6 Jenis Tanaman Sukulen Paling Populer, Cantik dan Mudah Perawatannya

Tanaman sukulen adalah salah satu jenis tanaman hias yang mulai populer dan banyak diminati belakangan ini. Banyak orang yang memilih jenis tanaman sukulen karena memiliki visual menarik dan perawatan yang sangat mudah.

Tanaman ini bahkan bisa tahan berhari-hari tanpa harus disirami dengan rutin. Bentuknya menarik sehingga sangat cocok untuk dijadikan dekorasi rumah Anda. Penasaran dengan tanaman yang berasal dari Afrika dan Amerika latin ini? Yuk, simak informasi berikut ini.

Jenis Tanaman Sukulen yang Cocok untuk Dirawat di dalam Rumah

Tanaman sukulen adalah jenis tanaman yang memiliki bagian tubuh yang menebal dan nampak berdaging. Bagian ini dipergunakan untuk menyimpan air karena habitat asli mereka adalah di tanah yang kering.

Tidak semua tanaman sukulen cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Berikut ini adalah jenis tanaman sukulen yang paling ideal untuk mempercantik dekorasi rumah Anda. Diantaranya adalah:

1. Kaktus Bola Emas

Tanaman sukulen yang pertama adalah kaktus bola emas. Tanaman ini memang penampakannya seperti bola yang berwarna emas. Istilah emas datang dari duri-durinya yang berwarna kuning keemasan.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 1 meter, namun akan membutuhkan waktu yang sangat lama sekali. Kaktus bola emas sangat tepat untuk Anda letakkan di tengah atau sudut ruangan.

2. Aloe Vera

aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah jenis tanaman sukulen yang paling banyak dan mudah tumbuh. Tanaman ini biasa ditemukan di pekarangan karena memiliki banyak manfaat. Aloe vera bisa menjadi tanaman hias yang menarik jika Anda meletakkan di dalam pot unik. Anda bisa menjadikannya pajangan di dalam rumah.

3. Tanaman Jade

Tanaman jade secara sekilas nampak seperti tanaman bonsai, begitu pula dengan cara perawatannya yang kurang lebih sama. Jade adalah tanaman sukulen dengan batang yang terbilang gendut dan memiliki cabang.

Daun tanaman ini berbentuk oval yang tebal dengan warna hijau tua. Pada beberapa jenis, ada tanaman jade yang daunnya berwarna kemerahan pada bagian ujungnya.

Jade adalah jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Mereka malah akan mati jika Anda menyiramnya terlalu sering. Perlu diketahui bahwa saat stress dan butuh air, warna daun jade akan memudar.

4. Bunga 8 Dewa

Tanaman yang satu ini asalnya dari Madagascar. Jenis tanaman sukulen yang satu ini sangat unik dengan batangnya yang menjulur dan berduri. Daunnya berbentuk seperti sendok dengan ujung yang juga terdapat duri.

Bunga 8 dewa memiliki banyak jenis warna bunga yaitu merah, pink, salmon hingga orange. Tanaman sukulen ini banyak dipelihara di teras-teras rumah karena penampakan bunganya yang menarik. Tidak sedikit pula yang meletakkannya di dalam rumah.

5. Donkey Tail

Tahukah Anda asal mula pemberian nama Donkey Tail atau ekor keledai? Ternyata, tanaman ini memiliki penampakan seperti ekor keledai yang dikepang. Tanaman sukulen ini bisa tumbuh sepanjang 8 cm dengan batang yang menjulur ke bawah.

6. Sukulen Panda

Sukulen panda memiliki bentuk kecil yang lucu dan menggemaskan seperti panda. Seluruh bagian daunnya diselimuti bulu halus berwarna putih dengan bercak coklat di bagian tepinya. Itulah sebabnya sukulen ini disebut dengan sukulen panda. Sukulen ini sangat mudah dirawat. Anda hanya perlu menyiramnya dengan rutin dan jangan biarkan tanah sampai kering kerontang.

Beberapa jenis tanaman sukulen di atas memiliki bentuk yang memang cukup menarik dipandang mata. Karena itulah, sangat tepat jika tanaman ini diletakkan di dalam atau sekitar rumah Anda. Jadi, tanaman sukulen mana yang paling Anda sukai?

Leave a Reply

0
Scroll to Top