8 Tips Memilih Burung Perkutut Bangkok yang Bagus dan Bersuara Panjang

Salah satu jenis burung peliharaan yang cukup diminati lantaran suaranya yang unik adalah perkutut bangkok. Bagi Anda yang berminat memiliki peliharaan ini, berikut tips memilih burung perkutut bangkok yang bagus dan berkualitas unggul.

Perlu diketahui bahwa di dunia ini, ada lebih dari 25 jenis burung perkutut. Namun, yang paling menarik memang dari jenis perkutut bangkok. Burung ini memiliki tipikal suara kung yang ngebass, panjang dan ndlosor. Tidak sedikit perkutut bangkok yang menang dalam perlombaan kicau burung.

Tips Memilih Burung Perkutut Bangkok

Sekilas, burung perkutut lokal dan perkutut bangkok memang nampak serupa. Akan tetapi, keduanya merupakan jenis yang berbeda. Warna bulu perkutut lokal cenderung berwarna cokelat sedangkan perkutut bangkok lebih pada coklat cerah atau coklat keputihan.

Berikut ini adalah tips memilih burung perkutut bangkok yang bagus suara dan kualitasnya, yaitu :

1. Kepala

Carilah burung perkutut bangkok yang bagus dengan kepala yang agak panjang dengan leher jenjang atau panjang. Kepalanya harus berbentuk lonjong seperti buah pinang. Leher jenjangnya adalah penghasil suara panjang dan merdu.

2. Leher

Burung perkutut yang mampu menghasilkan suara panjang adalah yang memiliki leher lebih panjang. Bentuknya lurus ke depan dengan bagian pangkal lebih besar dan menggembung. Pastikan burung pilihan Anda memiliki leher yang jenjang.

3. Bentuk Mata

Periksa bagian mata burung ini. Pupil mata perkutut bangkok berukuran besar dengan sorot yang tajam. Lingkarnya jelas, tebal dan besar. Secara keseluruhan, mata burung ini nampak pucat.

4. Bentuk Paruh

Perhaitkan bentuk paruhnya. Perkutut bangkok memiliki bentuk paruh yang tebal namun ukurannya tidak terlalu panjang. Hidungnya terletak lebih maju ke depan dengan lubang yang ditutupi bulu halus tak nampak.

5. Badan

Temukan burung yang memiliki tubuh yang atletis dan kekar namun tidak gemuk. Selain itu, perkutut bangkok memiliki dada yang bidang dengan warna bulu lebih terang. Hanya saja, bagian punggung burung ini terlihat sedikit bungkuk.

6. Kaki

Tips memilih burung perkutut bangkok yang bagus untuk lomba adalah memilih burung yang memiliki kaki berwarna hitam agak kemerahan. Anda juga bisa memilih yang warnanya merah keunguan. Bagian telapak kakinya membekas warna putih.

Kaki perkutut bangkok sangat kuat dalam mencengkeram. Jika dihasilkan dari penangkaran, perkutut bangkok biasanya akan dilengkapi dengan gelang kaki atau ring sebagai identitasnya.

7. Ekor

Meskipun bertubuh besar dan atletis, burung perkutut bangkok memiliki ekor yang terbilang pendek. Namun, carilah perkutut yang ekornya pendek. Perkutut yang bagus ditandai dengan ekor yang tumpul atau papak.

8. Suara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, burung perkutut bangkok banyak dipelihara karena suara panjangnya. Oleh sebab itu, jika Anda memang ingin burung yang bersuara bagus, cek juga suara burung perkutut bangkok saat berbunyi.

Pada dasarnya suara burung perkutut bangkok dibedakan menjadi tiga bagian yaitu suara depan, suara tengah dan suara ujung.

  • Suara Depan
    Burung perkutut bangkok yang bagus memiliki suara yang dalam dan panjang. Jika didengarkan secara sekilas, burung ini seperti menyebutkan kata “Kung”. Jadi, carilah perkutut yang suara kung depannya bisa panjang.
  • Suara Tengah
    Ciri suara tengah perkutut bangkok adalah renggang, tekanan jelas dan tegas. Suara burung ini juga membekas dalam jiwa.
  • Suara Ujung
    Pada suara ujung, burung ini akan menghasilkan bunyi yang bulat, panjang dan mengalun. Jika burung pilihan Anda menghasilkan ketiga bunyi sesuai cirinya ini, bisa dipastikan itu adalah burung perkutut bangkok yang bagus.

Itulah beberapa tips memilih burung perkutut bangkok yang bagus dan unggul. Jika Anda menemukan perkutut bangkok seperti ini, maka burung tersebut sangat ideal untuk dijadikan peliharaan. Anda juga bisa mengikutkan mereka dalam lomba-lomba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top