5 Tips Menjaga Kesehatan Domba yang Mudah Dipraktekkan

Hal yang penting untuk diketahui para peternak tentang domba dan hewan ternak lainnya adalah faktor kesehatan. Kesehatan menentukan kualitas dari hewan ternak itu sendiri. Untuk itu, yuk pelajari tips menjaga kesehatan domba.

Tips Menjaga Kesehatan Domba

Kesehatan menjadi tolak ukur kecakapan peternak dalam menjalani pekerjaannya. Ketika kesehatan hewan ternak tidak dijaga, bukan tidak mungkin bahwa hewan-hewan ini mudah terserang penyakit, kurus, tidak produktif hingga mengalami kematian.

Maka dari itu, peternak perlu mengetahui tips menjaga kesehatan domba. Kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam sebuah peternakan.

Banyak faktor yang harus diperhatikan ketika kita berbicara tentang domba dan segala hal mengenai perawatannya. Namun satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu tentang bagaimana cara menjaga kesehatan dari domba-domba peliharaan.

Cara Menjaga Kesehatan Domba Mudah

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan domba yang perlu diketahui oleh peternak, diantaranya adalah:

1. Memperhatikan Pemberian Pakan dan Minum

Peternak harus mengetahui tiap-tiap kandungan gizi dari pakan yang diberikan kepada domba. Jangan hanya memberikan satu pakan secara terus menerus seperti rumput dan tidak pernah diganti-ganti. Domba membutuhkan variasi makanan supaya ia tetap dapat memperoleh gizi dan nutrisi yang memadai.

Anda bisa menambahkan pakan-pakan hijauan lain seperti daun nangka, daun kacang-kacangan dan sebagainya. Ketika dirasa gizi pakan belum mencukupi, Anda bisa menambahkan konsentrat dan vitamin tambahan. Makanan yang bergizi bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh domba ketika serangan penyakit datang.

Pastikan pula ketersediaan minum yang cukup untuk kebutuhan domba sehari-hari. Air yang Anda berikan harus bersih dan tidak tercemar kotoran atau penyakit.

Tempat pakan dan minum harus selalu dibersihkan dan dicuci dengan rutin. Hal ini bertujuan untuk menjaga kemungkinan timbulnya bakteri dan virus.

2. Memandikan dengan Rutin

Domba juga harus selalu dalam keadaan bersih. Peternak juga mesti rutin memandikan domba setiap hari supaya tubuhnya terjaga dari kuman penyakit.

Jika diperlukan, peternak dapat mencukur bulu domba secukupnya dan memotong kuku-kuku domba. Hal ini merupakan sebagian upaya pencegahan penyakit yang bisa jadi akan menyerang.

3. Lakukan Vaksinasi untuk Mengendalikan Penyakit

Ini merupakan tips menjaga kesehatan domba yang cukup penting. Jika merasa perlu, peternak bisa memberikan vaksinasi. Vaksinasi tertentu memang harus dilakukan demi pencegahan penyakit yang tidak diinginkan.

Selain itu, ketika di suatu tempat sedang terjadi wabah penyakit, vaksinasi juga harus diberikan pada domba supaya tidak ikut terserang. Jangan lupa untuk memisahkan domba yang terserang penyakit dengan domba-domba yang sehat.

4. Ciptakan Kandang yang Bersih dan Tidak Lembab

Hal terakhir yang harus diperhatikan tentang tips menjaga kesehatan domba adalah mengenai kandangnya. Kandang domba harus dalam kondisi bersih, kering, tidak lembab, serta sanitasinya terjaga. Banyak penyakit yang timbul karena kondisi kandang yang tidak memadai.

5. Mengajak Domba Berolahraga

Di sini, peternak harus meluangkan waktu untuk menggembalakan domba. Menggembalakan domba tidak hanya bertujuan untuk mencari pakan saja. Akan tetapi, menggembalakan domba akan membuat domba bergerak dan melakukan aktivitas.

Singkatnya, Anda mengajak domba untuk berolahraga. Olah raga ini akan membuat aliran darah domba menjadi lancar, melatih otot-ototnya dan menjadikan domba lebih sehat dan kuat.

Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan domba yang bisa dilakukan oleh peternak. Kesehatan domba adalah yang paling utama karena ini adalah hal yang pertama kali akan diperhatikan oleh calon pembeli.

Selain itu, hewan ternak yang sehat juga akan memengaruhi kondisi lingkungan. Jadi, pastikan hewan ternak Anda selalu sehat dan terjaga kebersihannya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top