9 Cara Memelihara Burung Kakatua agar Pintar Mengoceh

Burung kakatua adalah salah satu jenis burung yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Namun, cara memelihara burung kakatua harus tepat supaya kecerdasan ini dapat dilatih dan dimanfaatkan. Perlu diketahui bahwa burung kakatua suka mengoceh dan bisa menyamai kemampuan burung beo dalam mengingat dan melafalkan kata-kata. Selain itu, burung kakatua juga jenis burung yang sekarang ini sudah mulai jarang dan beberapa spesies sudah dinyatakan sebegai hewan langka. Maka dari itu, diperlukan kehati-hatian dalam perawatannya.

Cara Memelihata Burung Kakatua yang Benar dan Tepat

Sejak dahulu, burung kakatua sering dijadikan peliharaan karena merupakan jenis burung yang jinak dan patuh. Selain itu, kakatua juga merupakan hewan yang setia pada majikannya. Mereka bisa merasakan marabahaya yang mengancam dan mencoba melindungi majikannya.

Jika dilatih dengan tepat, burung kakatua dapat berbicara dan bahkan berpikir seperti manusia. Selain dengan membiasakan latihan berbicara dan mengoceh, berikut ini cara memelihara burung kakatua yang tepat, yaitu :

1. Sesuaikan Ukuran Kandang

Burung kakatua haru diletakkan dalam kandang yang cukup luas supaya kesehatan mentalnya terjaga. Setidaknya, mereka membutuhkan kandang yang sedikit lebih luas untuk bergerak-gerak.

Untuk burung kakatua kecil, Anda membutuhkan kandang berukuran 70x70x100 cm. Sedangkan untuk yang sudah agak besar, berikan kandang berukuran 100x100x200cm.

2. Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Burung kakatua bukanlah jenis burung yang suka dengan sinar matahari. Mereka rawan kepanasan dan mudah silau. Oleh sebab itu, pastikan Anda menempatkannya di tempat teduh namun tetap hangat oleh sinar matahari secara tidak langsung.

3. Selalu Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang adalah hal yang paling harus diperhatikan. Jadwalkan waktu tersendiri untuk membersihkan kandang burung kakatua. Anda tidak boleh membiarkan kotoran menumpuk berhari-hari dan menyebabkan penyakit.

4. Memandikan 1 – 3 Kali dalam Satu Minggu

Mandikan burung kakatua setidaknya satu sampai tiga kali dalam seminggu. Hal ini untuk menjaga supaya kondisi bulunya selalu bersih dan sehat. Cara memandikannya pun juga harus berhati-hati dan tidak menyemprotkan air langsung dari keran.

Anda bisa memandikannya secara langsung dengan merendam burung kakatua di air hangat. Gosok bulunya dan biarkan mereka merasa bahwa Anda memperhatikan dan menyayanginya. Waktu yang tepat untuk memandikan adalah pagi hari.

5. Mengasah Paruh dan Cakar

Mengasah paruh dan cakar adalah bagian dari pendekatan Anda pada burung kakatua. Dua bagian tubuh ini adalah bagian yang penting bagi seekor burung. Jika Anda memperhatikannya, mereka akan bertambah jinak dan menurut.

6. Memberikan Pakan secara Rutin

Pemberian pakan dan vitamin termasuk dalam tata cara memelihara burung kakatua yang tepat. Memberikan pakan secara rutin dan vitamin secara berkala adalah upaya menyehatkan burung kakatua Anda.

Pastikan Anda selalu rutin memberikan makanan bergizi dan bervariasi. Tujuannya adalah agar otak mereka selalu ternutrisi dan memiliki daya ingat yang kuat.

7. Makanan yang Dilarang

Berikut ini adalah jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada burung kakatua beserta alasannya.

  • Buah Alpukat, karena mengandung persin yang bisa menyebabkan keracunan.
  • Makanan Berpenyedap, dapat menyebabkan kegemukan.
  • Daging, dapat menyebabkan kegemukan.

8. Tempatkan Pasangan Kakatua dalam Satu Kandang

Jika Anda memiliki sepasang burung kakatua, tidak perlu memisahkan kandangnya. Letakkan saja mereka dalam satu kandang besar. Hal ini bertujuan supaya kakatua tidak merasa kesepian dan selalu dalam mood yang baik.

9. Tempatkan Kandang di Lokasi yang Sering Dilewati Keluarga

Melatih burung kakatua untuk berbicara harus selalu rutin. Karena itulah, Anda bisa meletakkan kandangnya di tempat yang mudah dijangkau. Setiap kali lewat, Anda bisa memberikan umpan kata-kata yang dapat ditirunya. Sering-seringlah mengajak mereka berbicara.

Itulah 9 cara merawat burung kakatua yang tepat supaya mereka bisa mengoceh dan berbicara seperti burung beo. Dibutuhkan keuletan dan ketelatenan untuk melatih burung yang satu ini. Namun, jika Anda berhasil mewujudkannya, ini akan menjadi hal yang sangat membanggakan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top