Deretan Antibiotik Nabati yang Aman untuk Anak Ayam dan Berkhasiat

Pemberian antibiotik pada hewan ternak umumnya ditujukan sebagai pengobatan penyakit tertentu. Namun, kini banyak penggunaan antibiotik alami yang aman untuk anak ayam sebagai upaya mempercepat pertumbuhannya.

Ini bukan sesuatu hal yang baru. Peningkatan pertumbuhan anak ayam tidak hanya dapat dioptimalkan melalui pakan saja, namun juga melalui pemberian antibiotik. Dengan syarat, antibiotiknya harus aman supaya tidak memengaruhi kualitas hasil ternak itu sendiri.

Contoh Antibiotik Nabati yang Aman untuk Anak Ayam

Banyak sekali contoh antibiotik yang aman untuk anak ayam yang bisa digunakan sebagai bagian dari upaya pembesaran yang cepat. Antibiotik ini terdapat pada bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek membahayakan sama sekali.
Saat tubuh anak ayam dalam kondisi sehat, penyerapan nutrisi dari pakannya akan berlangsung sempurna. Hal ini adalah syarat utama agar pertumbuhan anak ayam menjadi cepat.

Berikut ini adalah contoh antibiotik nabati yang bisa Anda berikan untuk anak ayam ternakan, diantaranya adalah :

1. Kayu Manis

Kayu manis mengandung senyawa flavonoid dan tanin yang keduanya berfungsi sebagai antibakteri. Kedua senyawa ini akan melawan serangan bakteri yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, anak ayam akan lebih sehat dan cepat bertumbuh.

2. Asap Cair Cangkang Mete

Tidak hanya buah dan bijinya, cangkang atau kulit jambu mete juga mengandung banyak senyawa penting seperti vitamin C dan polifenol. Buah ini juga diketahui mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan bersifat sebagai antibakteri.

Akan tetapi dalam pengaplikasiannya, cangkang mete tidak bisa disajikan secara langsung untuk pakan anak ayam. Anda disarankan untuk menggunakan asap cair cangkang mete sebagai campuran pakan anak ayam.

Anda bisa mencampurkan asap cair cangkang mete dengan komposisi 0,0625 % dari bobot anak ayam. Pemberian pakan dengan campuran asap cair ini dapat dilakukan sejak anak ayam berumur 7 hari.

3. Serbuk Kunyit

Rimpang yang satu ini memang sudah dipercaya sejak jaman dahulu sebagai salah satu metode pengobatan alamiah. Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antibakteri dan juga ampuh untuk membersihkan infeksi.

Kurkumin merupakan senyawa kimia aktif yang akan melawan penyebaran bakteri, menghentikan peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai antibiotik nabati, pemberian kunyit sebagai pakan cukup aman dan tidak memberikan efek samping.

4. Ekstrak Daun Cengkeh

Ekstrak daun cengkeh diketahui mengandung senyawa yang disebut dengan eugenol. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan meningkatkan imunitas.

Pemberian ekstrak daun cengkeh untuk anak ayam juga bisa dimulai sejak usianya menginjak satu minggu. Komposisinya adalah 0,313 % dari bobot anak ayam. Ekstrak daun cengkeh akan membantu meningkatkan fungsi saluran cerna hewan ternak.

5. Ekstrak Daun Meniran

Pada banyak penelitian, daun meniran memiliki potensi untuk dipergunakan sebagai antibiotik nabati yang aman untuk anak ayam. Ini karena daun meniran mengandung komponen bioaktif seperti tanin, flavonoid, alkaloid dan saponin.

Dengan campuran 0,0625 % ekstrak daun meniran dari bobot anak ayam, pakan yang Anda berikan akan menjadi makanan berprebiotik nabati. Bahan alami ini terbukti mampu menjadi bahan yang memicu pertumbuhan anak ayam dan meningkatkan produksinya.

Itulah beberapa antibiotik nabati yang aman untuk anak ayam yang bisa Anda berikan secara rutin untuk hewan ternak Anda. Pemberian makanan antibiotik ini sebaiknya diselang-seling atau divariasi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan bisa meningkatkan pertumbuhan.

Beberapa bakteri belakangan ini diketahui mulai bermutasi dan kebal terhadap satu antibiotik. Oleh sebab itu, selalu jaga kebersihan kandang dan pakan anak ayam untuk menghindari adanya bakteri dan kuman.

Leave a Reply

0
Scroll to Top