Tindakan dan Cara Membantu Kambing Melahirkan Secara Mandiri

Selain kerbau dan sapi, kambing menjadi salah satu jenis hewan ternak yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Hewan yang satu ini dikenal mudah untuk dikembangbiakan. Kambing bisa menghasilkan keturunan dalam waktu yang cepat. Sebagai peternak kambing, Anda bisa mempelajari cara membantu kambing melahirkan agar tidak bingung ketika masa melahirkan ternak Anda telah tiba.

Kambing memiliki keseriusan tersendiri dalam proses persalinannya. Jika Anda tidak bisa membantu ternak Anda melahirkan, maka bisa saja berakibat fatal. Anak kambing bisa lahir dengan tidak selamat. Pelajari beberapa cara untuk membantu kambing Anda melahirkan di bawah ini.

Cara Membantu Kambing Melahirkan

Bagaimana cara membantu kambing melahirkan ? Sebenarnya, cara membantu kambing melahirkan tidak terlalu sulit. Yang dibutuhkan hanyalah keberanian untuk bertindak. Ada beberapa hal yang bisa menjadikan kambing sulit dalam melahirkan. Beberapa hal yang bisa membuat kambing sulit melahirkan antara lain :
a. Induk kambing memiliki pinggul sempit
b. Bayi kambing terlalu besar
c. Posisi janin tidak normal atau sungsang
d. Janin mati sebelum dilahirkan
e. Induk kambing lemah

Jika kambing mengalami hal-hal di atas, maka Anda harus siap untuk membantu kambing melahirkan dengan serius.

1. Siapkan kain yang bersih

Untuk mempersiapkan kelahiran kambing, Anda harus mempersiapkan kain yang bersih. Ini menjadi langkah atau cara membantu kambing melahirkan paling awal. Siapkan pula air hangat untuk membersihkan cairan pada kambing yang baru lahir serta alat kelamin induknya.

2. Luangkan waktu untuk menunggui proses melahirkan

Sebagaimana manusia, kambing pun juga memerlukan penanganan yang cepat ketika melahirkan. Ada baiknya pemilik kambing untuk menunggui proses kelahiran bayi kambing. Peternak bisa meluangkan waktunya untuk menunggu proses pembukaan hingga bayi kambing lahir dengan normal.

Proses melahirkan kambing biasanya berjalan normal. Namun, bukan tidak mungkin jika kambing yang Anda miliki memiliki cara melahirkan spesial atau bayi kambing sulit keluar. Jika tidak ditunggui, bayi kambing bisa lahir dengan cacat atau bahkan justru induknya yang akan mati.

3. Pastikan tangan Anda steril

Cara membantu kambing melahirkan selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa tangan Anda telah steril alias bersih. Peternak juga harus mengetahui apakah posisi bayi kambing normal atau tidak. Hal ini bisa diketahui ketika bagian kambing sudah terlihat.

4. Bantu anak kambing untuk lahir

Ketika sebagian kambing sudah terlihat dan keluar dalam posisi normal, Anda bisa membantu menarik anak kambing dengan irama sesuai dengan irama dorongan induk kambing. Hal ini perlu dilakukan dengan penuh hati-hati. Jangan sampai Anda menarik kambing dengan paksa.

5. Bersihkan lendir

Sebagaimana bayi yang baru lahir dan penuh lendir, anak kambing pun demikian. Anda harus membersihkan lendir yang ada pada mulut dan hidung anak kambing. Bersihkan menggunakan lap lembut sehingga anak kambing bisa bernapas dengan baik.

6. Memberikan pertolongan pada anak kambing

Jika anak kambing yang lahir tidak menunjukkan tanda-tanda bernapas, pegang kedua kaki kambing dan angkat dengan posisi menggantung. Ayun-ayunkan agar sirkulasi darah kambing berjalan lancar. Periksa pula bagian mulut apakah ada lendir yang mengganggu atau tidak.

7. Potong tali pusar

Jika anak kambing sudah bersih, ikatlah tali pusar sepanjang 5 cm dari perut kambing dan potonglah bagian bawah ikatan. Untuk menghindari infeksi, berikan obat luka pada bagian tali pusar yang diputus.

8. Bersihkan kandang

Jika kambing sudah dibersihkan, maka bersihkanlah kandang. Gantilah dengan jerami yang baru Berikan susu jika anak kambing tidak mau menyusu induknya.

Jangan sampai Anda meremehkan cara membantu kambing melahirkan . Ini sangat penting dan vital untuk membantu anak kambing lahir dengan sehat dan selamat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top