Cara Memilih Bibit Kambing yang Bagus Agar Cepat Beranak Pinak

Kambing merupakan salah satu jenis ruminansia yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Binatang ini sangat mudah dibudidayakan. Terlebih lagi Sumber Daya Alam hayati di Indonesia yang melimpah ruah sehingga peternak bisa mencari pakan kambing dengan mudah. Peternak harus paham tentang cara memilih bibit kambing yang bagus agar cepat beranak pinak.

Perkembangbiakan kambing terbilang cukup mudah. Anda bisa melakukan penyilangan dari satu jenis kambing ke jenis lainnya agar terlahir kambing yang sangat sehat dengan jenis yang baru. Bibit kambing yang baik adalah bibit yang sehat dan tidak berpenyakit. Syarat ini mutlak harus dipenuhi. Selain akan menghasilkan anakan yang sehat, betina yang sehat bisa menghasilkan susu yang banyak untuk menyusui anak-anaknya.

Tips Memilih Bibit Kambing Bagus

Lantas, bagaimana cara memilih bibit kambing yang bagus ? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Pilih induk betina berkualitas

Agar bisa menghasilkan keturunan yang bagus, maka penting bagi Anda untuk memilih indukan yang baik. Syarat induk betina yang berkualitas adalah memiliki badan yang besar dan tidak terlalu gemuk. Bulunya bersih dan mengkilap.

Kemudian, Anda bisa melihat bagian kakinya yang terlihat kokoh. Umur indukan yang berkualitas adalah lebih dari satu tahun atau telah mengalami birahi dalam waktu kurang dari satu tahun. Lihat pula bentuk alat kelaminnya normal dan tidak menggantung. Puting susu berjumlah dua. Ukurannya simetris dan normal.

2. Pilih induk jantan berkualitas

Anda juga harus mempelajari cara memilih bibit kambing yang bagus dari segi indukan jantan. Pilihlah indukan jantan dengan tampilan yang besar dan bagus. Pastikan umur indukan tersebut di atas 1,5 tahun. Anda juga harus memastikan bahwa kambing jantan yang dipilih sebagai indukan sehat, tidak cacat, merupakan keturunan kembar, dan memiliki nafsu kawin yang tinggi.

3. Melakukan seleksi

Seleksi harus dilakukan agar Anda benar-benar bisa mendapatkan indukan yang berkualitas. Tanpa melakukan seleksi, maka Anda tidak akan tahu kemampuan produksi dari setiap kambing. Lakukan proses seleksi mulai dari melihat penampilan fisik, tinggi, berat badan, bentuk gigi, hingga bentuk kaki. Kemudian, perhatikan pula kemampuan produksi serta anak-anakan dari kambing tersebut sebelumnya.

4. Karakter kambing

Memilih karakter kambing yang bagus akan membuat kambing yang Anda hasilkan juga berkualitas. Karakter kambing yang sehat bisa dilihat dari matanya yang berseri. Kemudian, kambing jantan yang baik memiliki sifat agresif dan tidak memiliki cacat pada bagian alat kelaminnya. Sedangkan untuk betina yang baik adalah betina yang memiliki tingkah laku normal dan keibuan.

5. Bedakan ciri khusus kambing jantan dan betina

Cara memilih bibit kambing yang bagus selanjutnya adalah dengan membedakan ciri khusus pada kambing jantan dan betina dengan sebaik-baiknya. Untuk ciri khusus kambing jantan adalah memiliki buah zakar yang panjang dan sifat jantannya terlihat jelas seta nyata.

Sedangkan untuk ciri khusus dari bibit betina adalah bentuk kambingnya yang besar dan rasanya lembut ketika dipegang. Jangan lupa, perhatikan bulunya. Bulu betina yang baik sangat halus dan lembut. Anda pun bisa melihat urat-urat pembuluh arah pada bagian bawah kulit ambing. Puting susu terlihat simetris dengan ukuran yang besar.

Perhatikan catatan riwayat dari kedua bibit agar menghasilkan kambing yang benar-benar sehat dan normal. Anda bisa mencatat pemilihan calon bibit sehingga Anda tidak akan melewatkan ciri-ciri bibit kambing yang baik.

Jangan lupa, tulislah penyakit-penyakit yang pernah diderita hingga penyakit kronis yang pernah dialami oleh si calon indukan. Semua cara memilih bibit kambing yang bagus bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mendapatkan ternak kambing yang berkualitas.

Leave a Reply

0
Scroll to Top