Terlangka!!! Inilah 9 Jenis Sukulen dengan Harga Termahal dan Terlangka

Keunikan dan keindahan dari ragam bentuk, warna serta corak dari tanaman hias sukulen, menjadikan sukulen sebagai bagian dari dekorasi interior yang ciamik. Ternyata, dibalik keunikan dan keindahan ini terdapat beberapa jenis sukulen yang tidak cukup familiar di pasaran atau lebih tepatnya jenis sukulen yang langka. Tentunya semakin langka maka akan semakin mahal harga yang ditawarkan penjual. Karena ukuran, bentuk, warna, corak dan keunggulan lain yang semakin unik dan menarik akan mempengaruhi tingkat harga penjualan.

9 Jenis Sukulen dengan Harga Termahal dan Terlangka

sumber: flickr.com (Gymnocalycium)

Dilansir dari majalah Trubus dan berbagai sumber, berikut telah kami rangkum beberapa jenis sukulen dengan harga tertinggi dan juga langka pada abad ini:

1. Haworthia truncata variegata threecolor

sumber: pinterest.com

Jenis sukulen ini dikoleksi oleh Pukhao Chaksik dari Thailand yang merupakan pemilik nurseri Chornis Cabin. Ciri khas dari sukulen ini memiliki ujung daun yang transparan namun memiliki tekstur kasar.

Permukaan daunnya memiliki tiga warna yang berbeda. Kabarnya truncata dengan tinggi tanaman 10 cm terdapat di Thailand, dan pernah ditawar dengan harga Rp10 juta.

Jenis truncata yang serupa dengan variegata threecolor lainnya banyak dijual di pasaran dengan kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan.

2. Gasteria pillansii variegata

sumber: pinterest.com

Sukulen ini memiliki warna yang langka karena hasil mutasi, yakni warna merah, kecokelatan dan warna kuning. Warna ini terdapat hampir di seluruh permukaan daun dan dibanderol dengan harga Rp10 juta oleh pemilik sukulen ini.

Jenis sukulen Gasteria pilansii variegata ini merupakan salah satu koleksi dari nurseri Watuputih Yogyakarta. Jangan khawatir bila tetap ingin mengoleksi jenis sukulen gasteria pilansii, masih terdapat variasi gasteria yang banyak terdapat dipasaran dengan kisaran harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.

3. Haworthia cooperi variegata

sumber: pinterest.com

Sukulen haworthia dengan jenis cooperi ini masih termasuk ke dalam koleksi nurseri Uncle Chorn’s Cabin di Thailand yang dimiliki oleh Pukhao Chakasik. Ciri khas dari cooperi ini ialah memiliki ujung dan seluruh permukaan daun yang transparan, sehingga bagian dalam dari sukulen yang seperti jelly dapat terlihat jelas dari luar.

Hal tersebut kontras dengan tiga warna daun yang dimiliki sukulen jenis ini yakni jingga, kuning, dan cokelat. Tinggi tanaman ini sekitar 4.5 cm dengan diameter 4 cm.

Meski memiliki ukuran yang kecil dan mungil tapi memiliki nilai jual yang mencapai 200 kali lipat dari harga cooperi normal.

4. Gasteria batesiana variegata

sumber: pinterest.com

Jenis gasteria batesiana ini merupakan salah satu koleksi nurseri Rumah Pohon dari Tangerang. Sukulen ini merupakan batesiana variegata tercantik di Indonesia dengan bentuk roset yang kompak.

Sukulen jenis ini diperkirakan merupakan sukulen yang berasal dari Afrika. Usia dari sukulen di nurseri ini berumur lebih dari tiga tahun dan dibanderol dengan kisaran Rp5 juta.

5. Agave filifera kristata

sumber: Llifle.com

Jenis sukulen Agave filifera kristata merupakan hasil mutasi dari kristata yang lebarnya 10 cm. Sukulen Ageve hasil mutasi dari jenis kristata ini lebih langka dibandingkan dengan variegata. Sehingga tidak heran bila jenis sukulen ini dibanderol dengan harga 2 juta rupiah.

