5 Karakteristik Kasuari Kerdil yang Perlu Anda Ketahui

Siapa yang tidak mengenal burung kasuari, yaitu jenis burung besar yang bisa memiliki umur hingga 40 bahkan 50 tahun. Burung berbulu lebat ini memiliki beberapa jenis, namun jenis yang cukup unik adalah jenis kasuari kerdil. Kasuari kerdil sendiri merupakan jenis burung kasuari yang memiliki tubuh lebih kecil dari kasuari biasa yang banyak ditemukan di Papua. Meskipun kerdil, nyatanya kasuari yang satu ini tetap memiliki tinggi sampai 1 meter sehingga termasuk burung raksasa. Untuk lebih jelasnya, yuk simak karakteristik kasuari kerdil berikut ini.

5 Karakteristik Kasuari Kerdil

Ada beberapa karakteristik kasuari kerdil yang cukup berbeda dengan kasuari pada umumnya, antara lain:

1.Ciri Tubuh

Kasuari ini bisa mencapai 150 cm saat dewasa dengan berat 17 hingga 35 kilogram. Sedangkan bulu burung kasuari kerdil berwarna hitam dengan tekstur yang kaku dan keras. Kepalanya bertanduk kecoklatan dengan kaki yang panjang dan kuat.

Kaki burung yang panjang dan kuat ini biasanya dimanfaatkan untuk menumbangkan musuh, bahkan manusia sekali pun. Kulit leher kasuari kerdil umumnya berwarna biru, merah, atau kuning dengan gelambir berwarna merah. Khusus untuk burung kasuari kerdil, gelambir di lehernya tidak menggantung seperti jenis lain, tapi menempel.

2. Keindahan Bulu

Kasuari pada umumnya memang memiliki bulu yang indah, termasuk kasuari kerdil. Bulu kasuari jenis ini berwarna hitam mengkilap, namun beberapa spesies juga berwarna hitam pekat.

3. Suara

Burung kasuari kerdil memiliki suara yang khas yang rendah dan dalam, serupa dengan dengkuran. Namun, burung ini akan mengeluarkan suara lebih keras lagi ketika sedang menyerang atau merasa terancam.

4. Pergerakan

Untuk pergerakan, burung kasuari kerdil tidak bisa terbang namun bisa berlari dengan kecepatan tinggi. Jenis burung yang satu ini bisa berlari dengan kecepatan mencapai 48 km/jam. Tak hanya itu, kasuari kerdil juga memiliki kemampuan menendang, melompat, hingga berenang.

5. Makanan

Burung kasuari kerdil menangkap makanan dengan mematuk makanan berupa buah-buahan, serangga, bahkan batuan kecil.

Demikianlah beberapa karakteristik kasuari kerdil yang bisa Anda pelajari. Burung kasuari sendiri dianggap sebagai salah satu burung paling berbahaya karena kekuatan tendangan kakinya yang membahayakan. Bagaimana Anda tertarik?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top