fbpx

Perbedaan Tuna, Tongkol, dan Cakalang yang Perlu Kamu Tahu

Apakah kamu tahu perbedaan tuna, tongkol, dan cakalang? Ketiga memang terlihat sangat mirip sehingga sangat sulit dibedakan, dan kerap tertukar.

image via Cyberspace and Time

Padahal jika diperhatikan secara jeli ada banyak sekali perbedaan pada ketiganya. Buat kamu yang menggemari ketiga ikan laut ini untuk santapan yang bergizi, yuk mari simak di bawah ini!

Perbedaan Tuna, Tongkol, dan Cakalang

Tuna

Fakta Ikan Tuna Serta Cara Penyimpanan Yang Baik - Jual Mesin Es  Berkualitas - Distributor Mesin Es Koller Indonesia

image via Koller Indonesia

Tuna merupakan salah satu ikan yang tubuhnya sangat besar dan berat. Sewaktu masih bagi saja berat ikan ini bisa mencapai 5 kilogram. Tuna dewasa mempunyai berat mulai dari 35 kilogram hingga 350 kilogram. Perairan Indonesia sendiri mempunyai banyak jenis tuna.

Mulai dari tuna albakora (Thumnus alalunga), tuna mata besar (Thumnus obetus), tuna sirip kuning/madadihang (Thumnus albaceres), dan terakhir, tuna sirip biru selatan (Thumnus maccoyii). Sebagian besar tuna ini diekspor ke Jepang dan Amerika Serikat.

Tongkol

Apa yang anda diketahui tentang Ikan Tongkol ? - Kelautan - Dictio Community

image via Dictio

Untuk tongkol yang sering tampil di meja makan sehingga kamu tidak asing lagi mempunyai warna yang agak gelap. Selain itu, bentuknya langsing.

Ikan yang rasa dagingnya seperti ayam ini mempunyai panjang sekitar 60 sentimeter. Punggungnya berwarna biru gelap metalik dan dan ada pola garis-garis unik seperti coretan miring. Di Indonesia jenis ikan tongkol yang umumnya disantap adalah tongkol Komo atau Eutynnus affinis.

Cakalang

Skipjack Tuna - Skipjack, Skipjack Tuna (Katsuwonus Pelamis) is dark blue  or purple along the back, while the belly and lower side… | Saltwater,  Animals, Two by two

image via Pinterest

Berkebalikan dari tongkol, cakalang mempunyai warna yang lebih terang. Warna terang itu membuatnya disebut sebagai tongkol putih. Cakalang mempunyai panjang yang sama dengan tongkol. Akan tetapi, badan sedikit lebih besar dan gemuk.

Selain itu, punggung ikan ini berwarna biru keungu-unguan dan gelap. Di Indonesia ikan ini akrab di wilayah Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua. Bahkan, cakalang merupakan salah satu ikan utama dalam sebuah hidangan. Di Indonesia sendiri terdapat satu jenis cakalang yang umum, yaitu skipjack tuna atau Katsiwonus pelamis.

Jika Fisik Saja Sudah Berbeda Bagaimana dengan Kandungan Gizi Ketiganya?

Ternyata tidak ada perbedaan mengenai kandungan gizi dari ketiganya. Baik tuna, tongkol, dan cakalang mempunyai kandungan-kandungan gizi sebagai berikut:

  • Asam lemak omega 3
  • Vitamin B6 dan B12
  • Selenium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Tiamin
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Vitamin A

Itulah perbedaan tuna, tongkol, dan cakalang yang termasuk kelompok ikan pelagis atau ikan besar. Dari semuanya tentu tuna yang paling populer, dan dihargai cukup mahal di Jepang. Semoga dengan artikel ini kamu tidak perlu bingung lagi membedakan ketiganya.

Referensi:

  1. Ashari, A. (2021). Sering Tertukar Karena Mirip, Ini Perbedaan Ikan Tuna, Tongkol, dan Cakalang – Bobo. Bobo. Retrieved 1 February 2021, from shorturl.at/svH02
  2. Linda (2021). Cermati 6 Perbedaan Ikan Tuna, Tongkol, dan Cakalang. Bacaterus. Retrieved 1 February 2021, from shorturl.at/btBS6

Leave a Reply

0
Scroll to Top