Cara Menanam Bunga Gladiol Supaya Cepat Berbunga dan Menghasilkan

Bunga gladiol adalah salah satu tanaman hias yang banyak dipergunakan dalam rangkaian atau bucket bunga. Karena itu, banyak orang yang mempelajari cara menanam bunga gladiol supaya cepat berbunga dan menghasilkan.

Bunga gladiol memiliki warna-warni yang indah dan sangat menarik untuk dipandang. Bunga ini menjadi salah satu bunga favorit yang selalu ada dalam rangkaian bunga.

3 Cara Menanam Bunga Gladiol Supaya Cepat Berbunga

Menanam bunga gladiol di rumah bisa dijadikan sebagai hobi atau juga bisa dijadikan ladang penghasilan. Pasalnya, permintaan bunga gladiol di pasaran masih cukup tinggi. Selain itu, menanam bunga gladiol juga cukup mudah untuk dilakukan.

Berikut ini adalah cara menanam bunga gladiol supaya cepat berbunga, diantaranya adalah :

1. Pilih Bibit Unggul

Pada dasarnya, bibit yang unggul dan baik akan menghasilkan tanaman yang berkualitas baik pula. Anda bisa mendapatkan bibit gladiol yang baik dengan rekomendasi dari toko-toko pertanian.

Namun, Anda juga bisa mendapatkan bibit gladiol yang baik dengan beberapa cara yaitu :

a. Menggunakan Umbi

Pastikan Anda mengambil umbi dari tanaman gladiol yang sudah terbukti menghasilkan bunga yang bagus. Umbi yang baik memiliki bentuk yang tebal dan gemuk serta tidak ada cacat. Semakin besar umbi, semakin besar pula tanamannya.

b. Menggunakan Anakan

Anda juga bisa menggunakan anakan yaitu umbi yang sudah tumbuh sebagai tanaman. Anakan ini akan tumbuh di sekitar tanaman induk. Anda bisa langsung memisahkan dari induknya, namun jangan sampai memutuskan daunnya.

2. Siapkan Media Tanam

Tanaman gladiol bisa hidup dengan baik pada lingkungan yang berada di ketinggian 600 sampai 1400 mdpl. Tanaman ini membutuhkan nutrisi yang banyak dari tanah. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan media tanam yang kaya nutrisi.

Cara menanam bunga gladiol supaya cepat berbunga selanjutnya adalah dengan mempersiapkan beberapa hal berikut ini, yaitu :

  • Keringkan umbi yang akan dipakai sebagai bibit di atas kertas atau koran selama dua atau tiga minggu
  • Letakkan umbi di area berangin dan tidak terkena sinar matahari secara langsung supaya bunga tidak akan terlalu kering
  • Persiapkan tanah, sabut dan pupuk kompos atau kandang dengan komposisi 1:1:1
  • Buat lubang sedalam 15 – 18 cm dengan jarak 20 cm jika Anda ingin menanam dalam jumlah banyak.
  • Masukkan umbi ke dalam media tanam dan siram dengan air secukupnya.
  • Dalam kondisi panas, siram tanaman setidaknya dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

3. Rawat Bunga Gladiol

Untuk mendapatkan hasil bunga yang cepat dan indah, lakukan beberapa hal berikut ini yaitu :

  • Potong batang tanaman yang terlihat ada kuncup bunga gladiolnya
  • Potong dengan posisi diagonal dan jangan sampai melukai daunnya.
  • Pemotongan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.
  • Letakkan batang berkuncup tersebut pada vas bunga yang sebelumnya telah diisi air hangat, pemutih, gula dan cuka. Perbandingannya adalah 1 liter air dengan1 sdm pemutih, 2 sdt gula dan 1 sdt cuka.
  • Saat bunga sudah mulai mekar, tambahkan komposisi gula yang sebelumnya hanya 1% menjadi 10%
  • Jika ingin mekar dengan cepat, letakkan vas di tempat yang hangat.
  • Cara ini akan mempercepat pemekaran bunga gladiol dan mempercepat pertumbuhan batang supaya bisa menumbuhkan kuncup bunga lagi.

Tiga cara menanam bunga gladiol supaya cepat berbunga di atas jika diikuti dengan benar maka akan mendapatkan hasil bunga yang sempurna. Bunga gladiol Anda akan mekar dengan cepat dan banyak. Anda bisa menggunakannya untuk hiasan ruangan ataupun dijual lagi.

Leave a Reply

0
Scroll to Top