fbpx

Ikan Bawal? Ada Apa Aja Sih Jenisnya?

Ikan tawar menjadi jenis ikan yang banyak dikonsumsi, karena keberadaanya mudah di temukan di banyak tempat. Terutama di tempat-tempat yang lumayan jauh dengan laut. Ikan mas menjadi salah satu ikan yang cukup terkenal sebagai ikan tawar. Tapi bukan hanya ikan mas yang menjadi primadona, ada juga jenis ikan lain yang banyak digemari. Ya ikan bawal.

Ikan bawal tersebar di negara Brazil, Amerika dan juga Asia. Ikan bawal memiliki beberapa warna, bergantung pada jenisnya. Pertumbuhan ikan bawal juga sangat cepat, dalam 3 bulan saja berat yang dihasilkan bisa mencapai 1 kg. ikan bawal menjadi salah satu ikan yang termasuk ke dalam karnivora.

Ada beberapa jenis ikan bawal yang sudah di kenal.

1. Bawal putih

Image Via melekperikanan.com

Selain air tawar, ikan bawal juga bisa hidup di air payau. Seperti jenis bawal putih ini. dia bisa hidup di air tawar maupun air payau. Di Indonesia ikan ini dapat ditemukan seperti di pantai Timur, bagian laut jawa, atau timur Sumatera. Bentuknya seperti belah ketupat. Makanan yang dimakanannya berupa udang, ikan kecil dan juga plankton. Ukuran tubuhnya berkisar 15-20 cm dengan Panjang berkisar 29 cm. Bawal dewasa dapat memiliki berat mencapai 1,5-2 kg.

2. Bawal hitam

image via WorkAmerica.co

Ikan bawal hitam dapat ditemukan di beberapa daerah seperti perairan Sulawesi selatan, Selat Malaka, Laut Jawa dan diperairan Kalimantan. Bentuknya seperti belah ketupat yang pipih. Warnanya lebih kepada abu-abu keunguan. Sama seperti bawal putih, bawal hitam juga biasanya memakan udang atau ikan-ikan yang berukuran kecil. Sudah banyak yang mulai membudidayakan ikan bawal hitam ini, karena nilai jualnya yang tinggi.

3. Bawal air tawar

image via lautikan.net

Ikan bawal air tawar memiliki beberapa perbedaan dengan bawal putih atau hitam. Dari bentuk tubuh, ikan bawal air tawar memiliki tubuh yang cenderung lebih bulat dengan warna abu-abu gelap atau hitam, ukuran ikan bawal air tawar juga lebih besar. Ada sedikit warna orange pada bagian atas tubuhnya. Pertumbuhan ikan bawal air tawar cukup cepat. Berat maksimal yang dimiliki mencapai 2 kg. ikan bawal air tawar tersebar dibeberapa Kawasan seperti, Taiwan, Amerika, Malaysia, dan juga Indonesia.

Itu dia beberapa jenis ikan bawal yang ada, dan banyak dikenali di indonesia. Ikan bawal memang memiliki nilai yang tinggi sehingga banyak yang membudidayakannya. Rasa dari ikan bawal juga enak, dan bisa dijadikan banyak masakan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top