Tips Menanam Tanaman Lee Kwan Yew Supaya Memanjang dengan Sehat dan Indah

Tanaman Lee Kwan Yew merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat ideal untuk memunculkan nilai artistik di luar rumah. Tanaman yang dengan nama Vernonia Elliptica ini biasanya ditanam untuk memenuhi taman atap atau taman samping.

Jenis tanaman ini tumbuh menjuntai sehingga terlihat seperti gorden tanaman. Inilah sebabnya tanaman bernama unik Lee Kwan Yew banyak diburu untuk memperindah suasana dan menyehatkan atmosfer rumah. Ingin tahu cara merawatnya supaya tumbuh sehat dan segar? Simak info berikut ini.

Trik Merawat Tanaman Lee Kwan Yew

Tanaman Lee Kwan Yew umumnya ditanam dalam media seperti tanah. Anda juga bisa meletakkannya di dalam sebuah pot. Semakin baik media rambatnya, tanaman ini akan semakin rajin untuk bertumbuh.

Biasanya tanaman ini ditanam untuk memenuhi tembok bangunan, pagar, atap ataupun jendela. Saat tanaman sudah lebat, Anda akan melihat sisi artistik yang ditimbulkan. Berikut ini adalah tips merawat pohon Lee Kwan Yew yang bisa Anda pelajari.

1. Perhatikan Posisi Peletakan Tanaman

Pastikan Anda menanam tanaman ini dekat dengan media rambatnya. Supaya lebih mudah, Anda bisa meletakkannya di dalam pot atau menggali tanah di sekitar media rambat seperti tembok atau pagar.

Tanaman ini akan cepat tumbuh jika menyentuh media rambat yang kondusif. Sebaiknya, persiapkan media rambat dengan permukaan kasar, seperti dinding bangunan yang masih belum diplester.

2. Perhatikan Posisi dan Jarak Tanam

Memperhatikan jarak bukan hanya sebagai langkah paling tepat untuk mendapatkan tanaman Lee Kwan Yew yang indah. Namun, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan setiap bagian batangnya.

Tanaman yang terlalu renggang atau terlalu rapat akan memberikan hasil berbeda. Terlalu renggang nampak kurang nyaman dilihat, terlalu rapat membuat perawatannya sedikit sulit. Oleh sebab itu, aturlah posisi tanam dengan benar-benar tepat.

3. Pancing dengan Bidang Rambatan

Pertumbuhan rambatan tidak selalu mulus pada mulanya. Seringkali tanaman merasa kesulitan untuk menjangkau dan membuat dirinya terkait dengan sebuah media perambatan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan bantuan seperti sebatang kayu atau bambu setinggi 30 cm. Ini akan sangat membantu pertumbuhan batang tanaman ke arah rambatan.

4. Berikan Cukup Nutrisi

Tanaman Lee Kwan Yew yang sehat dan segar tidak tumbuh begitu saja, apalagi struktur dan tekstur tanah terbilang kurang unsur hara. Maka dari itu, pemupukan sangat diperlukan.

Agar tumbuh dengan lebat dan cepat menjalar ke seluruh media perambatan, Anda bisa menambahkan pupuk NPK. Pupuk ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan daun dan membuatnya hijau dan segar.

5. Buang Batang yang Kering

Anda juga harus rajin memeriksa setiap bagian tanaman supaya tidak ada bagian yang mati dan mengering. Saat batang tanaman nampak berwarna kuning, segera potong dan buang saja.

Anda harus segera memotongnya saat itu juga dan jangan menunggu batangnya mengering. Semakin cepat Anda memotongnya, semakin cepat pula tunas yang baru akan muncul di permukaan.

6. Siram Sucukupnya

Tanaman yang satu ini juga membutuhkan penyiraman yang tepat. Lakukan dua kali sehari pada pagi dan sore. Jika memungkinkan, gunakan alat bantu siram supaya semua bagian tanaman bisa disiram keseluruhan. Ini akan membuat tanaman menjadi lebih segar.

Itulah beberapa cara merawat tanaman Lee Kwan Yew supaya tetap sehat dan berkembang dengan pesat dan rimbun. Memiliki tanaman yang satu ini akan meningkatkan keindahan taman rumah Anda, terlebih jika seluruh tanaman menyelimuti bagian tertentu. Pasti akan sangat menarik.

Leave a Reply

0
Scroll to Top