fbpx

“Si Biru” dan 5 Manfaatnya yang Mengejutkan!

Manfaat yang didapatkan dari bunga telang tidak hanya tentang warna birunya saja yang indah. Tetapi masih banyak ragam manfaat lainnya yang dapat dirasakan dari olahan bunga telang. Bunga telang  yang indah ini dapat diubah menjadi ragam olahan yang berkhasiat dan manfaat. Banyak ragam cara yang digunakan, salah satunya dengan cara mengeringkannya untuk dijadikan teh bunga telang. 

Manfaatnya yang beragam belum seimbang dengan jumlah tanamannya yang masih jarang dibudidayakan oleh masyarakat. Padahal budidaya si Biru cantik ini terbilang mudah, mirip dengan keluarga kacang-kacangan lainnya.

Manfaat Bunga Telang

hasil panen bunga telang warna biru

Berikut akan dijelaskan ragam manfaat yang disebabkan oleh bunga telang dari berbagai sumber informasi yang telah kami himpun. Yuk simak lebih lanjut!

1. Sebagai pewarna alami

sumber: freepik.com (olahan dari bunga telang)

Bunga telang yang bernama latin (Clitoria ternatea) merupakan tumbuhan merambat yang masih termasuk ke dalam tanamn liar asli dari daerah beriklim tropis yakni Asia Tenggara.

Warna cerah biru keunguan yang terdapat pada bunganya, dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan atau pun minuman.

Biasanya warna biru dari bunga telang didaptakan dengan cara mengekstrak bunga telang yang telah mekar sempurna dan baik.  Setelah diekstrak kemudian dicampurkan dengan olahan makanan atau minuman yang akan dibuat.

2. Menurunkan berat badan

sumber: freepik.com (menurunkan berat badan)

Mengonsumsi the dari bunga telang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan kandungan  yang terdapat dalam teh bunga telang dapat meningkatkan efek kerja hormon pembakar lemak, yaitu norepinefrin.

Sehingga proses metabolisme tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan terjadinya pembakaran sejumlah kalor dalam tubuh.

3. Mencegah penuaan dan menyehatkan kulit

sumber: freepik.com (merawat dan mempertahankan kecantikan)

Kandungan antioksidan yang tinggi dari olahan bunga telang dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dan dapat memeperlambat kerutan pada kulit. Senyawa antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal dari radikal bebas yang dapat menyebebkan kerutan pada penuaan.

Selain itu, sifat anti inflamasi dan antibakteri yang ada dalam bunga telang baik untuk kecantikan kulit. Kedua senyawa ini dapat mencegah peradangan dan mampu melawan bakteri penyebab radang pada jerawat serta meratakan warna kulit.

4. Baik untuk kesehatan mata

sumber: freepik.com (kesehatan mata)

Kandungan senyawa antioksidan atau proanthocyanidin pada bunga telang dapat membantu melancarkan aliran darah menuju kapiler mata.

Dengan begitu dapat membantu pengobatan pada penyakit glukoma, kerusakan pada retina, mata lelah,  juga pada kondisi penglihatan mata yang kabur (rabun).

5. Sebagai anti kanker

sumber: freepik.com (melawan kanker payudara)

Menurut Neda et al. (2013) dikutip dari Journal of Functional Food an Nutratical, terdapat aktivitas anti-proliferasi pada ekstrak bunga telang terhadap beberapa jenis sel kanker yang diamati para peneliti. Hasilnya menunjukan bahwa ekstrak air bunga telang mampu menghambat lini sel kanker payudara tipe MCF-7.

Akan tetapi tidak cukup efektif untuk menghambat sel kanker pada kanker payudara tipe MDA-MB231, kanker ovarium, kanker serviks, kanker pada kelamin pria dan kanker pada hati.

Selain itu, kandungan methanol yang terdapat pada ekstrak bunga telang mampu menekan aktivitas dari angiogenesis atau terbentuknya sel pemburuh darah baru yang dilakukan sel penyebab kanker.

Sumber referensi:

Marpaung AM. 2020. Tinjauan manfaat bunga telang (Clitoria ternatea L.) bagi kesehatan manusia. J. Functional Food and Nutraceutical. 1(2):1-23.

https://www.researchgate.net/publication/339728650_Tinjauan_manfaat_bunga_telang_clitoria_ternatea_l_bagi_kesehatan_manusia

Leave a Reply

0
Scroll to Top