Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kelinci yang Penting dan Wajib Diketahui

Jambu biji adalah salah satu buah yang daunnya bisa memberikan manfaat kepada makhluk hidup seperti kelinci. Manfaat daun jambu biji untuk kelinci sangat banyak sekali. Namun, jarang sekali dalam kehidupan sehari-hari, daun ini dijadikan pakan kelinci. Perlu diketahui, daun jambu biji dikenal sebagai daun yang bisa menjaga kesehatan saluran cerna bagi manusia. Apakah hal ini juga berlaku untuk kelinci? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kelinci

Bagi Anda yang memiliki peliharaan kelinci di rumah, mungkin tidak terpikirkan untuk memberikan daun jambu pada mereka. Ternyata, daun jambu memiliki banyak sekali kegunaan yang tidak terduga.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun jambu biji untuk kelinci yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah :

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat daun jambu biji untuk menjaga kesehatan saluran cerna manusia memang tidak diragukan lagi. Namun apakah hal ini juga berlaku sama bagi kelinci? Jawabannya adalah iya. Daun jambu juga bisa menjaga kesehatan saluran cerna kelinci.

Daun jambu memiliki kandungan likopen, kuersetin dan vitamin C tinggi yang mampu menjaga kesehatan organ pencernaan seperti lambung dan usus. Karena itulah, kesehatan saluran cerna secara keseluruhan akan terjaga.

2. Menjaga Berat Badan Kelinci

Setiap makanan yang masuk dalam tubuh kelinci akan dicerna dengan sempurna. Dengan saluran cerna yang baik, proses penyerapan makanan pun akan menjadi maksimal. Pertumbuhan akan terjaga dengan penyerapan makanan secara sempurna.

Kelinci akan dapat mempertahankan berat badannya dengan baik. Mereka tidak akan terlalu gemuk ataupun terlalu kurus. Hal ini sangat penting supaya kelinci selalu tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit.

3. Mengatasi Beberapa Masalah Kesehatan

Daun jambu biji juga dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh kelinci. Khasiatnya adalah untuk mengatasi diabetes, alergi, demam berdarah dan lain sebagainya.

4. Mengatasi Diare

Tidak hanya bagi manusia, daun jambu biji juga bisa dijadikan obat ketika kelinci Anda sedang mengalami diare. Daun jambu biji mengandung zat anti bakteri yang sangat kuat. Zat ini akan mengatasi serangan bakteri yang menyebabkan diare.

5. Mengobati Luka Terbuka

Luka pada tubuh kelinci bisa saja terjadi dan tidak dapat dicegah. Kelinci memang sangat senang bergerak dan berlarian. Hal ini berpotensi membuat mereka terluka karena suatu hal.

Karena itu, Anda harus selalu sedia daun jambu biji di rumah. Salah satu manfaat daun jambu biji untuk kelinci adalah bisa dipakai untuk mengobati luka luar. Daun jambu biji mengandung anti bakteri yang akan mencegah terjadinya infeksi.

Anda bisa membalurkan secara langsung hasil tumbukan daun biji pada luka terbuka yang dialami oleh kelinci. Daun jambu biji akan mensterilkan dan menyembuhkan luka dalam waktu yang cepat.

6. Alternatif Pakan Tambahan

Rasa daun jambu biji memang pahit. Akan tetapi, kandungan nutrisinya tidak perlu dipertanyakan lagi. Daun jambu biji mengandung senyawa seperti flavanoid, tanin, karotein dan polifenol yang sangat bagus untuk kesehatan kelinci.

Oleh sebab itu, Anda bisa menjadikan daun jambu biji sebagai salah satu pakan alternatif. Anda bisa memberikan selingan daun jambu biji di samping makanan-makanan harian mereka. Ini akan sangat menyehatkan.

Itulah 6 manfaat daun jambu biji untuk kelinci yang perlu Anda ketahui. Memberikan daun jambu biji pada kelinci bukanlah hal yang aneh. Kini, Anda bisa mulai menjadikan daun jambu biji sebagai salah satu menu makanan kelinci. Porsinya jangan terlalu kebanyakan. Batasi pemberian daun jambu biji dalam beberapa sajian setiap minggunya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top