Ini Dia 6 Manfaat Jagung Manis Untuk Kelinci yang Menyehatkan

Jagung manis merupakan salah satu jenis pakan untuk peliharaan yang lucu dan menggemaskan yaitu kelinci. Manfaat jagung manis untuk kelinci sangat banyak sekali. Makanan yang satu ini tidak hanya mudah didapat namun juga merupakan jenis makanan menyehatkan untuk kelinci. Bagi Anda yang memiliki peliharaan lucu ini di rumah, yuk simak apa saja kebaikan jagung manis untuk kelinci Anda.

Manfaat Jagung Manis untuk Kelinci yang Perlu Anda Ketahui

Jagung manis tak hanya disukai oleh manusia. Makanan ini juga menjadi makanan favorit hewan peliharaan seperti kelinci. Jagung manis memiliki rasa yang sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan jagung biasa. Inilah sebabnya kelinci menyukai makanan yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung manis untuk kelinci yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Kandungan utama dalam jagung manis adalah karbohidrat. Kandungannya cukup tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan kalori untuk keperluan sehari-hari. Kita tahu bahwa kelinci adalah hewan yang cukup aktif dan membutuhkan banyak tenaga.

Selain karbohidrat, jagung manis juga mengandung banyak sekali kandungan nutrisi makanan lainnya. Vitamin dan mineralnya juga lengkap. Vitamin dalam jagung manis adalah vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C.

Sedangkan kandungan mineral dalam bahan makanan ini adalah magnesium, fosfor, zat besi, pati, gula, serat dan lain sebagainya. Semua komposisi nutrisi ini dibutuhkan oleh kelinci untuk tumbuh sehat dan aktif.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jagung manis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, tidak hanya bagi manusia namun juga bagi kelinci. Vitamin inilah yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh kelinci.

3. Mencegah Timbulnya Penyakit

Dengan tubuh yang sehat karena mengonsumsi jagung manis secara rutin, kelinci akan terhindar dari serangan penyakit. Bahkan ketika ada penyakit yang datang, daya tahan tubuhnya akan cukup mampu untuk melawannya.

Inilah salah satu sebabnya mengapa Anda harus selalu memberikan makanan sehat. Daya tahan tubuh adalah hal penting yang harus selalu dijaga. Kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya sebuah penyakit. Karena itu, mereka harus kuat secara fisiknya.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kelinci juga berpotensi untuk mengalami kolesterol tinggi. Karena itulah, Anda harus menjaga pola makan dan pemberian pakannya. Berikan makanan-makanan sehat dan bergizi serta kaya nutrisi seperti jagung manis.

Salah satu manfaat jagung manis untuk kelinci adalah mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya. Nutrisi dalam jagung manis juga akan menjaga kestabilan kondisi kolesterolnya.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kelinci yang sehat memiliki tulang yang kuat. Jagung manis mengandung kalsium yang akan menjaga kekuatan dan kesehatan tulang pada peliharaan Anda. Dengan tulang yang kuat, hewan ini akan bergerak aktif dan tidak mudah sakit atau loyo.

6. Nutrisi Penting untuk Kelinci Betina

Pada kelinci betina yang sedang menyusui, jagung manis memberikan banyak manfaat. Selain untuk kesehatannya, jagung manis juga mampu meningkatkan produksi susu kelinci.

Jika produksi susu kelinci melimpah, tentunya anak-anak kelinci akan mendapatkan makanan yang cukup. Mereka akan tumbuh sehat dan cepat dengan penambahan porsi jagung manis pada induknya.

6 manfaat jagung manis untuk kelinci di atas adalah hal penting yang harus Anda ketahui. Dengan demikian, Anda bisa memasukkan jagung manis sebagai salah satu menu pakan harian hewan lucu menggemaskan ini. Akan tetapi, pemberian jagung manis perlu dibatasi. Anda sebaiknya tidak terus menerus menyajikan jagung manis selama berhari-hari. Pastikan untuk memvariasikan pakan dengan makanan lainnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top