8 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak pada Manusia

Burung adalah salah satu hewan yang cukup favorit dan populer untuk dipelihara. Banyak sekali jenis burung yang mudah dipelihara dan jinak pada manusia. Ada burung yang didapatkan dari alam liar, namun tidak sedikit pula yang mendapatkannya dari hasil penangkaran. Dari manapun Anda mendapatkan burung peliharaan, setidaknya cara merawat mereka tidak jauh berbeda. Dibutuhkan perhatian dan perawatan khusus serta rasa cinta untuk memelihara burung-burung tersebut.

Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak pada Pemiliknya

Alih-alih anjing dan kucing, banyak sekali masyarakat yang lebih memilih memelihara burung. Hal ini dikarenakan perawatan dan cara memeliharanya jauh lebih mudah dibandingkan dengan hewan peliharaan lain seperti anjing ataupun kucing.

Bagi Anda yang sekarang sedang berminat untuk memelihara hewan, berikut ini adalah jenis burung yang mudah dipelihara dan jinak pada pemiliknya. Diantaranya adalah :

1. Burung Lovebird

Burung jinak pertama adalah jenis lovebird. Jenis burung yang satu ini disukai karena suaranya yang bagus dan sangat menyenangkan. Di samping itu, burung lovebird termasuk burung yang mudah akrab apalagi jika dipelihara sejak kecil.

Burung lovebird memiliki warna-warni bulu yang mencolok namun sangat menarik dipandang mata. Sangat menyenangkan sekali memiliki burung indah ini di dalam rumah. Lovebird adalah jenis burung cantik dan bersuara merdu.

2. Burung Kenari

Burung yang banyak didominasi oleh warna kuning ini adalah jenis burung mungil yang suka sekali mengoceh. Kenari bahkan dilatih supaya bisa dilombakan karena suaranya yang gacor. Secara fisik, burung kenari juga menarik untuk dilihat.

3. Burung Parkit

Jika Anda ingin memiliki burung yang berbulu indah dan unik, mungkin burung parkit adalah salah satunya. Burung yang satu ini memiliki warna sayap dan tubuh yang sangat menarik. Banyak orang yang jatuh cinta dan menyukai warna-warninya.

Burung parkit termasuk burung yang hidup berkoloni. Anda bisa menempatkan beberapa burung dalam satu kandang supaya sifat koloni mereka tidak hilang. Hal ini juga bertujuan supaya mereka merasa nyaman dan tenang.

4. Burung Pleci

Burung pleci memiliki fisik yang imut, kecil dan lucu. Selain itu, burung pleci juga merupakan salah satu burung yang memiliki kicau indah. Sangat menyenangkan sekali mendengar kicauan pleci di pagi hari yang cerah.

5. Burung Perkutut

Salah satu dari jenis burung yang mudah dipelihara dan jinak adalah burung perkutut. Apalagi jika Anda memeliharanya sejak kecil, mereka pasti akan sangat mengenal pemiliknya.

Burung perkutut memiliki insting yang kuat. Mereka akan mencoba melindungi pemiliknya jika dirasakan ada tanda bahaya. Ini adalah salah satu kelebihan memelihara perkutut.

6. Burung Cockatiel

Burung cockatiel atau yang lebih populer dengan nama burung kakatua mini adalah juga jenis burung yang jinak untuk dipelihara. Jenis burung ini memiliki penampilan yang cantik dan menarik. Mereka juga senang disentuh dan mudah akrab dengan manusia.

7. Burung Jalak

Tergolong dalam jenis burung besar, namun tidak sulit untuk menjinakkan burung jalak. Burung ini sangat menyenangkan dan seringkali aman untuk diajak bermain di luar kandang. Kelemahannya adalah suaranya yang keras dan nyaring sehingga sering dianggap mengganggu tetangga.

8. Burung Merpati

Burung merpati adalah burung yang menjadi peliharaan sejak jaman dahulu. Jenis burung ini sangat jinak sekali dan bahkan bisa dilepaskan ke alam bebas. Mereka akan tetap kembali ke sarang pemiliknya.

Itulah beberapa jenis burung yang mudah dipelihara dan jinak kepada pemiliknya. Setiap burung memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri. Ada yang suka mengoceh, ada yang bulunya menarik dan lain sebagainya.

Supaya bisa mendapatkan hewan peliharaan yang menyenangkan dan membanggakan, Anda pun harus merawat dan memeliharanya dengan tepat. Pastikan kesehatannya selalu terjaga.

Leave a Reply

0
Scroll to Top