Cara Mengobati Perut Sapi Yang Kembung Mudah Dan Aman

Sebagai salah satu hewan ruminansia, sapi juga mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kandungan gas dalam rumen yang berlebihan. Penyakit yang dikenal dengan bloat ini jika tidak ditangani dengan tepat, ternyata bisa menyebabkan kematian lho. Oleh karena itu sebagai peternak sapi, sebaiknya mengetahui cara mengobati perut sapi yang kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Sapi

Pola konsumsi pakan yang salah menjadi faktor penyebab perut kembung pada sapi seperti halnya rerumputan basah dan kurang berserat. Sebagai upaya pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari pemberian leguminosa 100%. Lalu, sebaiknya berikan ternak rerumputan atau jerami yang sudah kering. Apabila sudah terjadi gejala perut kembung pada sapi seperti perut bagian kiri membesar, peternak harus segera mengobati.

Adapun cara mengobati perut sapi yang kembung adalah sebagai berikut:

1. Trokarisasi

Metode trokarisasi merupakan sebuah metode mengatasi perut kembung yang dilakukan menggunakan trocar dan cannula. Tandai perut sapi pada titik tulang pinggul, rusuk akhir dan transverssus processus, kemudian tusukan cannula di tengah ketiga titik tersebut. Keluarkan gas secara perlahan dengan cara menarik trocar, dan masukkan obat antizymotik. Apabila Anda tidak berani untuk melakukannya, sebaiknya pasrahkan saja ke dokter hewan.

2. Posisikan kaki

Perut kembung akibat gas berlebihan ini bisa diatasi dengan menempatkan kaki ternak pada posisi yang lebih tinggi. Agar gas dalam perut keluar, buka mulut sapi dengan kayu melintang dan lilitkan ke samping hingga kepala sapi.

3. Obat anti bloat

Cara mengobati perut sapi yang kembung dan mudah dilakukan oleh peternak adalah dengan memberinya obat anti bloat. Bahan aktif dimethicone dengan takaran yang tepat dinilai mampu mengatasi perut kembung sapi. Dosis yang biasa digunakan adalah 100 ml anti bloat dicampur dengan 500 ml air.

4. Stomach tube

Cara aman dan meminimalisir trauma pada sapi yang mengalami perut kembung adalah stomach tube. Alat yang berbentuk selang dengan diameter standar 1,5-2.0 cm ini dimasukkan ke mulut sapi. Agar tube tidak terkunyah oleh sapi gunakan bantuan speculum logam. Fungsi dari alat ini bisa untuk pengobatan dan pengambil getah lambung.

5. Tambahkan yogurt

Yogurt atau probiotik mengandung bakteri baik yang bagus untuk sistem pencernaan. Untuk mengatasi perut kembung, Anda bisa menambahkan probiotik baik berbentuk cair, bubuk, tablet, maupun kapsul pada pakan ternak. Suplemen ini bisa Anda beli di toko-toko peternakan. Selain itu suplemen ini bisa mengatasi diare pada sapi.

6. Minyak kayu putih

Tidak jauh berbeda dengan manusia, cara mengobati perut sapi yang kembung bisa juga menggunakan minyak kayu putih. Kandungan eukaliptol pada minyak berfungsi untuk mencegah dan mengobati perut kembung. Anda cukup mengoleskannya pada bagian perut sapi

7. Ramuan Asam Jawa, Gula Merah dan Kunyit

Jika Anda berada di daerah yang banyak tanaman herbalnya, Anda bisa mencoba ramuan satu ini untuk mengatasi perut kembung pada sapi. Cukup dengan asam jawa, gula merah, dan kunyit yang direbus, Anda bisa menghemat anggaran untuk biaya perawatan sapi kembung.

Demikian cara mengobati perut sapi yang kembung dan mudah untuk dilakukan. Apabila perut kembung pada sapi tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter hewan. Jangan sampai masalah kelalaian dalam menangani perut kembung sapi menyebabkan nyawa sapi melayang. Hingga akhirnya menimbulkan kerugian finansial dan tenaga.

Leave a Reply

0
Scroll to Top