada sukulen tidak berlaku untuk seluruh jenis sukulen. Metode ini hanya berlaku untuk beberapa jenis sukulen saja,

a. Dari Potongan Daun

sumber: flickr.com

Cara menanam sukulen dari daun ini dilakukan dengan cara mengambil daun yang telah jatuh atau gugur dari tanaman sukulen, atau bisa juga dengan memetik daun yang paling bawah (tua) secara langsung dari tanaman.

1. Selanjutnya letakan potongan daun diatas selembar kertas atau kain hingga ujung bekas potongan pada daun mengering.

sumber: flickr.com

2. Setelah mengering atau tidak berair, pindahkan potongan daun pada permukaan media tanam dalam pot yang telah disiapkan.

3. Letakkan pot pada daerah yang tidak terkena paparan sinar cahaya matahari secara langsung. lalu siram dengan cara disemprot dengang sprayer agar air yang diberikan tidak berlebihan.

sumber: flickr.com

4. Kemudian biarkan dalam waktu beberapa hari hingga akar mulai muncul dan akan diiringi tumbuhnya tunas kecil pada bagian bekas pemotongan daun. Sehingga tunas yang muncul siap dipindahkan bila ukurannya mencapai kurang lebih 0.5 inchi.

b. Dari Pemotongan Batang

Perbanyakan sukulen dengan melalui batang dapat dilakukan dengan cara menggunakan benda tajam untuk memotong bagian batang sukulen. Pastikan alat potong telah disterilkan dan jangan memotong batang sukulen dengan tangan agar hasil potongan sempurna.

sumber: needlesandleaves.net
  1. Potong bagian batang sukulen yang akan ditanam, lalu biarkan beberapa hari hingga bagian batang yang dipotong mengering.
  2. Setelah itu hilangkan daun yang masih menempel pada batang.
  3. Tanam potongan batang sukulen pada media tanam yang telah disiapkan. Lalu tempatkan pada daerah yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dan siram secara berkala, sesuai cara merawat tanaman sukulen.
  4. Kemudian tunggu hingga munculnya tunas baru pada bagian batang tanaman. Kemudian lakukan pemindahan tunas pada batang ke media tanam lain.
sumber: needlesandleaves.com

Untuk campuran media tanam yang digunakan sama dengan cara perawatan dan pemeliharaan tanaman sukulen pada umumnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top