OUTBOUND

TRAINING - TEAM BUILDING - FUN GAMES

Kegiatan outbound di Star Farm dilakukan dengan melakukan berbagai macam permainan efektif yang berguna untuk mengembangkan kemampuan diri peserta, melatih soft skill maupun hard skill nya agar mampu menghadapi berbagai tantangan baik secara team work maupun individu didampingi oleh trainer yang sudah berpengalaman

KEGIATAN

Ice Breaking

Merupakan Game Outbound yang digunakan untuk menghilangkan ketegangan peserta dan menstimulus antusiasme peserta untuk siap menghadapi seluruh kegiatan berikutnya adapun contoh gamesnya adalah sebagai berikut:

1. Samsons

Merupakan Game Ice Breaking yang sangat menyenangkan, menggunakan seluruh anggota tubuh untuk menjadi karakter karakter yang ada dalam kisah hidup Samson di dunia fiksi, peserta akan di ajak memilih salah satu karakter diantara 3 karakter yang tersedia yaitu Samson, Delayla, dan Singa. Permainan ini dapat di mainkan minimal oleh dua orang dan tidak ada batas jumlah peserta. Peserta akan melakukan battle dengan lawan tandingnya menirukan salah satu karakter yang memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing terhadap karakter lainnya, secara sederhana permainan ini menyerupai permainan suit namun dalam prakteknya menggunakan seluruh anggota tubuh. Pemenang dalam game ini adalah mereka yang memilih karakter lebih kuat. 

2. Patung Pancoran

Game ini dapat dimainkan minimal oleh 10 orang, uniknya semakin banyak peserta yang ikut bermain maka permainan akan semakin seru. Peserta akan di ajak untuk berbaur dengan orang lain disekitarnya. kemudian peserta akan di arahkan oleh instruktur untuk membetuk lingkaran besar, tanda permaian akan segera di mulai. Saat permaianan di mulai instruktur akan memberikan instruksi menggunakan kata-kata unik yang sudah disepakati sebelumnya, selanjutnya semua peserta akan berlomba mencari pasangan yang tepat sesuai dengan intruksi yang sudah di berikan  disertai dengan gerakan yang unik sesuai kesepakatan. Masing-masing peserta akan gugur apabila tidak mendapatkan pasangan sesuai intruksi. Pemenang dalam game ini berjumlah 2 orang.

3. Tangkap Jari

Permaian ini dapat dimainakan minimal oleh 3 orang dan tidak ada batasan jumlah peserta. Permainan ini bertujuan untuk melatih konsentrasi dan refleks peserta. Permainan ini dimainkan dengan cara meletakan satu jari telunjuk di telapak tangan peserta lain kemudian mengikuti aba-aba dari instruktur untuk mampu menghindari jari tertangkap dan mampu menangkap jari peserta lain secara bersamaan. Game ini merupakan game penuh ketegangan namun mengasyikan.

4. Tepuk Selamat

Permainan ini merupakan permaianan yang sangat mudah dimainkan oleh siapapun serta tidak ada batasan jumlah peserta. Peserta akan di minta bertepuk sesuai dengan perintah selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam. Peserta yang tidak berkonsentrasi akan refleks bertepuk tidak sesuai dengan perintah. Maka peserta yang salah akan menerima konsekuensi berupa pertanyaan-pertanyaan yang membangun motivasi bagi dirinya.

5.Perintah Benar Salah

Permainan ini dimainkan secara berkelompok, peserta kelompok akan berbaris berbanjar sambil memegang pundak teman yang ada di depannya masing masing kelompok akan merima intruksi berupa perintah contohnya maju, mundur, kanan, kiri, dll maka peserta akan melakuan intruksi tersebut dengan cara melompat sesuai dengan intruksi secara cepat dan bersamaan, menariknya intruksi bisa salah sehingga peserta harus melompat ke arah yang berlawanan. Peserta yang tidak konsentrasi akan melompat ke arah yang salah berbeda dengan teman-temannya dan akan membuat rusak barisan mereka sehingga kelompok tersebut akan kalah.

6. Kata Pak Tani

Sesuai dengan namanya, instruktur dalam game ini berperan sebagai pak tani sedangkan peserta akan meniru dengan gerakan apa pun yang di perintahkan oleh pak tani sedangkan pak tani sendiri sering sekali melakukan kesalahan dalam gerakan menariknya peserta harus melakukan gerakan dengan benar walaupun pak tani sudah melakukan kesalahan. Gimana seru kan.

7. Simonsis

Permainan ini menggunakan kata-kata simonsis sebagai intinya. Dalam permainan ini tidak ada batasan jumlah peserta. Setiap peserta harus mengikuti intruksi yang di berikan apabila kata simonsis tersebut di gunakan, namun apabila kata simonsis tidak digunakan maka peserta wajib tidak mengikutinya. Bagi Peserta yang mengikuti intruksi tanpa kata simonsis maka team nya akan kalah.

8. 7 Wow

Permainan ini dimainkan secara berkelompok. Peserta akan membentuk lingkaran besar kemudian setiap peserta akan berhitung dari satu lalu hitungan selanjutnya dilanjutkan oleh peserta lain disebelahnya berhitung dua dan seterusnya. Sampai pada peserta dengan hitungan 7 dan kelipatannya maka peserta tersebut wajib berkata wow dengan gaya yang unik. Permainan ini membutuhkan kosentrasi dan kecepatan menghitung. Bagi peserta dengan hitungan 7 dan kelipatannya akan memberikan hiburan tersendiri kepada peserta lainnya.

9. Baut Barisan

Permainan ini merupakan permainan berkelompok, masing-masing kelompok akan membuat barisan dengan urutan sesuai dengan perintah. Perintah yang diberikan bisa berupa urutkan barisan berdasarkan umur, ketinggian, no sepatu dan lain-lain. Selanjutnya instruktur akan mengecek kebenaran urutan dari masing-masing barisan tersebut. Jika ada kesalahan maka team tersebut kalah. selamat bermain.

Fun Games

Merupakan Games Outbound yang digunakan untuk membuka personal block dan menggairahkan suasana pelatihan adapun contoh dari gamesnya adalah sebagai berikut:

10. Mencari Harta Karun

Permainan ini merupakan permainan yang mengajak peserta untuk mengeksplore seluruh lokasi yang berada di Area Star Farm. Peserta akan di berikan clue berupa surat-surat rahasia yang di letakan di berbagai tempat tersembunyi yang akan menuntun peserta menuju tempat persembunyian dari harta karun “the Farmers”. Peserta yang menemukan harta karun terlebih dahulu merupakan pemenangnya. Peserta harus berfikir out of the box untuk memecahkan teka teki yang terdapat pada setiap lembar surat rahasia yang di tulis oleh the farmers selama berabad-abad lamanya.

11. Mencari Jejak

Sesuai dengan namanya, permainan ini mengajak peserta untuk menemukan jejak yang hilang agar mampu mencapai garis finish lebih dulu. Peserta akan berlomba dengan team lain melewati jejak yang sudah ditemukan setelah pencarian yang panjang sehingga memerlukan daya ingat yang kuat agar jejak yang sudah di temukan tersebut bertambah hingga menuntun setiap peserta menuju garis finish.

12. Busa Basah

Permainan ini merupakan permainan yang akan menyebabkan peserta basah karena menggunakan air dalam permainannya. Peserta akan dikelompokan kemudian peserta harus mengoper busa yang berisi air melewati kepalanya kepada teman satu teamnya yang ada di belakangnya. Kemudian peserta pada barisan terakhir akan memeras busa kedalam wadah yang sudah disiapkan. Team yang menang merupakan team dengan air terbanyak di dalam wadah. Kunci permainan ini adalah kecepatan dalam mengoper busa sehingga tidak banyak air yang terbuang. 

13. Menara Gelas

Permainan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Peserta akan diminta membuat menara menggunakan gelas yang sudah di sediakan sampai setinggi-tingginya. Tantangan dalam permainan ini adalah menara harus di lindungi dari hembusan angin yang bisa datang kapanpun. Sehingga apabila menara roboh peserta harus bersabar dan memulai membangun kembali menaranya dari awal. Team yang memang merupakan team yang pantang menyerah dan bersabar sampai menaranya menjadi menara tertinggi pada batas waktu yang sudah ditentukan.