6. Haworthia limifolia variegata golden

sumber: pinterest.com

Jenis sukulen haworthia variegata milik salah seorang kolektor bernama Edi Sebayang dari Tangerang, merupakan variegata golden yang masih memiliki kandungan klorofil. Selain itu, jenis sukulen ini cukup mudah dalam proses perawatannya. Variegata golden ini dibanderol dengan harga Rp1.5 juta untuk tanaman yang berdiameter 5 cm.

Sedangkan untuk jenis limifolia variegata normal yang ada di pasaran dibanderol dengan kisaran Rp75.000 hingga ratusan ribu rupiah.

7. Agave victoriae-reginae variegata

sumber: pinterest.com

Sukulen agave jenis ini termasuk salah satu jenis agave yang populer. Hal tersebut dikarenakan ciri khas daunnya yang tebal, tetapi sangat cantik. Habitat di alam tumbuh pada daerah dataran rendah berbatu di daerah Meksiko.

Sukulen reginae bertipe variegata warna putih marginata memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran, yakni sekitar Rp1 juta.

8. Agave potatorum variegata

sumber: Llifle.com

Sukulen jenis ini tergolong variegata tepi atau marginata. Habitat asli dari sukulen potatorum ini ialah pada daerah subtropik Meksiko yang kering. Ketinggian tempat daerah tumbuh untuk potatorum ini sekitar 1.350-2250 m dpl.

Untuk jenis sukulan agave potatorum vagierata yang memiliki diameter 15 cm memiliki harga pasar Rp350.000.

9. Haworthia cymbiformis variegata

sumber: plantflores.com

Haworthia cymbiformis variegata ialah jenis sukulen yang berasal dari Taiwan. Sukulen ini telah diperbanyak secara massal di Pulau Formosa dengan harga yang dibanderol ialah 200 yuan atau setara dengan Rp300.000.

Hal yang membuat cymbiformis ini istimewa ialah karena memiliki variegata warna putih dibeberapa daun solid. Kandungan klorofil pada sukulen jenis ini kurang lebih sebesar 40% yang cukup untuk tumbuh dan bertahan hidup.

10. Lithops

sumber: pinterest.com

Jenis sukulen ini termasuk dalam keluarga tumbuhan es, yaitu Aizoaceae. Anggota genus ini berasal dari daerah Afrika Selatan.

Ciri khas dari jenis sukulen ini ialah variasi bentuknya yang menyerupai kerikil-kerikil warna warni pada aquarium. Tidak hanya warnanya yang beragam, coraknya pun bervariasi. Sekilas terlihat mirip biji kopi bila dilihat dari atas.

Harga yang dibanderol untuk sukulen jenis ini ialah sekitar puluhan hingga jutaan rupiah.

11. Gymnocalycium

sumber: flickr.com

Sukulen ini juga disebut sebagai chin cactus, yang merupakan bagian genus dari 70 spesies kaktus asal Amerika Selatan. Pemberian nama ini mengacu pada bunga sukulen yang kuncup tanpa adanya rambut atau duri. Ciri khas dari sukulen ini mirip kaktus dan memiliki bentuk bulat.

Sukulen gymno ini memiliki ragam bentuk dari yang biasa hingga unik dengan bentuk yang langka. Semakin unik jenis sukulen gymno makan semakin tinggi harga yang ditawarkan. Di pasaran harga dari sukulen gymno dibanderol dengan kisaran puluhan hingga jutaan rupiah.

12. Astrophytum

sumber: cactus-art.biz.com (Astrophytum ornatum forma Meztitlan)

Sukulen astrophytum atau dikenal juga dengan sebutan kaktus bintang, merupakan spesies kaktus asal Amerika Utara. Ciri khas dari sukulen ini ialah bentuknya yang bulat seperti sukulen gymno, akan tetapi tidak semua jenis astrophytum memiliki duri seperti gymno.

Corak dan bentuk dari sukulen ini pun beragam dan unik-unik. Sehingga kisaran harga yang dibanderol cukup tinggi hingga Rp2.3 juta rupiah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top