Manfaat Tanaman Hias Untuk Segala Aspek Kehidupan

Tanaman hias merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dikelompokkan berdasarkan fungsi dari tanaman holtikultura. Jenis ornamental plant ini memiliki keindahan tersendiri tatkala mata memandang.

Selain menambah efek visual dan meningkatkan estetika lingkungan, ternyata makhluk Tuhan satu ini memiliki manfaat luar biasa yang banyak tidak disadari. Lantas apa saja manfaat tanaman hias itu sendiri? Mari kita simak ulasannya

Berbagai Manfaat Tanaman Hias

Tanaman hias yang memanjakan mata ini memiliki segudang manfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari aspek kesehatan, lingkungan hingga aspek ekonomi dan kecantikan. Adapun manfaat dari tanaman epic ini adalah sebagai berikut:

1. Bidang Kesehatan

Dalam dunia medis, tanaman hias diakuisisi bisa mengurangi polusi udara bahkan disebut sebagai paru-paru kota oleh McPherson. Jika diletakkan dalam ruangan, tanaman hias ini bermanfaat untuk mengurangi debu dalam ruangan karena menciptakan kelembapan.

Pada saat kita stress, seringkali merasa lebih baik saat melihat tumbuhan-tumbuhan hijau seperti tanaman hias. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman hias mampu mengurangi tingkat kesetresan individu. Dan apabila otak refresh, Anda pun akan mudah untuk lebih konsentrasi.

Tanaman hias ini juga bisa berguna untuk mengatasi migraen karena dapat menetralisir kadar karbondioksida dalam ruangan. Ada juga tanaman hias yang memiliki manfaat untuk membunuh bakteri seperti jenis eucalyptus.

2. Bidang Lingkungan

Memiliki hunian di pinggir jalan memudahkan untuk akses ke mana saja, namun sayangnya harus beradu dengan suara kendaraan yang bising.

Dengan menanam tanaman hias di area hunian, ternyata mampu meredam kebisingan tersebut. Tidak harus mewah, Anda bisa menanam tanaman hias jenis tanaman semak ataupun rerumputan karena memiliki sifat kedap udara.

Manfaat tanaman hias di dalam ruangan, bisa sebagai penyejuk ruangan, karena mengurangi intensitas cahaya sinar matahari masuk secara langsung. Selain daya tarik visual, tanaman hias dipilih juga karena bisa menarik indra penciuman seperti halnya lavender.

3. Bidang Ekonomi

Lengkap sudah manfaat dari tanaman satu ini, selain bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan, nyatanya tanaman hias ini bermanfaat pula untuk bidang ekonomi. Budidaya tanaman hias bisa membuka peluang usaha baru sehingga meningkatkan ekonomi seseorang.

Bahkan beberapa komiditi tanaman hias, memiliki nilai ekonomi tinggi hingga jutaan rupiah. Dalam dunia desain tata letak, tanaman hias ini bisa meningkatkan nilai jual property. Dengan desain landscape yang efektif, property akan terlihat lebih ciamik.

4. Bidang Seni

Tidak mau ketinggalan dengan bidang lainnya, tanaman hias juga ikut andil dalam bidang seni. Manfaat tanaman hias untuk bidang seni nampak menonjol pada nilai estetika pada ruangan.

Adanya tanaman hias ini akan membuat seseorang menjadi lebih nyaman saat berada di dalamnya. Lahan yang kosong di area rumah bisa juga ditanami dengan tanaman hias agar tampak lebih menawan dan tidak gersang.

5. Bidang Kecantikan

Dalam dunia kecantikan, tanaman hias memiliki aneka manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Seperti halnya tanaman hias bunga mawar, tanaman ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat pada kulit.

Air mawar mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa membunuh bakteri. Mawar juga bisa membantu menjaga kadar keasaman kulit sehingga kulit tidak kering. Tanaman hias lainnya juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut, menghilangkan flek hitam pada kulit hingga menyehatkan bulu mata.

Itulah manfaat tanaman hias yang bisa Anda rasakan saat Anda menanamnya. Selain untuk efek visual ataupun relaksasi, ternyata tanaman hias memiliki segudang khasiat lainnya dari segala macam aspek. Jadi apakah Anda tertarik untuk mencoba menanam tanaman hias di lingkungan tempat tinggal Anda?

Leave a Reply

0
Scroll to Top