fbpx

Yuk , Coba Menanam Belimbing Wuluh, dan ketahui Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh.

Belimbing wuluh memiliki nama yang sangat beragam, seperti belimbing sayur, belimbing botol, belimbing asam, belimbing buluh, atau juga dengan nama Belimbing besi. Di setiap daerah yang ada di Indonesia nama belimbing wuluh semakin beragam. Adapun nama latin dari belimbing wuluh yaitu Averrhoa bilimbi L. selain terdapat di Indonesia, buah belimbing wuluh juga tumbuh di beberapa negara seperti Sri Langka, Myanmar, Filipina, dan juga Malaysia.

images via makanhabis.com

Ukuran batang yang dimiliki oleh belimbing wuluh tidak terlalu besar, hanya sekitar 30 cm. Pohon belimbing wuluh bisa tumbuh sampai dengan ketinggian kurang lebih 5 meter. Buah belimbing wuluh berbentuk persegi yang lonjong dengan Panjang 4-6 cm. buahnya berwarna hijau, ketika sudah masak akan berubah menjadi sedikit kekuningan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak menanam belimbing wuluh. Seperti daerah mana belimbing  wuluh akan ditanam, karena sebaiknya belimbing  wuluh ditanam di daerah yang berhawa panas. Cahaya matahari yang diperlukan minimal 7 jam/hari.

Terdapat beberapa cara ketika hendak menanam belimbing wuluh, seperti dari pembibitan, okulasi atau dengan cara cangkok.

Pembibitan dilakukan dengan penyemaian biji belimbing wuluh yang sudah tua, bibit-bibit baru yang sudah di semai terlebih dahulu dipindahkan ke dalam pot atau wadah sebelum ditanam langsung ke tanah.

Cara kedua yaitu dengan menggunakan batang pohon belimbing wuluh. Batang pohon yang dipilih harus diperhatikan, usahakan batang pohon yang dipilih dari pohon yang berbuah lebat dan juga sehat.  Batang pohon tersebut nantinya terlebih dahulu direndam dengan perangsang tumbuhan sebelum ditanam.

Selain mengetahui bagaimana cara menanam belimbing wuluh, hama atau penyakit yang sering dialami juga harus diketahui. Misalnya penyakit kapang jelaga, atau kutu tanaman. Biasanya daun belimbing wuluh dipenuni bercak-bercak hitam. Selain itu ada juga penyakit bercak daun dimana warna daun akan berubah menjadi warna kuning.

Manfaat yang dimiliki oleh buah belimbing wuluh sangat banyak sekali.

1. Obat batuk
2. Obat reumatik
3. Dapat menurunkan demam dan flu
4. Mengobati pegal linu
5. Obat diabetes
6. Meredakan peradangan
7. Mengobati jerawat
8. Dapat menurunkan berat badan
9. Untuk kesehatan tulang dan gigi
10. Mengatasi sariawan

Itu dia mengenai cara menanam belimbing wuluh beserta manfaatnya. Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

0
Scroll to Top