Ini Dia! Cara Menanam Kaktus yang Mudah dan Praktis di Rumah

Belakangan ini, kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang cukup diminati. Anda pastinya penasaran bagaimana cara menanam kaktus sendiri dan membudidayakannya. Tanaman ini memiliki banyak duri dan bentuk yang beraneka ragam. Kaktus sejatinya adalah tanaman perdu yang habitat aslinya adalah di gurun atau padang pasir. Namun kini, ada beberapa varietas kaktus yang bisa dibudidayakan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Prosesnya sangat mudah dan praktis sehingga bisa diterapkan di rumah.

4 Cara Menanam Kaktus yang Tepat

Kaktus biasa hidup di daerah panas dan gersang, karena itulah menanam kaktus tidak akan membutuhkan banyak perawatan seperti penyiraman air setiap hari. Meskipun tidak harus setiap hari disiram, sebaiknya tanaman ini tetap diberikan pupuk supaya pertumbuhannya baik.

Berikut ini adalah cara menanam kaktus yang tepat supaya bisa tumbuh dengan maksimal di dalam rumah. Diantaranya adalah :

1. Mempersiapkan Benih

Banyak cara mendapatkan benih tanaman kaktus yang baik. Tapi yang terpenting adalah mencari benih berkualitas supaya tanaman kaktusnya juga memiliki kualitas baik. Anda bisa mendapatkan dari toko pertanian atau pembudidaya kaktus.

Jika Anda ingin mendapatkan benih dari tanamannya secara langsung, berikut ini tata cara mengambil benih yang tepat, yaitu :

  • Benih kaktus berada di dalam polong biji atau buahnya. Polong dapat diambil ketika bunga sudah mengalami penyerbukan dan gugur.
  • Ambil polong yang masih lunak atau belum benar-benar kering. Ini adalah kondisi yang baik untuk mendapatkan benih berkualitas.
  • Ambil polong dari batang kaktus dengan cara memutarnya hingga terlepas.
  • Benih terdapat di dalam polong. Cara mengambilnya adalah dengan membelah polong terlebih dahulu dan mencongkel benih dengan ujung pisau yang runcing dan tajam.
  • Keringkan benih terlebih dahulu sebelum dilakukan penyemaian

2. Menyemaikan Benih

Cara menyemaikan benih kaktus adalah sebagai berikut :

  • Persiapkan media pembenihan yaitu tanah, kerikil dan pasir. Kaktus tidak membutuhkan banyak air jadi tidak perlu menyiram media pembenihan.Taburkan benih di atas media tanam tanpa membenamkannya. Hal ini wajib dilakukan karena benih tidak memiliki banyak cadangan makanan. Jika dibenamkan terlalu dalam, benih tidak akan tumbuh dan mencapai permukaan tanah.
  • Tutup media tanam dengan plastik transparan atau kaca. Hal ini bertujuan supaya kelembaban tanah tetap terjaga.
  • Letakkan media tanam di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Anda harus menunggu sekitar dua atau tiga minggu sampai benih kaktus menampakkan pertumbuhan.

3. Memindahkan ke Media Tanam

Cara menanam kaktus selanjutnya adalah bagaimana memindahkan benih yang sudah tumbuh ke media penanaman. Berikut ini tata caranya :

  • Kaktus yang sudah mulai nampak pertumbuhannya harus segera dipindahkan ke media tanam supaya bisa tumbuh lebih besar.
  • Komposisi tanah yang dipakai sama seperti media pembenihan
  • Gunakan sekop kecil untuk memindahkan benih langsung dengan tanahnya. Jangan hanya diambil kaktusnya saja. Hal ini akan menyulitkan kaktus untuk beradaptasi.
  • Ratakan permukaan tanah di tempat Anda menanam kaktus.

4. Proses Perawatan

Jenis kaktus tropis bisa tumbuh di lingkungan normal dengan suhu 21 – 24 derajat celcius. Anda bisa menyiram kaktus dengan cara menyemprot tanahnya namun jangan sampai air tergenang. Kebanyakan air akan menyebabkan kaktus mudah membusuk.

Jika ingin kaktus cepat tumbuh besar, Anda bisa menggunakan pupuk kompos untuk jenis kaktus tropis. Sedangkan untuk kaktus gurun, Anda bisa memakai air dan pupuk organik. Pemberian pupuk sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak terlalu berlebihan.

Itulah empat cara menanam kaktus yang tepat supaya bisa tumbuh dengan baik. Pertumbuhan kaktus lumayan memakan waktu sehingga Anda harus sabar dan telaten. Meski demikian, kaktus yang tumbu dengan baik akan menjadi tanaman hias yang indah dan membanggakan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top