Target Tanaman Padi di Indonesia Bisa Panen Setahun 3 Kali

Padi menjadi salah satu komoditi yang besar di Indonesia. Tanaman ini dari Indonesia bahkan telah memasuki pasar Internasional. Tahun ini, hasil tanaman padi di Indonesia bahkan ditargetkan lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan target produksi tanaman padi yang telah berubah 3 kali dalam setahun ini. Alhasil, petani harus memutar otak untuk bisa menghasilkan produksi padi sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Usaha Meningkatkan Produksi Tanaman Padi

Berdasarkan dengan target yang telah ditetapkan terhadap produksi tanaman padi di Indonesia, makan pemerintah pun berupaya untuk meningktkan produksi tanaman padi Apa saja program yang dilakukan agar hasil padi yang dihasilkan melimpah dan memenuhi target?

1. Membangun infrastruktur pertanian

Langkah pertama yang diambil oleh pemerintah dalam memenuhi target padi adalah dengan meningkatkan infrastruktur pertanian. Jika pertanian terus dilakukan dengan cara tradisional, maka hasil padi pun akan sulit bertambah.

Dengan demikian, pemerintah berusaha membangun infrastruktur mulai dari mengadakan pompa air, sumur patek, atau pun mengadakan pompa air besar untuk mengambil air dari sungai. Hal ini terbukti membantu petani dalam meningkatkan produksi padi.

2. Membuka sawah baru

Seperti yang diketahui bersama, Lumbung padi terbesar di Indonesia berada di wilayah Karawang Jawa Barat. Karawang memang memiliki lahan persawahan yang luas sehingga bisa menghasilkan produksi padi melimpah.

Untuk memenuhi target tanaman padi, kini pemerintah melakukan program membuka sawah baru. Jika padi yang dihasilkan diminta untuk bertambah, maka sawah pun harus diperluas.

3. Menggunakan benih unggul dan pupuk

Untuk menghasilkan padi yang berkualitas, maka petani harus menggunakan benih yang unggul dan pupuk. Kini, petani diminta untuk menggunakan benih terbaik agar padi yang dihasilkan juga melimpah.

Penggunaan pupuk pun harus dilakukan untuk membuat tanaman padi tumbuh dengan lebih baik. Akhirnya, target yang diminta pun bisa dipenuhi dengan sebaik mungkin.

Demikianlah beberapa perubahan yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi tanaman padi di Indonesia. Perubahan target produksi tanaman padi di Indonesia yang berubah 3 kali dalam setahun diharapkan bisa menjadi pecutan yang baik untuk terus meningkatkan produksi tanaman padi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top