Ketentuan dan Jenis Hewan Qurban Sesuai Syariat Agama, Yuk Pelajari!

Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Hari di mana orang-orang muslim yang tergolong mampu secara perekonomian melakukan qurban atau menyembelih hewan dan membagikannya pada saudara muslim lainnya yang kurang mampu. Berqurban merupakan salah satu aturan dalam agama Islam yang mengajarkan untuk berbagi agar semua orang merasakan kebahagiaan yang sama. Namun, sudahkah Anda memahami dengan benar apa saja yang menjadi ketentuan dan jenis hewan qurban yang diatur dalam Islam? Yuk simak ringkasan berikut.

ketentuan dan jenis hewan qurban

Ketentuan dan Jenis Hewan Qurban

Tidak semua hewan bisa digunakan sebagai hewan qurban. Ayam, bebek, dan angsa adalah beberapa contoh hewan yang tidak bisa diqurbankan. Menurut Al quran dan Al hadist, hewan yang merupakan jenis hewan qurban adalah unta, sapi, kerbau, dan kambing. Jadi, selain hewan-hewan tersebut tidak bisa digunakan untuk ibadah qurban.

Berqurban adalah salah satu ibadah dalam agama Islam. Sebagaimana ibadah yang lainnya, qurban juga memiliki tata cara dan ketentuan yang harus dipenuhi agar ibadah qurban tersebut menjadi sah dan diterima oleh Allah. Ketentuan dan jenis jenis hewan qurban sudah diatur dalam Al quran dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi, umat muslim saat ini hanya tinggal mematuhi dan mengikutinya saja.
Berikut ini ketentuan hewan qurban. Diantaranya adalah :

  1. Kambing harus mencapai usia minimal 1 tahun atau lebih dari itu dan gigi susunya sudah tanggal.
  2. Sapi dan kerbau harus mencapai usia minimal 2 tahun atau lebih dan juga sudah berganti gigi.
  3. Unta harus mencapai usia minimal 5 tahun.
  4. Hewan qurban tidak boleh memiliki cacat seperti cacat telinga, cacat kaki ataupun ekornya. Hal ini berarti hewan qurban harus memiliki fisik yang sempurna.
  5. Hewan qurban harus dalam keadaan sehat dan tidak kurus atau tulang-tulangnya menonjol.
  6. Kambing atau domba atau biri-biri bisa digunakan untuk qurban satu orang
  7. Sapi atau kerbau bisa digunakan untuk qurban oleh 7 orang secara bersama-sama.
  8. Unta bisa digunakan qurban untuk 10 orang secara bersama-sama.

Ibadah qurban merupakan ibadah yang dilakukan sekali dalam setahun yakni pada Idul Adha. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah yang satu ini. Jika Anda berniat untuk melaksanakan ibadah qurban tahun ini, berhati-hatilah dalam memilih hewan qurban terutama yang Anda beli dari pedagang dadakan. Pilihlah hewan yang sesuai dengan ketentuan dan jenis hewan qurban agar ibadah Anda bisa sempurna sesuai syariat yang ditetapkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *