Yuk Simak Cara Mengatasi Sapi Susah Buang Air Besar Yang Baik Dan Benar

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan karena memiliki nilai jual tinggi. Oleh karenanya setiap peternak sapi harus merawatnya dengan baik agar sapi selalu sehat. Namun apa jadinya jika hewan peliharaan ini mengalami suatu penyakit seperti susah buang air besar. Kelumpuhan usus pada saat sapi sembelit bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diatasi. Sebagai bentuk penyelamatan terhadap hewan ternak, terdapat cara mengatasi sapi susah buang air besar yang bisa dilakukan.

Cara Mudah Mengobati Sembelit Pada Sapi

Susah buang air besar atau sembelit pada hewan ternak seperti sapi biasa terjadi saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan sumber pakan hewan ternak memiliki kekurangan serat maupun asupan air. Meski sederhana, ternyata penyakit satu ini bisa menyebabkan stamina pada sapi menjadi turun.

Agar stamina sapi tetap terjaga, dan sistem pencernaan kembali normal, peternak perlu melakukan langkah-langkah pengobatan.

Berikut akan diulas mengenai cara mengatasi sapi susah buang air besar, apa saja caranya yuk simak ulasannya.

1. Tambahkan garam pada minuman

Garam disinyalir bisa merangsang rasa haus pada sapi, sehingga masalah indigesti karena sapi kurang minum pun bisa teratasi. Anda hanya perlu menambahkan garam sejumlah 1 atau 2 ons garam setiap memberi makan pada sapi. Setelah itu pastikan Anda menyediakan banyak air, agar kebutuhan cairan hewan ternak Anda bisa terpenuhi.

2. Berikan pakan konsentrat

Sumber pakan hewan ternak seperti sapi dengan kandungan serat tinggi dinilai mampu mencegah terjadinya sembelit. Nutrisi tersebut terkandung dalam makanan konsentrat seperti jagung, dedak gandum dan lain sebagainya. Dengan memberikannya secara rutin, gangguan pencernaan seperti indigesti akan dapat dicegah.

3. Daun leguminoss

Cara mengatasi sapi susah buang air besar bisa dengan menggunakan daun leguminoss. Daun leguminous atau daun kacang-kacangan bisa ditemui saat musim panen kacang tiba. Meski banyak peternak yang tak mau memberi makan berupa daun leguminoss pada sapi karena bisa bikin mencret. Namun daun satu ini bisa bermanfaat di kala sembelit melanda.

4. Berikan pakan fermentasi

Sumber pakan yang prosesnya melibatkan mikroorganisme ini bisa mengatasi masalah pencernaan sapi seperti susah buang air besar. Pasalnya bakteri baik dalam pakan fermentasi bisa menetralisir usus pada sistem pencernaan. Selain mengobati pakan fermentasi bisa juga digunakan untuk mencegah terjadinya sembelit.

5. Berikan rumput kering

Kekurangan asupan air di kala musim kemarau membuat sapi mengalami gangguan pencernaan. Namun jangan khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya. Rumput kering pada musim kemarau ternyata menyimpan segudang nutrisi dan kaya akan serat. Kandungan inilah yang bisa menjadi obat penyembuh dari susah buang air besar pada sapi.

6. Tambahkan supplement

Cara selanjutnya adalah dengan menambahkan suplemen. Suplemen yang bisa diberikan kepada sapi yang mengalami gangguan pencernaan adalah suplemen serat dan prebiotik. Fungsi dari suplemen ini untuk melunakkan tinja sapi yang besar dan keras sebagai penyebab terjadinya sembelit.

Selain keenam cara di atas, Anda juga mencegah indigesti pada hewan ternak dengan memberinya makan lebih sering namun porsinya sedikit. Anda juga perlu memastikan kebutuhan asupan air dari sapi tercukupi agar terhindar dari sembelit.

Itulah beberapa cara mengatasi sapi susah buang air besar yang bisa Anda terapkan. Agar tumbuh kembang sapi optimal, berikan sumber makan yang mengandung banyak nutrisi dan serat tinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top