Effective Communication

Merupakan Games Outbound yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang meliputi komunikasi efektif, kemampuan mendengarkan, dan menghargai pendapat orang lain serta mengekspresikan gagasan. Contoh dari games ini diantaranya:

14. Pesan Berantai Kata

Permainan ini mampu melatih daya ingat dan membantu peserta dalam melatih kemampuan berbicara. Peserta membentuk barisan berbanjar dan peserta yang berada pada barisan paling depan akan diberikan pesan rahasia oleh trainer yang harus di sampaikan oleh teman yang ada di belakangnya secara diam diam sampai pesan tersebut di terima oleh peserta paling terakhir di barisan. Kelompok dengan pesan paling mendekati pesan pertama merupakan pemenangnya.

15. Pesan Berantai Gesture

Permainan ini hampir sama dengan pesan berantai kata. Namun yang membuatnya lebih menarik, peserta diberikan pesan berupa gerakan-gerakan teratur oleh trainer yang harus di sampaikan secara utuh oleh peserta kepada teman yang berada di belakangnya sampai pada peserta terakhir harus memperagakan gerakan yang sudah diterimanya. Kelompok yang gerakannya paling mendekati merupakan pemenangnya.

Team Building

Merupakan Games Outbound yang berkaitan dengan kemampuan personal dalam melakukan kejasama dengan individu lain. Outbound ini bertujuan agar peserta menjadi team player yang dapat di andalkan, saling membantu antar sesama. Contoh dari games ini diantaranya:

16.Pipa Bocor

Permainan ini harus dimainkan secara berkelompok serta merupakan game yang sangat memerlukan kerjasama dan kekompakan team. Game ini bermanfaat untuk melatih kemampuan leadership peserta serta kemampuan problem solving agar mampu memiliki daya saing positif dakam kehidupannya.  Peserta akan diberikan sebuah pipa berlubang lubang dengan sebuah bola di dalamnya. Peserta harus mengeluarkan bola tersebut dengan cara memasukan air kedalam pipanya dan menutup lubang-lubang dengan berbagai macam cara agar air tidak keluar sehingga pipa penuh berisi air dan bola akan keluar dengan sendirinya. Kelompok yang bolanya keluar terlebih dahulu merupakan pemenangnya.

17. Tarik Tambang di Lumpur/ di Darat

Permainan ini membutuhkan kekuatan fisik, komunikasi yang baik dan kerjasama team yang baik. Game ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik, komunikasi, dan daya tahan tubuh peserta serta mampu melatih konsentrasi dan kerjasama team.

18. Tank Baja

Permainan ini dimainkan secara berkelompok. Peserta akan menggunakan alat bantu berupa benda yang menyerupai ban tank sehingga peserta harus menggunakannya dan berada di dalamnya kemudian berjalan dan melakukan balapan dengan kelompok lainnya. kelompok yang sampai finsh lebih dulu merupakan pemenagnya.

Synergy Games

Merupakan Games Outbound  yang digunakan untuk menyadarkan betapa pentingnya setiap bagian dalam suatu struktur kelompok. Contoh dari game ini diantaranya adalah:

19. Lomba Tangkap Ikan

Permainan ini membutuhkan kekuatan fisik, komunikasi yang baik dan kerjasama team yang baik. Game ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik, komunikasi, dan daya tahan tubuh peserta serta mampu melatih konsentrasi dan kerjasama team. Setiap peserta yang mengikuti lomba akan membawa oleh-oleh berupa ikan masing-masing satu ekor kecuali pemenang lomba akan diberikan ikan dengan jumlah lebih oleh trainer.

20. Moving Ball

Permainan yang membutuhan kerjasama team dan kemampuan problem solving yang baik. Game ini menggunakan tali untuk memasukan bola kedalam wadah dengan diameter tertentu sehingga dapat meningkatkan kerjasama team serta kemampuan leadership peserta. Kelompok yang memasukan bola dengan jumlah yang sudah ditentukan terlebih dahulu merupakan pemenangnya. 

Scroll to Top
× Customer Service - Online