5 Syarat Hewan Qurban Agar Syah

Anda ingin berqurban tahun ini? Sudahkah mengetahui syarat hewan qurban? Dalam berqurban, hewan yang akan diqurbankan tidak boleh sembarangan dan harus memenuhi syarat sesuai dengan kaidah Islam. Allah SWT telah menyebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk berkurban, terutama dalam persoalan hewannya. Setiap muslim hendaknya memahami hal ini sehingga dalam melaksanakan qurban hukumnya syah.

syarat hewan qurban star farm

5 Syarat Hewan Qurban Menurut Islam

Berikut ini lima syarat hewan qurban yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk berqurban.

  1. Hewan qurban yang dianjurkan
    Syarat sah pertama berqurban adalah memperhatikan hewan yang akan diqurbankan. Kesepakatan ulama yang disebutkan oleh Imam Nawawi ialah bahwa hewan yang boleh diqurbankan merupakan jenis hewan ternak atau bahimatul an’am. Contoh hewan yang masuk dalam kategori ini adalah sapi, unta, kambing atau domba dan biri-biri.
  2. Status kepemilikan hewan
    Syarat sah selanjutnya adalah mengenai status kepemilikan hewan qurban. Syariat Islam mengajarkan bahwa kepemilikan hewan harus dalam cara yang halal. Hal ini berarti hewan dibeli dengan uang halal, bukan hasil curian.
  3. Umur hewan
    Perhatikan usia hewan yang akan dijadikan qurban. Ada perbedaan batas umur untuk setiap jenis hewan. Batas umur untuk unta adalah sudah lebih dari lima tahun, untuk sapi harus lebih dari dua tahun sedangkan untuk kambing atau domba adalah lebih dari satu tahun.
  4. Kesehatan hewan
    Kesehatan hewan juga menjadi syarat sah berqurban. Hewan yang boleh dijadikan qurban harus dalam kondisi sehat, tidak cacat fisik seperti pincang, tidak kurus dan tidak buta.
  5. Memahami sistem berqurban
    Berqurban boleh dilakukan dengan rombongan dan telah diterangkan jelas oleh agama Islam. Untuk qurban unta, maksimal satu unta adalah mewakili rombongan sepuluh orang. Sedangkan untuk sapi maksimal tujuh orang untuk satu sapi. Sedangkan untuk kambing atau domba harus secara perorangan, tidak bisa dilakukan secara rombongan atau patungan.

Setelah memahami syarat sah hewan qurban di atas, kini Anda bisa mulai mempersiapkan rencana berqurban Anda. Anda bisa memilih hewan qurban terbaik agar diterima oleh Allah SWT.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *