Budidaya Ikan Air Tawar; Inilah 3 Jenis Ikan paling Populer

Belakangan ini, usaha budidaya ikan air tawar banyak diminati karena menguntungkan. Selain itu, pengelolaannya cukup mudah. Dengan penduduk yang cukup banyak, kebutuhan akan ikan di Indonesia akan semakin meningkat sehingga sangat potensial untuk produk perikanan. Berbagai jenis ikan air tawar kini mulai banyak dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan protein. Dari sekian banyak jenis ikan, ada tiga jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan.

budidaya ikan air tawar Star Farm

3 Jenis Ikan untuk Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

Berikut ini tiga jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

  1. Ikan nila
    Ikan pertama yang paling populer adalah ikan nila. Ikan nila mudah dibudidayakan dan perawatannya cukup mudah. Bahkan, gangguan penyakit yang mungkin timbul jauh lebih sedikit dibandingkan ikan lainnya. Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya nila juga tidak begitu lama. Sebab, nila merupakan ikan yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat. Setidaknya, hanya butuh 4-6 bulan dalam pembudidayaan hingga masa panen tiba.
  2. Lele
    Tidak hanya ikan nila, ikan lele juga menjadi pilihan untuk bisnis budidaya ikan air tawar. Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang paling efisien untuk dibudidayakan. Perawatannya pun mudah dan merupakan jenis ikan yang mudah berkembang. Pertambahan besar lele bergantung terhadap makanannya dengan rasio satu dibanding satu. Artinya, jika ikan lele diberi pakan 1 kg, maka akan dihasilkan pertambahan berat lele sebesar 1 kg.
  3. Ikan mas
    Ikan mas di Indonesia tidak hanya dibudidayakan untuk dikonsumsi. Akan tetapi, beberapa jenisnya ada yang dijadikan ikan hias. Jenis ikan ini sangat cocok dengan kondisi geografis Indonesia yang berada di kawasan tropis karena memiliki suhu ideal untuk berkembang biak. Membudidayakan ikan mas tidaklah sulit, bisa dengan kolam tanah, kolam dengan air deras maupun jaring terapung. Proses pembudidayaan ikan mas bisa memakan waktu kurang lebih 5 bulan hingga ikan telah siap konsumsi.

Demikian informasi jenis-jenis ikan air tawar yang populer dibudidayakan. Jika Anda tertarik untuk budidaya ikan air tawar, Anda bisa mencoba salah satu dari ketiga ikan di atas dalam skala kecil terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *