6 Jenis Tanaman Hias Gantung Daun Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Setiap orang menginginkan rumah yang sejuk dan segar sehingga nyaman untuk ditinggali. Tidak hanya cukup itu saja, sebuah hunian haruslah menyehatkan. Salah satu alternative untuk membuat rumah sehat, bersih dan asri adalah dengan menanam tanaman hias.

Untuk Anda yang memiliki lahan sempit, Anda bisa menanam tanaman hias gantung daun karena hemat ruang. Tanaman hias ini selain memperelok pemandangan, juga bisa menyehatkan karena bisa menyerap racun dari polusi udara

Jenis-Jenis Tanaman Hias Gantung Daun

Tanaman hias yang diterapkan dengan cara digantung ini bisa untuk mempermanis dekorasi rumah terutama untuk rumah dengan gaya minimalis.

Pasalnya tanaman satu ini bisa diletakkan di mana saja dan tidak memakan tempat, seperti di atas jendela, teras atau dinding pagar. Tanaman hias satu ini juga memiliki berbagai ragam jenis, diantaranya:

1. Sirih Gading

Bentuk daun dari tanaman hias sirih gading ini mirip dengan daun sirih hanya saja terdapat corak putih di daunnya. Sirih Blaster Heart ini yang dikenal juga dengan sirih Belanda ini tidak memiliki bunga. Mereka hanya tumbuh dengan batang dan daun yang menjuntai ke bawah.

2. Lili Paris

Sejak dulu bunga lili memang terkenal sebagai tanaman hias karena warna dan bentuknya yang elok. Kini terdapat pula jenis tanaman hias lili paris atau spider plant. Dinamakan spider plant lantaran bentuk daunnya mirip dengan kaki laba-laba.

Menariknya tanaman jenis ini mudah ditanam karena mudah beradaptasi dengan berbagai macam tanah dan lingkungan. Paduan warna hijau dan garis putih tepi pada daun membuatnya semakin menarik dipandang.

3. Dischidia Geri

Jenis tanaman hias gantung daun gantung daun dishidia geri ini sangat cocok untuk menghiasi jendela rumah. Daun hijau kecil-kecil tapi rimbun ini akan tumbuh menjuntai mempercantik desain rumah. Tumbuhan yang ditanam di pot gantung ini tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga siapa saja bisa memeliharanya.

4. Sedum Morganianum

Sedum Morganianum merupakan tanaman hias di mana bentuknya hampir menyerupai kaktus. Tumbuhan satu ini memiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan air, jadi pemiliknya tidak perlu terlalu sering menyiraminya.

Hanya saja tumbuhan yang sering disebut sebagai kaktus Anggur ini harus banyak terkena paparan sinar matahari. Layaknya tanaman hias gantung lainnya, Sedom Morganium tumbuh menjuntai ke bawah dengan warna hijau pucatnya yang khas.

5. Creeping Charlie

Creeping Charlie merupakan tanaman yang berasal dari belahan negara Adi Kuasa kulit putih yakni, Amerika Selatan. Untuk menumbuhkan tanaman rambut gantung ini tidak membutuhkan waktu lama, karena mereka sangat cepat tumbuh.

Tanaman hias gantung daun ini sebaiknya ditempel ditembok pagar, karena pertumbuhannya menjalar atau merambat. Bentuk daun dari Creeping Charlie ini hampir mirip dengan daun mint.

6. Bunga Anggrek

Tidak mau ketinggalan terdapat pula bunga Anggrek yang menjadi primadona orang-orang terdahulu hingga kini. Jenis tumbuhan hias satu ini memiliki kelebihan pada masa mekar bunganya yang melebihi bunga pada umumnya. Masa mekar Bunga Anggrek bisa mencapai 6 minggu lamanya. Uniknya Bunga Anggrek ini bisa dijadikan hiasan dalam rumah.

Berbagai jenis tanaman hias di atas, bisa Anda pilih salah satunya atau semuanya sekaligus untuk dekorasi rumah Anda. Rumah Anda akan semakin nyaman dipandang, nyaman dihuni dan juga menyehatkan. Dengan menanam tanaman hias gantung daun di sekitar Anda ini, secara tidak langsung Anda telah berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan bumi.

Leave a Reply

0
Scroll to Top