4 Tips Memilih Hewan Qurban Agar Tidak Salah Beli

Di hari Idul Adha, umat muslim berbondong-bondong untuk menyembelih hewan qurban sebagai salah satu bentuk syukur mereka kepada Allah SWT. Moment yang indah ini juga menjadi moment yang cukup menguntungkan bagi para peternak hewan qurban seperti sapi dan kambing. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang mampu meraup keuntungan berjuta-juta rupiah dalam beberapa hari dari hasil berjualan hewan qurban. Munculnya pedagang hewan qurban dadakan ini membuat kita seringkali was-was akan kualitas hewannya. Untuk itu, perhatikan cara memilih hewan qurban yang baik berikut ini agar tidak keliru menentukan pilihan.

tips memilih hewan qurban star farm


Panduan Tips Memilih Hewan Qurban sesuai Syariat


Memilih hewan qurban tidak bisa dilakukan secara sembarangan apalagi ibadah yang satu ini sudah ada ketetapan dan syariat yang mengaturnya. Sebelum Anda membeli seekor hewan qurban, hendaklah Anda mempelajari apa aja dan bagaimana saja hewan yang bisa dijadikan qurban, seperti jenis, usia, ciri fisik dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah tips memilih hewan qurban yang sesuai dengan ketentuan dari Allah SWT, yaitu:

  1. Hewan yang bisa dijadikan qurban adalah unta, sapi, kerbau dan kambing. Hewan yang paling banyak dijadikan qurban di Indonesia adalah sapi dan kambing.
  2. Pilihlah hewan yang sudah cukup usia. Ketentuan usianya adalah unta berusia minimal 5 tahun, sapi dan kerbau berusia minimal 2 tahun dan kambing berusia minimal 1 tahun. Tanda yang biasa ditemukan adalah sudah lepas gigi susunya dan berganti dengan gigi yang baru. Gigi susu berbentuk kecil dan runcing sedangkan gigi tetap atau penggantinya berbentuk besar dan rata.
  3. Pastikan hewan qurban dalam kondisi sehat dan tidak kurus. Hal ini bisa diperhatikan dari bentuk tubuhnya. Tidak nampak tulang rusuk yang menonjol, mata cekung dan tubuh yang lemas. Periksa juga kondisi lubang hidung dan jumlahnya. Pastikan bersih dan tidak berlendir atau berair.
  4. Hewan qurban tidak boleh memiliki cacat tubuh seperti cacat telinga, cacat kaki, ataupun cacat mata.

Itulah tadi tips memilih hewan qurban yang baik dan sesuai dengan ketentuan. Ibadah qurban merupakan perintah dari Allah kepada umat muslim yang mampu, jadi pastikan apa yang Anda qurbankan merupakan yang terbaik dan berkualitas agar bernilai dan mendapatkan pahala yang besar. Jangan sampai tertipu harga hewan qurban yang murah namun ternyata tidak sesuai dengan syariat agama Islam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *