5 Cara Merawat Tanaman Rambat agar Tumbuh Lebat dan Mudah Dibentuk

Kali ini, kita akan belajar bersama tentang bagaimana cara merawat tanaman rambat agar tumbuh dengan baik dan mudah untuk ditata. Tanaman rambat merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dipergunakan untuk memperindah penampilan taman rumah.

Jenis tanaman ini disukai karena umumnya memiliki bunga atau daun yang menarik. Selain itu, tanaman ini juga bisa dibentuk-bentuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Penasaran bagaimana caranya? Mari kita cek bersama.

Cara Merawat Tanaman Rambat yang Mudah Dipelajari

Sesuai namanya, tanaman rambat memiliki pola pertumbuhan merambat. Ada yang merambat vertikal atau horizontal. Selain itu, tanaman ini juga banyak dipakai untuk keperluan tertentu. Ada yang dibentuk gapura, membentuk lapisan penghalang matahari, atau menutupi dinding bangunan.

Berikut ini adalah beberapa cara merawat tanaman rambat yang bisa kita pelajari. Diantaranya adalah :

1. Pahami Sifat dan Karakter Tanaman

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana karakter dan sifatnya. Apakah tanaman rambat yang Anda pilih merupakan jenis tanaman yang tahan panas, mudah layu dan lain sebagainya.

Pastikan juga perkembangan bagian tanaman. Jika tanaman memiliki daun atau bunga yang lebar, pasti akan dibutuhkan space lebih banyak. Hal ini bertujuan supaya perkembangan daun atau bunga tersebut jadi lebih maksimal dan leluasa.

2. Perhatikan Ritme Pemangkasan

Cara merawat tanaman rambat yang cukup penting adalah memperhatikan kebutuhan untuk pemangkasan tanaman. Pemangkasan tanaman perlu dilakukan secara rutin terlebih pada jenis tanaman yang memiliki pertumbuhan cepat.

Tujuan pemangkasan ini adalah untuk memastikan bahwa tanaman ini tidak tumbuh melebihi atau melewati media rambatnya. Anda juga akan lebih mudah untuk menata atau membentuknya karena tunas-tunas kecil akan tumbuh ke bagian yang Anda inginkan saja.

3. Memilih Media Tanam yang Tepat

Tanaman rambat akan bertumbuh mengikuti media rambatan yang disediakan. Biasanya, tekstur dari tanaman rambat berbeda dengan tekstur tanaman biasa. Dahannya akan lebih lembut, tidak berkayu dan tidak keras.

Karena itulah, jenis tanaman seperti ini cenderung sering terkena penyakit yang berasal dari media tanam yang dipergunakan. Oleh sebab itu, media tanam yang paling ideal adalah dengan menggunakan pot berisi cocopeat.

Media tanam cocopeat akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tanah. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian atau membuatnya sendiri. Bahan utamanya adalah serat kasar dari kulit kelapa.

4. Pilih Media Rambat yang Tepat

Media rambatan adalah tempat di mana tanaman rambat akan tumbuh dan berkembang melebarkan batang pohonnya. Cara merawat tanaman rambat yang tepat adalah menyesuaikan jenis tanaman dan kebutuhan yang hendak dicapai dengan menanam tanaman rambat ini.

Jika Anda ingin membuat gapura dari tanaman rambat, pastikan menggunakan kayu yang kuat dan kokoh. Jika Anda ingin tanaman merambat di dinding, pastikan permukaan dinding cukup kasar sehingga tanaman lebih mudah merambat.

5. Proses Perawatan Lainnya

Tanaman hias rambat membutuhkan perawatan seperti halnya tanaman hias lainnya. Mereka membutuhkan pemupukan, penyiraman dan pembasmian hama supaya bisa tumbuh dengan lebat dan sehat.

Penyiraman tetap harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Ada yang membutuhkan penyiraman dua kali sehari atau ada pula yang membutuhkan penyiraman sekali sehari. Tergantung dari karakter setiap tanaman.

Begitu pula dengan pemupukan dan pembasmian hama. Tanaman rambat membutuhkan lebih banyak perhatian ketika pertumbuhannya telah lebat dan banyak. Pastikan Anda memperhatikan setiap bagian rambatan dengan seksama.

Itulah cara merawat tanaman rambat yang bisa kita pelajari. Memiliki tanaman rambat yang telah terbentuk di salah satu sudut rumah memang sebuah kebanggaan tersendiri. Tanaman ini selain nampak indah dengan sendirinya juga mempercantik penampilan rumah Anda.

Leave a Reply

0
Scroll to Top