Mudahnya Cara Ternak Domba Modern, Yuk Ikuti

Seiring berkembangnya jaman, banyak orang yang berinovasi untuk melakukan hal secara modern yang lebih hemat waktu dan praktis. Hal tersebut ternyata juga berlaku dalam dunia peternakan seperti menggunakan cara ternak domba modern. Dengan menggunakan metode ini Anda akan mendapat beberapa keuntungan seperti domba yang mudah besar, lebih cepat beranak, modal lebih kecil dan lain sebagainya. Untuk Anda yang berniat berternak domba, alangkah baiknya mencoba metode modern ini agar hasilnya memuaskan.

Tips Dan Cara Ternak Domba Modern

Beberapa tips dan cara ternak domba modern yang dapat dicoba adalah sebagai berikut ini :

1. Memilih domba indukan

Hal pertama yang paling penting penting sebagai cara ternak domba modern adalah dengan memilih induk yang berkualitas dan sehat. Ini adalah point penting untuk mendapat domba yang mutunya tinggi, memuaskan dan berkualitas. Ciri fisik domba yang baik adalah yang sehat, lincah, tidak cacat fisiknya dan tidak sakit.

2. Membuat kandang

Point selanjutnya yang harus dilakukan untuk membuat kandang adalah mencari lokasi yang sesuai untuk domba. Cari tempat yang sekiranya tidak terlalu berisik, nyaman dan cukup luas. Sebagai solusi, Anda dapat meletakkannya di samping atau di belakang rumah.

Pastikan ternak Anda tidak akan mengganggu tetangga dengan suara ataupun bau kotorannya. Sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah domba yang akan menghuninya. Berikan juga penutup pada kandang agar domba tidak kepanasan dan nyaman.

3. Perawatan domba

Untuk mendapatkan domba yang sehat, berkualitas dan harga jualnya tinggi, Anda harus memperhatikan cara perawatannya. Beberapa perawatan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini :

  • Mandikan domba dengan teratur agar terhindar dari berbagai penyakit dan bakteri. Kotoran dan pakan yang menempel di tubuhnya dapat menjadi sumber penyakit yang berbahaya.
  • Memotong kuku domba juga harus dilakukan dengan rutin dan jangan sampai tumbuh terlalu panjang dan menjadi sarang kotoran yang dapat menyebabkan penyakit.
  • Beberapa jenis domba modern memiliki banyak bulu yang dapat tumbuh dengan cepat. Oleh karena itu Anda harus rajin memangkasnya agar bulu tidak terlihat kumal, lebih rapi dan terlihat fresh.

4. Pemberian pakan

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam cara ternak domba modern adalah pemberian pakan. Berikan makanan yang bernutrisi sehingga kebutuhan gizinya terpenuhi. Anda dapat memberikannya rumput segar yang mudah didapatkan di sekitar Anda.

5. Makanan bernutrisi

Selain rumput hijau, Anda dapat memberikan pakan tambahan yang bernutrisi. Solusi pertamanya adalah pakan domba fermentasi yang bisa dibuat dari campuran pakan hijau, dedak dan campuran lainnya yang akan lebih mudah diserap nutrisinya.

6. Membersihkan kandang

Bersihkan kandang dengan teratur dan jangan malas. Ini adalah salah satu tantangan yang dihadapi oleh para peternak baru yang belum berpengalaman. Kebersihan kandang adalah point penting agar domba tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

7. Pemberian air

Sediakan air yang cukup sehingga domba tidak kekurangan air dan tubuhnya selalu terhidrasi. Jangan lupa bersihkan tempat minumnya dan menambahkannya saat sudah hampir habis.

8. Memberikan vaksin

Untuk membuat tubuh domba kebal dari virus, jangan lupa berikan vaksin secara teratur. Ini akan membuat domba Anda sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

9. Menggembala

Cara yang bagus untuk menghindarkan domba dari stress adalah dengan menggembalakannya. Dengan membiarkan domba berlarian ke sana kemari di alam bebas dapat membuatnya lebih bahagia karena berada dalam kandang terus menerus akan membuatnya merasa terisolasi.

10. Mengawinkan domba

Hal terakhir yang harus dilakukan agar sukses dalam beternak adalah mengawinkan domba betina dan jantan agar lebih cepat bereproduksi. Kenali tanda-tanda domba ingin kawin dan Anda dapat membiarkannya melakukan perkawinan pada waktu yang tepat.

Itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara ternak domba modern agar segera mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini membantu dan Anda dapat memperoleh hasil yang diinginkan dan memperoleh banyak keuntungan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top