Cara Ternak Sapi Skala Rumahan Dengan 13 Tips Yang Mudah

Apakah Anda sedang memiliki rencana beternak sapi? Bagi Anda yang pemula dan belum memiliki banyak modal, Anda dapat melakukannya dalam sekala kecil dahulu. Sebelumnya, akan lebih baik bila Anda sudah mendapatkan ilmu cara ternak sapi skala rumahan agar nantinya dapat memprediksikan berapa biaya yang dibutuhkan.

Dengan perhitungan biaya perawatan dan keuntungannya, Anda dapat memprediksikan berapa keuntungan yang akan didapatkan. Selain itu, Anda juga harus tahu perawatannya agar sapi dapat tumbuh maksimal sesuai dengan keinginan pasar.

Cara Ternak Sapi Skala Rumahan

Berikut ini adalah beberapa cara ternak sapi skala rumahan yang dapat Anda coba :

1. Memilih bibit

Hal yang paling utama adalah dengan memilih bibitnya. Pilih sapi yang berkualitas berdasarkan bentuk badan, kaki, telinga dan mukanya. Cek satu persatu anggota badannya dan pastikan tidak ada yang cacat, dapat bergerak dengan normal, aktif dan nafsu makannya bagus.

2. Pemberian makan

Hal penting lainnya yang tidka boleh terlupa adalah dalam hal pemberian makanan. Beberapa pakan yang dapat digunakan antara lain adalah limbah pertanian seperti jerami padi, jerami kacang, jerami jangung, legume, kacang-kacangan dan rumput. Anda juga dapat menggunakan pakan penguat yang berasal dari konsentrat dan serat. Catatan penting yang harus Anda ketahui adalah pakan hijau yang akan diberikan harus dalam keadaan layu. Jika masih basah dan segar dapat mengakibatkan sapi kembung dan memicu diare.

3. Kebersihan kandang

Hal penting selanjutnya sebagai cara ternak sapi skala rumahan adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Cara ini dapat menjauhkan sapi dari berbagai penyakit seperti kutu atau antrax. Bersihkan kandang seusai sapi buang kotoran agar tidak banyak bakteri yang dapat menyerangnya. Buatlah kandang sapi yang cukup mendapatkan sinar matahari, tidak terlalu lembab, ruang gerak yang sesuai.

4. Jauhkan dari permukiman

Anda harus menjauhkan kandang sapi dari permukiman agar bau kotorannya tidak mengganggu dan menyebarkan penyakit. Jika terpaksa harus dekat dengan permukiman, pastikan Anda dapat menjaga kebersihannya.

5. Menyediakan air bersih

Jangan lupa untuk menyuplai air bersih untuk minum sapi agar kebutuhannya terpenuhi. Lakukan pengisian air minimal 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari.

6. Berikan vitamin alami

Berikan vitamin alami yang berasal dari bungkil kedelai, dedak padi, bungkil kacang tanah, ampas tahu atau dedak. Beberapa makanan tersebut dapat menjadi vitamin bagi sapi agar terhindar dari penyakit dan tumbuh sehat. Berikan yang paling mudah Anda dapatkan dan disukai sapi.

7. Pakan pilihan

Beberapa jenis makanan sapi yang direkomendasikan diantaranya adalah rumput gajah, rumput benggala untuk sumber tenaga. Selain itu ada lamtoro, desmodium sebagai sumber protein dan kaliandra yang dapat dijadikan campuran makanan ternak.

8. Mencegah penyakit

Cegahlah penyakit pada sapi dengan memberikan makanan yang sehat dan variatif,hindarkan sapi dari stres, bersihkan kandang dan sapi secara teratur.

9. Mandikan sapi

Cara ternak sapi skala rumahan ialah dengan memandikannya. Mandikan sapi setiap hari atau seminggu 2 kali agar kulitnya tidak banyak ditempeli kotoran dan sisa pakannya. Setelah dimandikan, seluruh tubuhnya dikeringkan dengan cara diajak berjalan-jalan atau dijemur sebentar.

10. Membersihkan kandang

Bersihkan kandang 3 kali seminggu dan akan lebih baik bila saat kandang dibersihkan, sapi dikeluarkan terlebih dahulu.

11. Takaran dan waktu memberikan makan

Dalam memberikan makanan, ada takaran yang harus Anda ketahui dan setiap pakan juga harus diberikan pada waktu tertentu.

12. Memaksimalkan hasil

Agar Anda memiliki pemasukan lebih dari ternak sapi, Anda dapat memanfaatkan kotorannya untuk dijadikan pupuk dan dijual.

13. Panen

Untuk memanen sapi, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pasar. Bila memang sudah ada yang berminat membelinya, Anda harus menjaganya dan pastikan sapi tidak cacat atau sakit karena akan berpengaruh pada harga.

Semoga beberapa tips dan cara ternak sapi skala rumahan di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin melakukannya. Semoga Anda mendapatkan keuntungan yang berlebih dan memperbesar usaha ternak sapi yang dirintis.

Leave a Reply

0
Scroll to Top