4 Keutamaan Fungsi Hewan Qurban di Akhirat

Ada banyak fungsi hewan qurban di akhirat yang telah disebutkan di dalam Al-Qur’an. Selain merupakan bentuk berbagi terhadap sesama, ternyata banyak fungsi lainnya yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Untuk membantu mendalami mengenai manfaat berqurban lebih jauh, berikut ini diuraikan fungsi berqurban. Setidaknya, ada 4 fungsi utama berqurban yang berhubungan dengan akhirat.

fungsi hewan qurban Star Farm


4 Fungsi Hewan Qurban yang Perlu Diketahui

Empat fungsi hewan berqurban di akhirat adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bentuk pengampunan dosa
    Fungsi yang utama adalah sebagai bentuk pengampunan dosa di akhirat kelak. Salah satu hadist meriwayatkan bahwa setiap tetesan darah dari hewan qurban merupakan bentuk pengampunan atas dosa-dosa. Kelak darah-darah tersebut akan membantu mengurangi dosa di akhirat.
  2. Bekal pahala di akhirat
    Yang kedua adalah sebagai bekal pahala di akhirat kelak. Berqurban merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan merupakan bentuk kecintaan tertinggi kepada Tuhan. Hal ini telah disebutkan dalam Al-Qur’an melalui surat As-Shafaat ayat 102. Dengan banyaknya pahala, maka insyaallah akan melancarkan urusan di akhirat nanti.
  3. Memudahkan urusan di akhirat
    Fungsi yang ketiga dari hewan qurban adalah untuk membantu mempermudah urusan di akhirat kelak. Hal ini seperti yang telah diriwayatkan dalam hadist HR. Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al Hakim. Ketiganya meriwayatkan bahwa hewan qurban yang disembelih itu nantinya akan datang pada hari kiamat kelak. Bahkan disebutkan pula bahwa dalam hadist yang sama bahwa sebelum darah qurban menetes menyentuh tanah, pahala akan berqurban sudah diterima di sisi Allah.
  4. Kemudahan meniti di atas shirat
    Manfaat hewan qurban di akhirat lainnya adalah sebagai tunggangan ketika meniti shirat pada hari akhir kelak. Manfaat yang luar biasa ini merupakan sabda Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Karena banyak sekali manfaatnya untuk masa akhir kelak, maka disarankan bagi umat Muslim untuk memuliakan hewan qurban atau Hari Raya Idul Adha. Dengan memuliakan Idul Adha, fungsi hewan qurban di akhirat bisa didapatkan dan akan menjadi berkah bagi yang melaksanakannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *