fbpx

Waspada! Inilah Jenis Jamur Yang Mengandung Racun Mematikan

Jamur

Mungkin kata jamur sudah terdengar tidak asing lagi ditelinga kita sehari-hari. Jamur yaitu tubuh buah yang tampak dipermukaan media tumbuh dari sekelompok Fungi Basidiomycota yang berbentuk seperti payung. Kata jamur berasal dari kata latin yaitu Fungi, jamur bersifat Eukariotik dan tidak berklorofil. Jamur ini tumbuh ditempat-tempat yang berlembap dan bekerja sama dengan ganggang yang membentuk lumut Lichenes.

Wallpaper foto makro jamur coklat HD unduh gratis | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Jamur adalah tubuh buah yang tampak di permukaan media tumbuh dari sekelompok fungi Basidiomycota yang berbentuk seperti payung terdiri dari bagian yang tegak batang dan bagian yang mendatar atau membulat. Secara teknis biologis, tubuh buah ini disebut Basidium. Tidak semua jamur aman dikonsumsi manusia bahkan beberapa dianggap berkhasiat obat, dan beberapa yang lain beracun.

Berikut adalah contoh jenis-jenis jamur yang tidak bisa dikonsumsi karena mengandung racun :

1. Podostroma Cornu Dumae

Podostroma cornu-damae. | Stuffed mushrooms, Mushroom fungi, Poisonous  mushrooms
image via idntimes.com

Benua Asia termasuk Benua dimana surganya untuk jamur langka contohnya seperti Podostroma Cornu Damae. Tak seperti jamur pada umumnya, jamur ini memiliki bentuk yang sangat unik. Berbentuk panjang gempal, berwarna oranye kemerahan layaknya seperti sayur wortel. Banyak kasus keracunan yang melibatkan jamur Podostroma Cornu Damae dinegeri sakura Jepang dan negeri wajib militer Korea Selatan.

Jamur berwarna oranye kemerahan ini mengandung racun yang sangat mematikan bernama Trichothecene Mycotoxins. Mahkluk hidup apa saja yang memakan jamur ini akan langsung mengalami kegagalan dibeberapa organ tubuhnya. Pdostroma Cornu Damae bisa memberikan gejala sakit seperti sakit bagian perut dalam, bagian kulit menjadi kering dan mengelupas, rambut kebotakan, tekanan darah yang rendah, ulu hati nyeri, ginjal tak berfungsi bahkan hingga kematian.

2. Conocybe Filaris
Lima Jamur Beracun Paling Mematikan di Dunia : Okezone techno
image via techno.okezone.com

Ketika kalian berada dialam bebas misalkan sedang hiking ataupun berpetualang dengan bekal makanan yang sudah habis, jangan pernah sembarangan memakan makanan yang berada dialam bebas, jamur contohnya. Karena mengonsumsi jamur beracun bisa berakibat fatal, Apalagi jika kalian mengkonsumsi jamur bernama Conocybe Filaris.

Dilihat dari bentuknya yang terlihat tenang dan tidak aneh, jamur ini sebenarnya adalah jamur yang sangat mematikan. Banyak ditemukan didaerah Lautan Samudera Pasifik, Conocybe Filaris mengandung zat beracun yaitu Mycotoxins. Efek samping mengonsumsi jamur ini bisa muncul setelah beberapa jam sampai sehari kemudian. Kemudian gejala yang muncul yaitu perut melilit dan kembung, gangguan Gastrointestinal, dan berujung dengan ginjal yang tak berfungsi serta ulu hati yang nyeri bahkan sampai dengan titik kematian.

3. Destroying Angels

Amanita virosa, Destroying Angel mushroom
image via first-nature.com

Nama yang elegant bukan jaminan jamur itu aman untuk dikonsumsi. Destroying Angels adalah salah satu jamur dari puluhan jamur dengan nama yang elegant tapi malah beracun bahkan mematikan. Memiliki nama ilmiah Amanita Virosa. Jamur ini biasa ditemukan di antara pepohonan tua serta tekstur tanah yang lembap serta berlumut.

Bulan Juli sampai November biasanya musim kemarau bulan subur dimana jamur Destroying Angels tumbuh. Efek samping setelah memakan jamur Destroying Angels akan terasa setelah beberapa jam mengonsumsinya. setelah beberapa saat mengonsumsinya, orang akan merasakan muntah-muntah, diare, muntaber, sembelit dan nyeri perut. Ketika merasa efeknya telah hilang, setelah beberapa hari kemudian orang tersebut akan meninggal karena gagal ginjal dan kanker hati. Tak ada penawar serta obat untuk jamur yang satu ini yaitu Destroying angels.

4. Deadly Dapperling
Bisa Sebabkan Kematian, Ini 7 Jenis Jamur Paling Berbahaya di Dunia -  Tribun Palu
image via palu.tribunnews.com

Beranekaragam jenis jamur beracun mematikan yang dinamakan death, salah satunya yaitu jamur Deadly Dapperling. Bila sudah ada julukan atau kata death disuatu jamur, itu sudah pertanda keras bahwa jamur tersebut adalah jamur beracun mematikan yang tentunya tidak boleh dikonsumsi sekalipun kalian sedang lapar. Belahan Benua Eropa dan Asia adalah wilayah dimana jamur Deadly Dapperling sering ditemukan.

