fbpx

Yuk Lihat! Apa Saja 5 Manfaat Buah Leci

Pernah memakan buah leci? Bagaimana rasanya? Tentu sangat menyegarkan bukan, rasanya yang khas menjadikan setiap orang ingin memakannya lagi dan lagi. Buah leci memiliki cangkang yang behrwarna merah dengan duri kecil yang tidak tajam di sekitar cangkangnya. Buahnya berwarna putih dengan biji hitam di tengahnya. Sekilas memang mirip dengan buah kelengkeng, namun buah leci memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan buah kelengkeng.

image via idn times

Selain memiliki rasa yang sangat enak dan wangi yang khas, tentu saja buah ini juga memiliki kandungan yang cukup banyak. Beberapa kandungan yang dimilikinya seperti protein, karbohidrat, mineral, gula, vitamin C, dan mengandung banyak air.

Mengonsumsi leci dapat memberikan banyak manfaat. Misalkan beberapa manfaat di bawah ini.

1. Membantu menurunkan berat badan

Nah untuk kalian yang merasa berat badanya kurang ideal, bisa mencoba untuk memakan leci. Penelitian yang  telah dilakukan menunjukan bahwa polifenol pada leci yang telah di ekstrak bisa mengurangi lemak perut dan menurunkan berat badan looh.

2. Menjaga imunitas

Vitamin C yang dikandung oleh leci cukup tinggi. Dari satu buah leci, vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh bisa terpenuhi sebanyak 9%. Hal tersebut bisa meningkatkan imunitas dalam tubuh kita.

3. Sembelit

Leci mengandung banyak serat. Serat tersebut berfungsi untuk melunakan tinja dan juga meningkatkan pergerakan usus. Sehingga tinja akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Kesehatan tulang

Selain banyak mengandung vitamin C, di dalam leci juga terdapat kandungan Magnesium dan Fosfor. Kedua unsur tersebut bisa memperkuat tulang yang rapuh.

5. Kesehatan kulit dan rambut

Kandungan niacin, thiamin dan tembaga yang ada pada buah leci memberikan sumber nutrisi untuk kulit. Membantu metabolisme lemak dan protein, menghidrasi kulit, dan juga bisa mempercepat penyembuhan. Vitamin C juga berfungsi untuk menjaga integritas sirkulasi. Sehingga pasokan darah untuk folikel rambut terjamin.

Nah itu dia beberapa manfaat dari leci. Selain memakan buah leci secara langsung, sekarang juga sudah banyak buah leci dalam kaleng. Jadi semakin mudah untuk mendapatkannya. Meskipun manfaat leci cukup banyak dan baik untuk kesehatan, tetapi jangan terlalu berlebihan memankannya yaa.

Leave a Reply

0
Scroll to Top