Berkebun dan Bercocok Tanam di Rumah Apa Saja Manfaatnya untuk Kesehatan?

Berkebun dan bercocok tanam di rumah bukan hanya memperindah tampilan tinggal semata atau untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

image via Bussiness Today

Tetapi, ketika kamu melakukan kegiatan-kegiatan tersebut sebenarnya kamu juga sedang memberikan manfaat bagi kesehatan dirimu, baik secara fisik dan mental.

Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan apalagi di masa pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan semua kegiatan di rumah saja.

Lalu apa saja manfaat-manfaat yang didapat bagi kesehatan tersebut? Yuk, Sobat Starfarm, mari simak bersama di bawah ini

Manfaat Berkebun dan Bercocok Tanam bagi Kesehatan

Sebagai Penjaga Daya Tahan Tubuh

Mayoritas berkebun di lakukan di luar ruangan. Saat di luar ruangan ini sebenarnya tanpa kamu sadari tubuhmu akan terpapar oleh sinar matahari.

Ketika kamu berkebun dengan menanam tanaman yang mudah tumbuh atau favorit di pagi hari, kamu punya keuntungan mendapat vitamin D dari sinar matahari tersebut.

Vitamin ini tentu saja aja akan menjaga daya tahan tubuhmu, hal yang sangat diperlukan di masa pandemi.

Keuntungan lainnya adalah vitamin D akan menguatkan tulang-tulangmu sehingga kamu juga terhindar dari Osteoporosis.

Meski begitu jangan sampai wajahmu benar-benar terpapar langsung sinar matahari yang bisa berakibat buruk pada kulit, yaitu membuat kulit terbakar.  Gunakan tabir surya atau topi untuk m mencegahnya.

Mencegah dan Memimalkan Stres serta Rasa Jenuh

Berada di rumah saja selama masa pandemi tentu saja akan menimbulkan dampak yang tidak bagus untuk kesehatan mental.

Akibatnya, kamu akan merasa stres karena merasa sudah jenuh karena hal tersebut. Tentunya hal tersebut bisa diatasi dengan urban farming di rumah.

Menanam tanaman favorit atau tanaman untuk kebutuhan pangan mandiri serta melihat perkembangannya setiap hari bisa membuat dirimu senang dan bahagia.

Tidak hanya itu, suasana hatimu pun akan semakin meningkat dan menjadi positif karena adanya hormon serotonin yang dilepas dari tubuhmu. Kamu pun merasa lebih baik.

Alternatif untuk Membakar Lemak

Tanpa disadari juga bahwa berkebun dan bercocok tanam di rumah juga mempunyai manfaat bisa membakar lemak.

Ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak sempat atau gemar berolahraga. Dengan berkebun setidaknya 1 minggu sekalipun kamu sudah membuat fisikmu aktif dan terlatih.

Hal itu didapat mulai dari mengeruk tanah untuk pot, memindahkan pot yang sudah berisi tanaman, memupuk tanaman hingga menyiram tanaman dengan ember atau selang. Setelah selesai, kamu menyadari telah berkeringat.

Menjadi Terbiasa Konsumsi Makanan Sehat

Dengan berkebun saja kamu sebenarnya juga memberi manfaat yang baik bagi tubuhmu untuk terbiasa mengonsumsi makanan sehat.

Hal ini tentu saja didapat dari tanaman-tanaman yang kamu tanam tersebut. Makanan ini tentu saja sangat baik karena mengandung nutrisi yang sangat diperlukan bagi tubuh.

Apalagi makanan yang kamu konsumsi ini langsung dari sumbernya sehingga benar-benar segar dan higienis.

Kamu pun jadi akan melupakan kebiasaan mengonsumsi makanan serba praktis seperti junk food yang sama sekali tidak menyehatkan.

Menguatkan Daya Ingat

Ingin punya daya ingat yang kuat terus-menerus bahkan hingga usia tua? Berkebunlah jawabannya.

Kegiatan ini rupanya mencegah kamu untuk terkena penyakit demensia yang kebanyakan menyerang orang-orang lanjut usia.

Bukan itu saja. Kegiatan bercocok tanam sebenarnya juga dapat mencegah beberapa penyakit yang tidak hanya dialami orang tua, tetapi juga anak muda seperti penyakit jantung, darah tinggi, dan penyakit-penyakit kardiovaskuler lainnya.

Itulah manfaat Berkebun dan bercocok tanam di rumah bagi kesehatan. Untuk hal ini tidak perlu halaman atau ruang yang luas untuk bisa berkebun di rumah. Cukup gunakan saja teknik vertikultur untuk bisa menyiasatinya.

Tidak juga perlu pot sebagai wadah. Cukup gunakan saja botol bekas air mineral atau pipa paralon yang tidak terpakai. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi, Sobat Starfarm!

Referensi:

  1. Manfaat Berkebun dan Memelihara Tanaman bagi Kesehatan. Alodokter. (2021). Retrieved 31 January 2021, from shorturl.at/ejpK3
  2. Berkebun di Rumah Memiliki Sejuta Manfaat, Sudah Tahu?. Kania. (2021). Dekoruma Retrieved 31 January 2021, from shorturl.at/opsO2

Leave a Reply

0
Scroll to Top