Permintaan Bawang Putih Terus Meningkat | Target Swasembada Kementan 2021

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang selalu dibutuhkan oleh banyak setiap orang. Kegunaannya tidak hanya untuk menyedapkan masakan saja, namun juga bisa digunakan dalam berbagai ramuan untuk membuat obat-obatan tradisional.

Terbukti, permintaan bawang putih Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu, terutama dari Sulawesi Selatan. Permintaan yang meningkat membuat masyarakat setempat harus memperbanyak produksi bawang putih demi memenuhi permintaan pasar

Pengembangan Benih Bawang Putih Terus Ditingkatkan

Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap bawang putih, maka target pemanenan bawang putih akan terus ditingkatkan. Potensi besar ini memberikan dampak yang baik bagi semua pihak, termasuk meningkatknya taraf ekonomi masyarakat setempat. Lokasi penanaman lahan terus diperluas dan pengembangan benih pun terus ditingkatkan.
Untuk diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil bawang putih terbesar di dunia.

Kualitas bawang putih yang dihasilkan oleh tanah air ini sangat bermutu dan bisa bersaing dengan produk bawang putih dari negara-negara lainnya. Itulah mengapa, Kementrian Pertanian pun terus berusaha memberikan dukungan kepada petani bawang putih di Sulawesi Selatan untuk meningkatkan produksi bawang putih.

Kini, pemerintah daerah setempat telah merencanakan penanaman bawang putih untuk tingkat produktifitas yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan dengan cara menanam benih bawang putih di atas tanah seluas 100 hektare lebih. Penanaman bawang putih dilakukan tidak hanya pada satu lokasi saja, namun juga mengandalkan lokasi-lokasi lain untuk memperluas hasil produksi.

Permintaan komoditi bawang putih yang terus meningkat tidak hanya untuk memenuhi pasar Indonesia saja, namun juga memenuhi kebutuhan permintaan dari luar negeri. Proses ekspor bawang putih ke luar negeri terus dilakukan dan kerja sama dengan negara-negara lain yang membutuhkan bawang putih dari Indonesia pun terus ditingkatkan.

Sejumlah petani bawang putih merasa memiliki kehidupan ekonomi yang lebih meningkat dengan adanya permintaan komoditi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Lokasi penanaman bawang putih yang cocok dilakukan di daerah dataran tinggi sangat tepat dengan kondisi tanah di Sulawesi Selatan.

Penanaman bawang putih dilakukan mencapai ketinggian 1200 mdpl. Kementerian Pertanian terus memberikan apresiasinya kepada petani bawang putih untuk terus meningkatkan produksinya. Meningkatnya kualitas bawang putih di Indonesia akan membuat tingkat penjualan bawang putih menjadi semakin bersaing di kancah internasional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top