fbpx

3 Contoh Limbah Pertanian Sebagai Pakan Ternak Sumber Energi!

Pakan merupakan aspek yang krusial bagi keberlangsungan hidup hewan ternak. Oleh karena itu, keberadaannya sangat penting dan harus selalu tersedia kapan pun. Namun jenis pakan khususnya hijauan seringkali tidak mencukupi kebutuhan ternak terutama bagi ruminansia. Maka pemanfaatan limbah pertanian menjadi salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan pakan.

 Limbah Pertanian
Sumber : Molases dari canva.com

Limbah Pertanian Sebagai Pakan Ternak Sumber Energi

Limbah pertanian yang melimpah dan cenderung tidak memiliki harga, ternyata berpotensi sebagai pakan ternak. Berikut ini, tiga contoh limbah pertanian yang bisa digunakan sebagai pakan sumber energi bagi ternak.

Limbah Pertanian
Sumber : Cassava, Sugar Cane, Banana, Molases dari canva.com

Yuk, simak penjelasannya yah!

1. Kulit Singkong (Ubi Kayu)

Ketersediaan kulit singkong sebagai limbah pertanian sangat berlimpah. Pengusaha olahan singkong seringkali membiarkan kulit singkong ini terbuang begitu saja.

Padahal, jika ditinjau dari kandungan nutrisinya, kulit singkong memiliki potensi sebagai pakan ternak sumber energi. Hal ini karena adanya kandungan pati berupa BETN pada kulit singkong terbilang cukup tinggi.

Berikut tabel kandungan nutrisi kulit singkong:

Sumber : Kulit Singkong dari dairy feed IPB

Kulit singkong tentu tak bisa diberikan secara utuh kepada hewan ternak Anda. Perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu, mengingat adanya kandungan asam sianida pada tanaman singkong termasuk kulitnya.

Oleh karena itu, salah satu cara mengurangi kandungan antinutrien ini adalah dengan pemanasan atau pengeringan. Setelah itu, kulit singkong yang telah kering dan bersih, dapat diberikan kepada hewan ternak sebagai tambahan pakan sumber energi.

2. Batang Pisang

Tanaman pisang ternyata tak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja loh. Batang pisang atau biasa disebut gedebok pisang ini memiliki potensi sebagai pakan ternak.

Batang pisang pun seringkali tak memiliki harga karena biasa hanya diambil buahnya saja dan batangnya dibiarkan membusuk.

Sementara seperti yang kita ketahui bahwa ketika musim kemarau tiba, produktivitas hijauan pakan ternak tidak optimal. Sehingga penggunaan batang pisang ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan nutrisinya pun termasuk cukup baik dan mendukung untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

Berikut tabel nutrisi dari batang pisang:

Sumber : Batang Pisang dari dairy feed IPB

Namun, karena batang pisang memiliki kandungan serat kasar yang relatif tinggi, sehingga tidak bisa diberikan dalam jumlah yang banyak. Meskipun bisa diberikan secara langsung, namun pengolahan seperti fermentasi akan meningkatkan kandungan nutrisinya.

Dilansir dari laman Badan Litbang Pertanian Kalimantan Selatan, batang pisang dapat dijadikan pakan alternatif dengan melakukan fermentasi batang pisang yang dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, kemudian ditambahkan pakan tambahan seperti dedak dan molases. Setelah itu, dimasukkanke dalam wadah tertutup dan kedap udara agar terjadi proses fermentasi.

3. Limbah Industri Tebu

Beberapa limbah pertanian dari industri tebu yang sudah umum digunakan sebagai pakan ternak adalah daun pucuk tebu dan molases.

Untuk memaksimalkan potensi daun pucuk tebu sebagai pakan bagi ternak, maka perlu pengolahan lanjutan karena kandungan serat kasar yang tinggi serta protein dan kecernaan yang rendah jika diberikan dalam kondisi segar.

Dilansir dari laman Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, pucuk tebu dapat diolah dengan tiga cara, yaitu dalam bentuk silase, wafer ransum komplit, dan pellet.

Berikut ini tabel nutrisi daun pucuk tebu:

Sumber : Daun Pucuk Tebu dari dairy feed IPB

Molases merupakan hasil samping dari industri gula yang mengandung sukrosa yang cukup tinggi. Molases menjadi salah satu bahan campuran dalam ransum karena merupakan pakan sumber energi dan memiliki palatabilitas yang tinggi. Umumnya menjadi bahan tambahan untuk pembuata pakan fermentasi seperti silase.

Berikut tabel nutrisi silase:

Sumber : Molases dari dairy feed IPB

Nah, itulah informasi mengenai limbah industri pertanian yang berpotensi sebagai pakan ternak. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, maka tak heran jika ketiga contoh limbah industri di atas menjadi pakan sumber energi bagi ternak. Ingin mencoba salah satunya?

Cek bagaimana memanfaatkan molases atau tetes tebu dalam pembuatan pakan fermentasi silase rumput gajah dan pakan fermentasi kambing ini yah!

Sumber:

Dairy Feed IPB
BBP2TP “Pemanfaatan Pucuk Tebu Untuk Pakan Sapi”
BPTP Kalimantan Selatan “Pemanfaatan Batang Pisang sebagai pakan Alternatif Ternak Ruminansia”

Leave a Reply

0
Scroll to Top