Yakin Madu Anda Asli? Simak Ciri-Ciri Madu Asli Original Disini!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu merupakan cairan kental yang mengandung banyak khasiat, terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Beberapa kandungan madu yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya vitamin C, chrysin, pinobaksin, pinocembrin, dan katalase.

Banyaknya khasiat madu membuat permintaan akan madu di pasaran juga semakin banyak. Hal ini terkadang menjadi celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat madu palsu demi meraup keuntungan. maka dai itu, Anda haru jeli sebelum membeli madu. Pastikan Anda mengetahui ciri-ciri madu asli dan palsu sehingga mendapatkan madu yang benar-benar asli. Dengan begitu, khasiat madu yang didapatkan akan optimal.

Ciri-ciri Madu Asli Original Tanpa Campuran

Berikut ciri-ciri madu asli yang dapat menjadi bahan referensi Anda sebelum membeli madu, yaitu:

  1. Warna madu asli adalah cokelat keemasan

Bagi Anda yang akan membeli madu asli pastikan bahwa warnanya adalah cokelat keemasan. Selain itu, terdapat kotoran dari serbuk sari dan sisa hancurnya rumah lebah karena penyaringan. Namun Anda masih bisa terkecoh jika memastikan madu asli dari segi warnanya. Karena saat ini banyak oknum yang dapat membuat madu palsu berwarna mirip dengan madu asli. Maka dari itu, perhatikan pula ciri-ciri madu asli lainnya.

  1. Madu akan mengendap jika dicampur dengan segelas air

Ketika madu asli dimasukkan ke dalam segelas air, maka madu akan mengendap di dasar gelas. Anda bisa mencoba tekhnik ini untuk memastikan keaslian madu, yakni tuangkan madu ke dalam segelas air. Jika madu mengendap dan tidak bercampur dengan air meski telah diaduk, berarti madu tersebut asli.
 

  1. Madu asli tidak membeku meskipun disimpan dalam freezer

Madu asli mengandung kadar air yang rendah. Dengan begitu, ciri madu asli dalam kulkas tidak akan membeku. 
 

  1. Madu asli akan bergelembung saat dipanaskan

Saat madu asli dipanaskan, maka yang terjadi adalah muncul gelembung. Berbeda dengan madu palsu dengan kadar gula tinggi yang akan berbuih jika dipanaskan. 
 

  1. Madu asli tidak akan disukai semut 

Madu asli mengandung enzim murni yang beraroma kuat, sehingga semut tidak akan suka mengerubuti madu. Apabila madu Anda disukai semut, maka madu tersebut adalah palsu karena kadar gulanya tinggi.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui ciri khas madu asli, kan? Lebih berhati-hatilah sebelum membeli madu agar tak tertipu oleh oknum yang bertanggung jawab. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *