5 Cara Menanam Kecubung yang Mudah Dilakukan di Rumah

Kecubung merupakan salah satu tanaman hias yang juga sering dipergunakan sebagai tanaman obat. Banyak orang mempelajari cara menanam kecubung untuk mendapatkan keindahannya dan juga mengambil fungsinya. Beberapa manfaat tanaman kecubung adalah untuk pengobatan impotensi, mengatasi flu, asma dan sakit gigi. Inilah mengapa banyak bunga kecubung yang satu dua pohon ditemui ditanam di halaman rumah.

Cara Menanam Kecubung star farm

Tata Cara Menanam Kecubung yang Benar

Di Indonesia, kecubung dikenal dengan nama lain yaitu Datura. Tanaman ini memiliki bentuk bunga yang cukup menarik yaitu berbentuk seperti terompet. Warna alami bunga kecubung adalah putih dan ungu tergantung dari varietasnya. Tanaman ini cukup indah jika ditanam di dalam kebun.

Berikut ini adalah tata cara menanam kecubung di halaman rumah, diantaranya adalah :

1. Kenali Habitat Alami

Iklim tropis Indonesia adalah habitat alami tanaman bunga kecubung. Sinar matahari yang banyak, air yang melimpah, kondisi tanah yang gembur adalah kombinasi lingkungan yang sangat cocok untuk tanaman kecubung.

Kecubung membutuhkan banyak serapan sinar matahari. Oleh sebab itu, jika Anda menanamnya dalam pot, pastikan untuk meletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Kecukupan air juga sangat penting untuk diperhatikan. Upayakan untuk selalu menyediakan air dan tidak perlu menunggu hingga tanah mengering. Menyiram setidaknya sehari sekali sampai tanah menjadi basah cukup ideal untuk tanaman ini.

2. Persiapkan Benih Kecubung

Benih kecubung yang bagus bisa didapatkan dengan cara stek atau dengan benihnya. Pilihlah indukan kecubung yang sehat, tidak terkena hama, tumbuh dan berbunga dengan baik. Berikut ini adalah cara mengambil benih kecubung yang baik, yaitu :

• Biji kecubung terletak di dalam polong yang berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi coklat saat sudah tua. Polong biji dipenuhi duri seperti buah durian. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat mengambil polongnya.

• Saat sudah tua, polong akan pecah dan menjatuhkan biji ke tanah. Untuk menghindari hal tersebut, bungkuslah polong biji dengan kertas. Ini bertujuan agar supaya saat polong retak, biji langsung tertampung oleh kertas pembungkus.

• Keringkan biji kecubung. Biji yang berkualitas bagus berwarna hitam atau coklat tua. Bentuknya mirip dengan ginjal dengan permukaan yang kasar seperti kerikil. Mengeringkan biji bukan dijemur langsung melainkan disimpan dalam toples.

• Biji yang sudah kering dan siap untuk ditanam harus direndam air selama 24 jam terlebih dahulu. Sambil menunggu, Anda bisa mempersiapkan media tanam yang akan dipakai untuk menyemaikan benih kecubung.

3. Persiapkan Media Pembenihan

Media yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu ketika menanam kecubung adalah untuk proses pembenihan. Letakkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang di dalam pot kecil atau polibag. Masukkan tanah agak banyak yaitu sekitar setengah dari tinggi pot.

4. Tanam Benih dalam Pot

Setelah 24 jam direndam, tanam bibit dengan cara menekan bibit ke dalam tanah. Biarkan dalam kondisi berlubang seperti sumur. Tidak perlu menutup lubangnya dengan tanah.

Siram pot dengan sedikit air namun jangan sampai terlalu becek. Air yang terlalu banyak akan membuat benih menjadi cepat membusuk dan tidak bisa berkecambah. Setelah itu, tutup pot dengan plastik untuk menjaga kelembaban tanahnya.

Letakkan pot langsung di bawah sinar matahari. Bibit kecubung membutuhkan sinar matahari supaya bisa mengeluarkan tunas. Selalu kontrol kondisi air dan jangan biarkan tanah menjadi kering. Anda bisa memberikan pupuk untuk mempercepat pertumbuhannya.

5. Pindah ke Media Tanam atau Tanah

Saat bibit sudah tumbuh setinggi sekitar 20 – 30 cm, cara menanam kecubung selanjutnya adalah memindahkannya ke tanah atau pot yang lebih besar. Jika ditanam di dalam pot besar, pastikan mencampurkan tanah dengan pupuk terlebih dahulu.

Tanaman kecubung dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 2 meter. Karena itu, tanaman ini membutuhkan media yang lumayan besar. Supaya tidak berkali-kali mengganti pot, sebaiknya ditanam langsung di tanah.

Itulah 5 cara menanam kecubung yang bisa Anda pelajari dan praktekkan di rumah. Namun, jika menanam kecubung di rumah, Anda harus ekstra hati-hati. Pasalny, tanaman ini sering disalahgunakan. Tanaman ini memiliki manfaat sebagai penghilang rasa sakit namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran.

Leave a Reply

0
Scroll to Top