Kulit Hewan Ternak Bisa untuk Apa Saja?

Selain daging, susu, dan telurnya, kulit hewan ternak juga dapat dimanfaatkan terutama untuk hal-hal yang bersifat ekonomis. Selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui pemanfaatan kulit ternak seperti sapi dan kerbau hanya untuk kulit bedug dan gendang.

image via Antara Foto

Padahal, sebenarnya pemanfaatan kulit ternak tidak di situ aja. Karena rupanya kulit hewan ini juga dijadikan sebagai benda-benda dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? Yuk, simak di bawah ini!

Pemanfaatan Kulit Hewan Ternak

Kerupuk Kulit

Resep Tips Menggoreng Rambak Sapi / Kerupuk Kulit oleh Indah Riduwan -  Cookpad

image via Cookpad

Kerupuk merupakan salah satu snack atau camilan yang sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari. Orang Indonesia gemar memakai kerupuk untuk pelengkap saat makan.

Ternyata, kerupuk kulit adalah salah satu produk dari hewan ternak yang dimanfaatkan kulitnya. Hewan yang biasa dimanfaatkan adalah sapi dan kerbau. Belakangan ayam juga dengan hadirnya kerupuk ceker ayam.

Gelatin

6 Jenis Gelatin untuk Bikin Dessert, Gelatin Bubuk sampai Pektin Halaman  all - Kompas.com

image via Kompas.com

Selain kerupuk kulit, kulit ternak juga dapat dimanfaatkan sebagai gelatin. Gelatin sendiri adalah produk denaturasi kolagen. Nantinya ini banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kosmetik, bahan makanan seperti es krim, bahan untuk bidang teknik, fotografi, dan farmasi.

Sol Sepatu

Mengenal Jenis-jenis Sol Sepatu - mainbasket.com

image via mainbasket.com

Ternyata, sol sepatu juga berasal dari kulit hewan ternak. Kulit ini didapat melalui penyamakan. Biasanya yang dimanfaatkan adalah kulit sapi dan kerbau.

Kulit untuk sol sepatu ini mempunyai sifat yang tebal, dan struktur yang kuat dan padat. Sol sepatu dari kulit ini adalah sol untuk sepatu tentara, polisi, dan pekerja pabrik.

Tas dan Sampul Buku

Tips Membedakan Tas Kulit Wanita Dan Rekomendasi Tas Kulit Untuk Tampilan  Klasik Dan Elegan

image via BP-Guide

Tas juga berasal dari kulit ternak terutama dari sapi. Kulit yang digunakan bersifat elastis, kuat, dan tidak mudah dibengkokkan. Sedangkan untuk sampul buku, bahannya tidak hanya dari sapi, tetapi juga dari domba dan kambing. Sifat dari kulit ini halus.

Jaket

Jaket Kulit Domba Garut di IIMS 2018 Jadi Incaran - Otomotif Tempo.co

image via Tempo.co

Kamu mungkin tidak akan menyangka jika jaket juga dari kulit ternak. Bahannya dari kulit sapi, domba, kambing, dan kuda. Untuk jaket dari kulit ternak ini terdiri dari jenis bahannya, yaitu Nappa yang mempunyai kualitas cukup baik serta harga yang mahal, kulit anilin yang mempunyai tampilan alami, nubuck, Suede, dan split.

Wayang Kulit

Wayang kulit' craftsmanship still flourishing in Wonogiri village - Art &  Culture - The Jakarta Post

image via The Jakarta Post

Terakhir, pemanfaatan kulit ternak adalah bisa dijadikan sebagai wayang kulit. Untuk benda ini, kulit ternak yang dipakai adalah kerbau. Kulit kerbau pada wayang ini awalnya dibersihkan dulu lalu dikeringkan, dan kemudian diberi corak warna agar terlihat indah.

Seperti itulah kulit hewan ternak yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Semoga tulisan ini dapat menjadi pengetahuan bagi kamu.

Referensi:

  1. Rifki, d. (2021). Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Kulit Sapi. Kesmavet.ditjenpkh.pertanian.go.id. Retrieved 31 January 2021, from shorturl.at/orJV8
  2. Somantri, K. (2021). Bahan Jaket Kulit Asli Terbaik, Kulit Domba Sapi Kambing?. Enjoy Leather. Retrieved 31 January 2021, from shorturl.at/ahkA6
  3. Gischa, S. (2021). Jenis-Jenis Wayang Berdasarkan Bahan Pembuatannya – Kompas.com. KOMPAS.com. Retrieved 31 January 2021, from shorturl.at/bfwDF

Leave a Reply

0
Scroll to Top