Cara Mudah Menanam Bawang Putih Media Tanam Cangkang Telur di Rumah

Menanam bawang putih dengan sederhana di rumah sangat bisa dilakukan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa menanam bawang putih media tanam cangkang telur. Dengan cara ini, Anda tidak akan menghabiskan banyak tempat, cukup menggunakan polibag dan bisa ditata bersusun-susun. Selain memanfaatkan kulit telur yang sayang jika dibuang begitu saja, Anda bisa memanen bawang putih untuk keperluan masak sehari-hari.

media-tanam-cangkang-telur-star-farm

Tata Cara Menanam Bawang Putih Media Tanam Cangkang Telur

Telur merupakan salah satu dari banyaknya bahan pangan yang wajib ada di dapur. Setelah diambil isinya, cangkang telur pasti akan dibuang begitu saja. Padahal cangkang telur memiliki banyak sekali kegunaan yaitu salah satunya adalah sebagai media tanam.

Cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Kali ini, kita akan membahas mengenai tata cara menanam bawang putih media tanam cangkang telur yang tidak lagi terpakai.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, diantaranya adalah :

1. Mempersiapkan Bahan

Adapun bahan dan alat yang diperlukan dalam proses ini adalah:

  • Kulit telur yang 80% bagiannya masih utuh
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Beberapa siung bawang putih
  • Gelas
  • Air

2. Cara Budidaya Bawang Putih Pakai Media Cangkang Telur

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti petunjuk penanaman berikut ini.

a. Merendam Bawang Putih

Pertama, rendam bawang putih yang hendak ditanam di dalam gelas dengan air secukupnya. Jangan merendam bawang putih dengan terlalu banyak air, cukup setengah bagian bawang saja yang terendam. Kemudian diamkan selama 2 hari.

b. Cuci Cangkang Telur

Sebelum dipergunakan, cuci cangkang telur hingga bersih di bagian dalam dan luarnya. Kemudian keringkan dengan menjemur di bawah sinar matahari.

c. Masukkan Tanah

Campurkan tanah dengan pupuk kandang yang sudah dipersiapkan. Komposisinya adalah 1:1. Setelah itu, Anda bisa memasukkan campuran tanah dan pupuk ke dalam cangkang telur yang sudah mengering sempurna.

Isi seluruh cangkang telur dengan tanah sampai penuh. Anda harus berhati-hati karena jika ditekan terlalu kuat, cangkang telur bisa retak atau pecah.

d. Potong Ujung Bawang Putih

Setelah direndam selama dua hari, bawang putih siap untuk ditanam. Sebelum melakukan penanaman, Anda harus memotong ujung bawang putih sedikit saja. Hal ini bertujuan supaya tunas bawang bisa cepat keluar.

e. Masukkan Bawang ke Cangkang

Langkah menanam bawang putih media tanam cangkang telur selanjutnya adalah dengan memasukkan benih bawang. Masukkan bawang putih di ujung cangkang telur. Benamkan hingga 40% bagian bawang putih tertanam di tanah.

f. Siram Bawang Putih

Selanjutnya, Anda harus menyiram bibit bawang putih secara rutin setiap pagi. Letakkan bawang putih di tempat yang terkena sinar matahari di pagi hari. Hal ini akan mempercepat pertumbuhan tunasnya.

Penanaman bawang putih dalam cangkang telur bertujuan untuk mempercepat tumbuhnya tunas. Supaya bawang putih bisa tumbuh membesar, Anda harus memindahkan ke media yang lebih luas seperti pot kecil atau polibag.

Saat memindahkan ke polibag, tanam bawang putih bersamaan dengan cangkang telurnya. Cangkang telur akan menutrisi tanah dan meningkatkan pertumbuhan bawang putih. Nutrisi dalam cangkang telur akan terserap sempurna oleh bawang.

Benih bawang putih sudah bisa mulai dipindahkan ke polibag saat tunasnya sudah tinggi sepanjang 10 – 15 cm. Dalam kondisi ini, bawang putih sudah mampu tumbuh lebih besar lagi dan menghasilkan bawang putih utuh.

Itulah beberapa langkah menanam bawang putih media tanam cangkang telur yang bisa Anda pelajari. Dari pada cangkang telur terbuang sia-sia, sangat baik untuk memanfaatkannya sebagai penyubur tanaman.

Leave a Reply

0
Scroll to Top