fbpx

Tidak Hanya Kaya Akan Vitamin C, Ini Dia Sederet Kandungan Lemon dan Manfaatnya

Buah Lemon terkenal sekali dengan kandungan Vitamin C-nya yang tinggi. Bahkan dalam satu buah lemon saja, kebutuhan vitamin C harian dapat terpenuhi sebanyak 92%. Sehingga lemon banyak dijadikan sebagai penambah daya tahan tubuh.

Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah lemon juga memiliki beberapa kandungan lain yang pastinya baik untuk tubuh. Seperti karbohidrat, yang tersusun atas gula (Glukosa, Fruktosa, Sukrosa). Lemon juga mengandung serat yang berperan penting untuk kesehatan. Kandungan vitamin lainnya yang terdapat pada lemon yaitu B1, B2, B3, B5 dan Vitamin E.

image via Merdeka.com

Terdapat juga senyawa tumbuhan seperti Hesperidin, Diosmin, Erioctirin, Asam sitrat, dan D-Limonene. Senyanyawa-senyawa tersebut memiliki fungsi dan perannya masing masing untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat lemon untuk kesehatan yaitu:

1. Kesehatan jantung

Senyawa Hespirin dan diosmin  yang ada pada lemon mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu serat vitamin c yang dimiliki oleh lemon berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah batu ginjal

Penyakit batu ginjal dapat dicegah oleh Asam sitrat yang terdapat pada lemon. Hal tersebut dikarenakan asam sitrat dapat meningkatkan kadar ph Urine dan volume Urinasi.

3. Mencegah anemia

Selain dengan mengonsumsi daging, ikan, dan ayam anemia juga dapat dicegah dengan mengonsumsi lemon. Zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat dipenuhi. Selain itu vitamin C dan Asam sitrat juga dapat membantu penyerapan gizi dengan mudah.

4. Melancarkan pencernaan

Air lemon hangat dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan yang terdapat pada lemon dapat membantu buang air besar menjadi teratur.

5. Sistem kekebalan tubuh

Vitamin c memang dikenal bisa memberikan antibodi tambahan. Maka dari itu lemon dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh,

6. Perawatan gigi

Buah lemon dapat menghentikan pendarahan pada gusi. Sehinggga bau busuk atau masalah lainnya dapat teratasi. Perawatan gigi sangat penting sekali untuk dilakukan.

7. Perawatan rambut

Masalah rambut seolah sudah menjadi masalah sehari hari. Utamanya pada perempuan. Ketombe, rambut rontok dan masalah yang lainnya dapat diatasi dengan lemon. Biasanya cara yang digunakan yaitu dengan mengaplikasikan air lemon kepada rambut secara langsung.

Manfaat lemon seolah tak ada habisnya. Dilihat dari kandungannya lemon memang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Leave a Reply

0
Scroll to Top