Perbedaan Ikan Koki Jantan dan Betina yang Perlu Anda Ketahui

Ikan koki merupakan salah satu ikan hias yang populer, banyak peminatnya dan banyak pula yang membudidayakannya. Jika Anda ingin menjadi peternak ikan koki, setidaknya Anda harus tahu perbedaan ikan koki jantan dan betina.

Bagi yang sudah ahli, membedakan ikan koki jantan dan betina bukan perkara yang sulit. Pada dasarnya, kedua jenis ikan ini memang memiliki ciri fisik yang cukup berbeda dan sangat mudah diamati.

4 Perbedaan Ikan Koki Jantan dan Betina

Kesuksesan peternak ikan koki bergantung pada kemampuan mereka merawat ikan-ikan hias ini. Peternak harus mampu membedakan mana ikan yang berjenis kelamin jantan, betina, ikan yang sakit, ikan sehat, ikan muda dan lain sebagainya.

Mengetahui perbedaan ikan koki jantan dan betina bukan hal yang terlalu sulit. Mereka mudah dibedakan dari bentuk fisiknya saja. Namun, jika Anda ingin mengetahui ilmunya secara lebih mendalam, silahkan simak uraian berikut ini.

1. Postur Tubuh

Ikan koki adalah jenis ikan hias yang mudah dikenali. Warnanya unik, postur tubuh menarik serta mudah sekali untuk dikembangbiakkan. Membedakan jenis kelamin ikan koki juga sangat mudah sekali yaitu melihat dari postur atau bentuk tubuhnya.

Anda bisa melihat ikan koki dari arah atas saat mereka berenang. Ikan koki jantan memiliki bentuk tubuh ramping atau cenderung langsing. Sedangkan ikan koki betina memiliki postur gendut di bagian perutnya.

2. Bintik Putih

Ikan koki jantan memiliki sebuah ciri khusus yaitu bintik putih yang terdapat pada sirip depan. Jika ikan koki Anda diketahui memiliki bintik putih, maka tidak salah lagi jenis kelaminnya adalah jantan.

Bintik ini tidak akan ditemui pada ikan koki betina. Sirip depan ikan koki betina nampak mulus dan tidak ada bercak atau bintik apapun.

3. Beda Penampang Anus

Penampang anus pada ikan koki jantan dan koki betina juga sangat berbeda. Pada ikan koki jantan, penampang anus terlihat samar, rata atau homogen jika dilihat dari sisi samping. Sedangkan pada ikan koki betina, penampang anus terlihat menonjol.

Hal ini dikarenakan perbedaan fungsi dari penampang anus tersebut. Ikan koki betina akan menghasilkan telur-telur untuk perkembangbiakan. Sedangkan ikan koki jantan, anus hanya dipergunakan untuk membuang sisa kotoran saja.

4. Perilaku Saat Birahi

Perbedaan ikan koki jantan dan betina selanjutnya adalah tingkah laku mereka saat sedang mengalami birahi. Saat musim kawin, ikan koki jantan akan bersikap agresif dan mengejar-ngejar ikan koki betina.

Ikan koki jantan mendekati, berenang dengan menghimpit dan terus berada dekat ikan koki betina. Namun, ikan koki betina akan selalu mencoba untuk menghindar dan bersikap pasif.

Selain saat masa kawin, Anda juga bisa membedakan ikan koki jantan dan betina dengan mudah. Cobalah untuk memasukkan ikan betina dalam akuarium berisi ikan koki. Ikan koki jantan dalam akuarium akan mengejar-ngejar dan bersikap agresif.

Sedangkan, ikan koki betina yang lain akan bersikap acuh dan cuek terhadap kehadiran ikan koki betina yang baru. Ini adalah sebuah teori yang bisa Anda coba untuk melihat perbedaan antara si jantan dan betina.

Dengan mengetahui jenis kelamin ikan koki sejak dini, sebagai peternak, Anda akan mengetahui dengan jelas apa yang harus dilakukan. Bagaimana yang harus dilakukan, trik dan tips dalam merawat mereka supaya bisa berkembangbiak dengan baik.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui perbedaan ikan koki jantan dan betina sebelum mulai budidayanya. Semakin banyak ilmu dan pengetahuan Anda, semakin mudah Anda menguasai jalan sukses beternak ikan koki. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top