4 Keunikan Landak Mini yang Lucu dan Menggemaskan

Umumnya kita melihat landak sebagai hewan yang cukup riskan dipelihara karena durinya yang tajam bisa melukai Anda. Tapi, ada lho jenis landak yang bisa Anda pelihara tanpa rasa takut, yaitu landak mini. Landak mini merupakan jenis landak yang berasal dari Klan Erinaceinae yang biasanya ditemukan di Eropa, Asia, Afrika, dan Selandia Baru.

Bedanya dengan landak biasa, landak mini memiliki ukuran kecil menggemaskan dengan duri yang tidak begitu tajam. Setidaknya ada 16 jenis spesies landak mini di mana beberapa spesies tidak memiliki duri tapi memiliki bulu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak keunikan landak mini yang lucu dan menggemaskan ini!

Keunikan Landak Mini

Berbeda dengan landak pada umumnya, landak mini tentu memiliki keunikan tersendiri mulai dari bentuk hingga kebiasaannya. Berikut adalah beberapa keunikan landak mini yang lucu dan menggemaskan, antara lain:

1. Berukuran Mini

Seperti namanya, landak mini juga berukuran sangat mini yaitu sekitar 15-20 cm dengan berat hanya 200 hingga 600 gram. Betina landak mini biasanya berukuran lebih besar, karena bisa mencapai 700 gram bahkan ada yang 900 gram.

2. Duri Mini

Tak hanya tubuh landak yang berukuran mini, namun duri di tubuhnya juga berbentuk mini sehingga hanya mirip rambut atau bulu berongga keras. Duri-duri landak mini juga tidak memiliki racun karena hanya berfungsi ketika landak berguling melindungi diri. Tenang, meskipun keras duri-duri landak mini tidak akan terasa sakit ketika disentuh.

3. Kebiasaan Unik

Landak mini akan lebih aktif di malam hari karena termasuk dalam hewan nocturnal, sehingga pada siang hari landak mini akan bersembunyi di tempat gelap. Tak hanya aktif di malam hari, landak mini pun memiliki kebiasaan beradaptasi yang unik. Binatang lucu ini biasanya menjilati tempat-tempat baru untuk meninggalkan jejak dan beradaptasi.

4. Memiliki Warna Beragam

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa landak mini memiliki jenis yang beragam, yaitu 16 jenis. Dari berbagai jenis tersebut setiap landak memiliki warna yang berbeda-beda yang dibagi menjadi dua warna, yaitu warna soft dan bold. Warna soft pada landak misalnya ada landak berwarna putih, rubby, krem, coklat muda, dan lain sebagainya. Sedangkan pada warna bold, Anda bisa memilih warna hitam, abu, bercak hitam, coklat tua, dan lain sebagainya.

Demikianlah uraian mengenai keunikan landak mini yang lucu dan menggemaskan. Jika Anda ingin mengadopsi landak jenis ini, maka Anda bisa menyiapkan uang sekitar Rp 200.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung jenisnya. Anda tertarik?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top