Memiliki nama ilmiah Lepiota Brunneoincarnata, jamur ini sering kali dicap beracun mematikan karena mengandung racun Amatoxins. Fisiknya yang memiliki kemiripan yang hampir persis dengan jamur yang bisa dimakan membuat banyak orang tertipu mengonsumsinya. Nyeri ulu hati adalah gejala yang ditimbulkan apabila mengonsumsi jamur Deadly Dapperling. Bila terus dibiarkan setelah mengonsumsinya bisa berakibat lebih fatal lagi karena bisa menyebabkan kematian.

5. Death Cap

7 Jenis Jamur yang Tidak Bisa Dikonsumsi, Tingkat Racun Tinggi hingga Bisa  Sebabkan Kematian - Tribunnewsmaker.com
image via newsmaker.tribunnews.com

Benua Eropa negara Inggris salah satunya adalah negara dimana jamur Death Cap paling banyak jatuh korban. Jamur ini masih termasuk genus Amanita yang berarti masih memiliki ikatan dengan Destroying Angels. Nama ilmiah dari Death Cap adalah Amanita Phalloides efek samping dari Death Cap juga sama dengan saudaranya yaitu Destroying Angels.

Beberapa jam setelah mengonsumsinya dalam tubuh, Death Cap dapat menimbulkan beberapa efek yaitu seperti muntah-muntah, diare, muntaber, sembelit dan rasa sakit pada bagian perut. Ketika semua efek sudah hilang dan mengira sudah akan baik-baik saja, barulah efek mematikannya akan segera tiba. Orang akan meninggal akibat gagal ginjal dan gagal hati. Death Cap pun sama dengan saudaranya yaitu Destroying Angels belum ada penawar untuk menyembuhkanya

6. Angle Wing
Kelihatan Enak Sih, Tapi 5 Jamur Ini Mematikan! - Tandaseru.id
image via tandaseru.id

Nama cantik dan elegant bisa mengecoh, dibalik nama cantik dan elegant bisa saja digunakan untuk menutupi sisi buruk halnya dengan mematikan. Angel Wing adalah salah satu jamur yang diberi nama elegant namun nama tersebut bukan berarti jamur ini aman untuk dikonsumsi. Jamur ini adalah salah satu jamur mematikan beracun didunia yang tidak boleh sampai masuk ke dalam tubuh kita.

Nama Angel yang berarti malaikat digunakan karena begitu kalian memakan jamur Angel Wing, jamur ini bisa memberikan kalian tiket menuju kematian. Sebelum diumumkan berbahaya, jamur ini dulu dikatakan aman untuk dikonsumsi. Sampai pada akhirnya banyak korban jiwa berjatuhan setelah mengonsumsi jamur Angel Wing. Belum jelas racun apa yang terkandung dalam jamur ini, namun dipercaya racun Angel Wing ini memiliki level yang sangat berbahaya yang setara dengan sianida. Pernah ada kejadian pada tahun 2009 dimana seorang kakek menutup usia karena mengalami Encephalopathy setelah memakan Angel Wing.

7. Deadly Webcap

Cortinarius rubellus, Deadly Webcap mushroom
image via first-nature.com

Jika pernah mendengar istilah ilmiah Cortinarius Rubelles, mungkin kalian tidak tahu bahwa sebenarnya jamur ini adalah jamur yang beracun mematikan jika dikonsumsi. Bila dalam bahasa Inggris, jamur ini memiliki nama Deadly Webcap. Terdapat kata Deadly yang berarti mematikan, lebih baik kalian tidak usah dekat atau malah memakan jamur yang satu ini.

Deadly Webcap sesuai dengan namanya jamur ini adalah jamur yang sangat berbahaya apabila kita mengonsumsinya. Jamur ini adalah satu dari beberapa jenis jamur web cap yang juga sama berbahayanya. Bila kalian sampai mengkonsumsi jamur ini dibeberapa hari kemudian, kalian akan mengalami flu berat, gagal ginjal, dehidrasi, diare, nyeri pada bagian ginjal, dan akhirnya susah buang air. Apabila terus dibiarkan efeknya bisa fatal hingga pada titik kematian.

8. Panther Cap
10 Jamur Beracun Di Dunia Serta Efeknya
image via tahupedia.com

Jamur jenis ini sudah tercatat telah banyak memakan jatuhnya korban. Alasannya yaitu, jamur ini memiliki bentuk yang mirip dengan jamur The Blusher atau Amanita Rubescens. Jamur The Blusher atau Amanita Rubescens adalah jenis jamur liar yang bisa aman untuk dikonsumsi.

Panther Cap memiliki nama ilmiah Amanita Pantherina, termasuk salah satu jamur beracun mematikan yang ,apabila kalian sampai tak sengaja mengonsumsi Panther Cap, kalian akan mengalami halusinasi yang sangat kuat. Sesegera mungkin menuju ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Nah itulah contoh-contoh  jenis jamur yang yang tidak bisa dikonsumsi karena mengandung racun, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang jamur beracun. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top