fbpx

6 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Cymbopogon citratus merupakan nama latin dari serai. Serai atau sereh menjadi salah satu jenis rempah yang banyak ditemukan pada masakan. Karena memiliki wangi yang khas, serai biasanya digunakan untuk mengharumkan masakan dan meningkatkan aroma . manfaat serai yang lainnya juga beragam.

images via Dekoruma.com

Selain dijadikan sebagai rempah masakan, serai juga sering dibuat minuman yang hangat. Serai juga bisa diolah menjadi minyak serai dengan cara mengekstraksi daun dan batangnya. Minyak ini lah yang memiliki fungsi yang cukup banyak.

Sejak zaman dahulu Serai sering dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat.

Banyak fungsi dari serai, ini dia beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

1. Anti bakteri dan anti jamur

Minyak serai yang mengandung minyak atsiri dapat dengan efektif melawan bakteri dan jamur. Misalnya pada infeksi kulit, pneumonia, infeksi darah. Juga dapat mecegah tumbuhnya jamur, misalnya kutu air dan kurap.

2. Kesehatan sistem pencernaan

Secangkir teh serai ternyata dapat mengurangi kembung dan kram perut. Selain itu juga dapat menghindari penyakit sembelit. Bakteri patogen yang ada pada sistem pencernaan dapat dibunuh oleh kandungan yang ada pada serai.

3. Menurunkan tekanan darah

Adanya kalium yang terkandung dalam serai ternyata bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi pada tubuh. Sifat dieuretik yang ada pada serai dapat membantu membuang garam dan air.

4. Menurunkan kadar gula

Selain dapat menurunkan tekanan darah, serai juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Racun yang ada di dalam pankreas dapat dikeluarkan, sehingga pankreas dapat meningkatkan cara kerjanya.

5. Meredakan flu

Meskipun tidak dapat mengobati flu. Gejala flu seperti demam dan hidung tersumbat juga dapat diturunkan oleh teh serai.

6. Dapat menghindari gigitan nyamuk

Aroma khas yang dimiliki oleh serai ternyata mampu mengusir nyamuk. Karena wangi khas tersebut ternyata tidak disukai oleh serangga (nyamuk). gigitan nyamuk dapat mengakibatkan gatal dan menimbulkan bekas pada kulit. Biasanya minyak serai digunakan agar dapat menghindari gigitan nyamuk.

Itu dia beberapa manfaat dari serai. Minyak serai merupakan olahan yang bisa digunakan langsung dan memiliki fungsi yang beragam.

Leave a Reply

0
Scroll to Top