Cara Membuat Pakan Ternak Domba Fermentasi Dengan Mudah

Memberikan pakan pada ternak domba Anda adalah salah satu hal utama yang harus diperhatikan agar hasil ternak memuaskan. Salah satu metodenya adalah dengan memberikan makanan tambahan berupa pakan fermentasi.

Untuk pakan jenis fermentasi ini Anda dapat membuatnya sendiri dengan beberapa langkah yang harus dilakukan secara benar. Bagi Anda yang belum berpengalaman dan tidak mengetahui cara membuat pakan ternak domba fermentasi, Anda dapat membacanya di sini.

Cara Membuat Pakan Ternak Domba Fermentasi

Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan untuk membuat pakan ternak domba fermentasi. Lakukan step demi step secara berurutan sehingga hasilnya dapat sesuai dengan standar pakan ternak fermentasi yang baik.

1. Membuat perencanaan

Sebelum memulai membuat pakan ternak domba fermentasi, akan lebih baik bila Anda membuat perencanaan. Hal ini berkaitan dengan waktu yang tepat memotong tanaman agar mendapat hasil terbaik, memasukkan pakan untuk difermentasi dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan bahan

Ada cukup banyak bahan yang harus disiapkan diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Ember plastik : siapkan ember dengan ukuran kapasitas 5 liter atau lebih
  • Terpal : sediakan terpal untuk alas yang digunakan sebagai pencampur bahan
  • Gelas ukur : gunakan gelas ukur yang memiliki skala volume besar karena nantinya akan digunakan untuk mengukur berapa liter jumlah air yang diperlukan.
  • Sekop : sekop di sini nantinya akan difungsikan untuk mencampur bahan agar lebih mudah
  • Kantong plastik atau tong plastik : kedua barang ini akan dijadikan sebagai tempat menyimpan bahan yang akan difermentasikan
  • Golok atau pisau : untuk mengiris atau mencacah bahan makanan yang akan difermentasikan
  • Sprayer : siapkan sprayer yang dapat memuat banyak cairan dan akan lebih baik bila sudah dilengkapi dengan pompa agar lebih mudah digunakan dan larutan SOC dapat tersebar dengan merata
  • Timbangan : untuk menakar seberapa berat bahan yang akan digunakan

3. Siapkan bahan

Untuk bahan yang akan dipakai, dapat menyesuaikan dengan apa yang Anda miliki. Misalnya Anda dapat menggunakan jerami, kolbis atau gedebog pisang. Berikan tambahan dedak atau bekatul, gula pasir, garam dan suplemen probiotik. Lebih direkomendasikan untuk menggunakan suplemen probiotik SOC dari HCS.

4. Langkah membuat pakan fermentasi

Langkah-langkah cara membuat pakan ternak domba fermentasi adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan terpal dan hamparkan di lokasi yang teduh untuk mengurangi resiko mati atau rusaknya inoculum.
  • Beri alas kayu di atas terpal yang akan digunakan untuk mengiris bahan makanan yang akan difermentasi dengan ukuran kurang lebih sebesar 3 x 4 cm.
  • Tambahkan dedak atau ampas tahu ke dalam pakan yang sudah dipotong dan aduklah hingga tercampur merata.
  • Selanjutnya adalah membuat larutan bibit fermentasi dengan takaran (3 tutup botol SOC) untuk 1 liter air. Berikutnya tambahkan gula pasir yang diaduk hingga larut tercampur dan diamkan campuran selama 15 menit.
  • Tunggu hingga 15 menit lalu larutan bibit fermentasi dapat dimasukkan ke 5 liter air. Campurkan hingga semuanya larut dengan baik.
  • Setelah itu taburkan 250 gram garam ke bahan dan aduk hingga merata.
  • Lanjutkan dengan memasukkan bahan pakan ke kantong plastik atau tong plastik dan tutup rapat sehingga kedap udara kurang lebih selama 1 hingga 3 jam.

5. Pakan sudah bisa diberikan kepada ternak Anda

Nah, itulah cara membuat pakan ternak domba fermentasi yang bisa Anda coba. Dengan pakan ternak fermentasi ini domba Anda akan lebih cepat gemuk karena kebutuhan nutrisinya terpenuhui.

Proses fermentasi akan membuat nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh. Agar dapat beradaptasi, berikan pakan fermentasi tersebut dalam rentang waktu tertentu. Biasanya treatment ini diberikan selama 7 hari. Semoga informasi yang disampaikan dapat membantu Anda dalam membuat pakan fermentasi.

Leave a Reply

0
Scroll to Top