fbpx

Wow!! 3 Fakta Unik dan Menarik “Si Lucu” Sukulen

Sukulen atau Succulent yang dalam bahasa Latin disebut sebagai succos yang memilki arti jus. Sukulen ini ialah salah satu diantara sekian banyaknya tanaman hias yang berpenampilan lucu dan tentunya menarik. Terdapat banyak jenis, bentuk, ukuran, dan warna dari tanaman sukulen, menjadikan sukulen sebagai salah satu tanaman hias yang beraneka ragam. Dibalik keragamannya tersimpan beberapa fakta menarik yang perlu kita ulik dan ketahui tentang sukulen.

3 Fakta Unik dan Menarik Tanaman Sukulen

ragam sukulen
sumber: freepik.com (tanaman hias sukulen)

Tanaman sukulen yang populer dan cantik ini, ternyata memiliki beberapa fakta unik dibaliknya. Berikut 3 fakta unik dan menarik dari tanaman sukulen yang telah dirangkum dari berbagai sumber informasi untuk Anda simak:

1. Sukulen bukanlah Kaktus

sumber: freepik.com (tanaman kaktus dan sukulen)

Sukulen sangatlah identik dengan tanaman kaktus dan mengira sukulen dan kaktus itu sama, padahal tanaman sukulen tidak selalu berarti tanaman kaktus. Meskipun cara penanaman dan cara perawatan tanaman kaktus sama mudahnya dengan tanaman sukulen.

Sederhananya, sukulen merupakan nama yang disematkan untuk kelompok tanaman yang memiliki kemampuan menyimpan air pada bagian daun atau memilki batang berdaging. Sedangkan tanaman kaktus ialah salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam kelompok tanaman sukulen.

Jadi kaktus adalah tanaman sukulen, tetapi tidak semua kelompok tanaman sukulen adalan tanaman kaktus.

2. Mampu bertahan pada iklim kering

iklim kering
sumber: freepik.com

Tanaman sukulen memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan iklim atau kondisi kering dengan waktu yang cukup lama. Kemampuan ini diperkirakan bisa bertahan sampai dengan suhu internal kurang lebih setinggi 52 °C atau setara 126 °F.

Akan tetapi, tanaman sukulen tidak mampu bertahan hidup pada daerah terkering didunia. Bahkan di Negara Afrika sekali pun yang merupakan negara dengan tanaman sukulen yang paling asli, tidak terlalu banyak memiliki tanaman sukulen endemik.

Tanaman sukulen dapat tumbuh baik dan subur pada daerah dengan ketersediaan sumber air terbatas, seperti pada kondisi daerah yang berkabut atau berembun.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan sukulen dalam menyimpan cadangan air yang tinggi pada organ-organ tertentu seperti daun dan batang. Namun pada beberapa tanaman dapat menyimpannya pada bagian akar seperti tanaman geofit. Akan tetapi tanaman geofit tidak termasuk ke dalam tanaman sukulen.

3. Tidak memiliki daun sejati

succulent
sumber: pixabay.com

Tanaman sukulen tidak memiliki bentuk daun sejati. Maksudnya daun sejati ialah terdapatnya bagian-bagian daun yang lengkap seperti pangkal daun, helai daun, tulang daun serta pelepah daun.

Sedangkan pada tanaman sukulen bagain organ daun ini tidaklah lengkap. Hal tersebut karena bagian-bagian daun tereduksi menjadi sebuah duri atau berbentuk silindris, bulat, pipih berair atau berlendir dengan warna dan bentuk sepintas terlihat seperti daun.

Bahkan proses fotosintesis yang biasanya terjadi pada organ daun, pada tanaman sukulen organ batang menjadi tempat utama untuk melakukan proses fotosintesis.

Leave a Reply

0
Scroll to Top